Liga Primer akhir pekan ini dimulai dengan kunjungan the Blues ke Merseyside untuk sebuah pertemuan yang selalu dinantikan…

Laga tim peringkat sembilan versus sepuluh, tapi Chelsea tandang ke Liverpool masih merupakan laga yang dinanti ketimbang tim papan tengah lainnya. Dua raksasa Liga Primer saat ini sama-sama memiliki 29 poin dan saling berhadapan empat kali di semua kompetisi musim lalu tanpa pemenang selama duel 90 menit.

Akan tetapi, pertandingan yang dimulai lebih awal mungkin akan mengurangi atmosfer persaingan hebat ini. Ini adalah kick-off Sabtu pertama pukul 12.30 musim ini bagi tim London (meski pun pertandingan kandang melawan Arsenal pada November adalah pukul 12 siang pada hari Minggu). Pasukan Jurgen Klopp secara mengejutkan kalah 1-0 di Nottingham Forest saat main di waktu ini pada Oktober lalu, setelah bermain 0-0 dengan Everton saat jam makan siang di Goodison Park sebulan sebelumnya.

Ini adalah aksi terakhir di liga bagi kedua klub untuk mengevaluasi skuad mereka sebelum jendela transfer ditutup pada pukul 23:00 waktu Inggris pada hari Selasa 31 Januari. Chelsea telah aktif sejauh ini dan bisa memberikan debut kepada pemain sayap baru yang sensasional, Mykhailo Mudryk.


The Blues kembali ke jalur kemenangan di kandang melawan Crystal Palace pekan lalu, sementara The Reds memulai 2023 dengan kalah di dua pertandingan Liga Primer, di Brentford dan Brighton. Mereka belum pernah memulai satu tahun kalender dengan tiga kekalahan liga berturut-turut sejak Januari 1953.

Klopp juga akan menyadari bahwa pertandingan ke-1.000 dalam karier kepelatihannya adalah melawan rival terberatnya. Enam kemenangan dari 19 pertandingan melawan Chelsea adalah tingkat keberhasilan terendah pelatih asal Jerman itu melawan tim mana pun yang dihadapi 10 kali atau lebih.

Kabar tim Chelsea

Pelatih kami Graham Potter tahu apa yang diperlukan untuk menang di Anfield – tim Brighton miliknya mencatatkan kemenangan 1-0 di sana pada Februari 2021. Sudah didukung oleh kemenangan kandang yang solid Chelsea atas Crystal Palace akhir pekan lalu, ia bisa menyambut kembalinya banyak pemain dari cedera selain debutan baru.

Armando Broja, Wesley Fofana, N'Golo Kante, Edouard Mendy, Christian Pulisic, Denis Zakaria dan Raheem Sterling (melawan mantan klubnya) dipastikan absen, sementara Joao Felix menjalani skorsing laga kedua dari tiga pertandingan.

Tapi bek sayap Ben Chilwell dan Reece James kembali berlatih penuh pada hari Selasa, tepat bersamaan dengan kedatangan rekrutan musim dingin Mykhailo Mudryk.


Pemain Ukraina yang terobsesi dengan kebugaran ini adalah sprinter tercepat yang tercatat di Liga Champions musim ini (dengan kecepatan 36,6 km per jam) dan dalam latihan sudah terlihat seperti pemain sayap yang luar biasa dalam tradisi besar Chelsea dalam diri Blunstone, Cooke, Nevin, Robben, dan Hazard.

Pelatih barunya mendapat hadiah dengan dukungan masuknya pemain baru. Sementara ada opini ia akan piawai menyerang ruang Liverpool, 59 hari telah berlalu sejak aksi terbaru Mudryk, di mana ia mengatur gol pembuka Shakhtar Donetsk dan mencetak gol kemenangan dari titik penalti.

Clean sheet hari Minggu – hanya yang kedua untuk The Blues dalam 13 pertandingan – mungkin membenarkan penampilan sangat efisien di bek tengah oleh debutan Benoit Badiashile. Pemain Prancis itu fokus, dominan di udara dan menunjukkan jangkauan distribusi yang sangat baik dengan akurasi 96 persen. Pertahanan Chelsea sudah menjadi yang terbaik keempat di Liga Primer.


Sistem hybrid 4-2-3-1 dengan Lewis Hall menyerang jauh lebih banyak daripada sesama bek sayap Trevoh Chalobah membantu mempercepat kemajuan The Blues dari depan ke belakang, juga memanfaatkan yang terbaik dari Hakim Ziyech, yang mencatatkan assist pertamanya musim ini. Conor Gallagher yang tampil impresif dapat mempertahankan perannya di lini tengah, area di mana tim-tim telah merepotkan The Reds dalam beberapa pertandingan terakhir.

Gol kedua Kai Havertz sejak Piala Dunia berarti ia sekarang adalah pencetak gol terbanyak kami. Ia juga mencetak gol di pertandingan ini musim lalu dan berharap untuk meniru Joe Cole, yang mencetak gol dalam dua kunjungan liga berturut-turut ke Anfield pada 2005.

Total gol dan assist musim 2022/23

Raheem Sterling

6 gol

3 assists

9 total

Kai Havertz

6

1

7

Mason Mount

3

4

7

Pierre-Emerick Aubameyang

3

1

4

Reece James

2

2

4

Jorginho

3

0

3

Christian Pulisic

1

2

3

Kalidou Koulibaly

2

0

2

Ben Chilwell

1

1

2

Conor Gallagher

1

1

2

Mateo Kovacic

1

1

2

Marc Cucurella

0

0

2

Thiago Silva

0

2

2

Armando Broja

1

0

1

Wesley Fofana

1

0

1

Denis Zakaria

1

0

1

Ruben Loftus-Cheek

0

1

1

Hakim Ziyech

0

1

1

Intip lawan: Liverpool

Tanpa clean sheet dalam delapan pertandingan kasta tertinggi berturut-turut, kebobolan tiga dalam dua pertandingan terakhir, Liverpool meraih kemenangan 1-0 yang mereka butuhkan di Wolves pada hari Selasa. Dua penampilan liga sebelumnya membuat Jurgen Klopp meminta maaf kepada para penggemar atas kinerja timnya yang buruk.

Dalam pencarian solusi, hanya tiga pemain yang menjadi starter di dua pertandingan terakhir Liverpool: penyerang tengah Cody Gakpo, gelandang Thiago Alcantara, dan bek tengah Ibrahima Konate.


Beberapa pemain kunci tetap tidak tersedia, termasuk Luis Diaz, Roberto Firmino, Diogo Jota dan Virgil van Dijk, meskipun James Milner kembali pertengahan pekan dan Klopp berharap striker Uruguay, Darwin Nunez akan kembali.

Sejak penjualan Sadio Mane dan peran yang dimainkan sang penyerang dalam sistem menekan bersama mereka, Mohamed Salah kini memainkan peran yang lebih dalam.

Di Anfield, The Reds telah mencetak gol pembuka dalam empat dari sembilan pertandingan liga mereka. Empat tim memiliki waktu rata-rata lebih awal untuk kebobolan gol pertama dari 23 menit Merseysiders. Chelsea membuka skor dalam dua pertandingan Liga Primer terakhir kami di Anfield.

Dua tim dengan target melebihi gelar

Ini akan menjadi pertemuan kedua antara kedua tim musim ini, namun pertandingan di Bridge, yang semula dijadwalkan pada 18 September, ditunda karena pemakaman Ratu Elizabeth II. Opsi untuk menyesuaikan pertemuan London pada 10/11 Januari dibatalkan oleh pertandingan ulang Piala FA Liverpool di Molineux pada hari Selasa.

Kesempatan terakhir kedua belah pihak bertemu untuk pertama kalinya dalam satu musim dan keduanya sudah secara efektif tersingkir dari perburuan gelar datang pada tahun 2015 di Bridge, malam Hallowe'en yang mengungkap kemenangan pertama Liga Primer Jurgen Klopp dengan klub barunya.

Pertandingan abadi dari empat besar, The Blues dan The Reds masih memiliki trofi untuk diperebutkan, terutama karena Liga Champions – di mana keduanya mampu final baru-baru ini – akan kembali kami jalani pada Hari Valentine bulan depan.


Meski pun akan membutuhkan hasil yang sangat baik dan berkelanjutan untuk mendapatkan tempat di antara elite Eropa musim depan, kedua tim adalah salah satu pesaing utama era Liga Primer. Chelsea adalah tim terbaik ketiga sepanjang masa kompetisi dan Liverpook keempat. The Londoners telah mencatat 626 kemenangan dibandingkan dengan 617 kemenangan Merseysiders, rata-rata 1,85 poin per game dibandingkan 1,83 untuk The Reds.

Posisi finis di era Liga Primer

Chelsea

Liverpool

Juara

5

1

Runner-up

4

5

Empat besar

19

19

Azpi dan 500

Berkat penampilannya di menit akhir sebagai pengganti lawan Crystal Palace, Azpilicueta kini menatap penampilannya yang ke-500 untuk The Blues akhir pekan ini. Kelima pemain sebelumnya yang mencapai tonggak sejarah itu berasal dari Inggris dan empat dari mereka merupakan lulusan akademi klub - hampir semuanya memulai karier di usia muda.

Jumlah pertandingan yang telah diakumulasikan oleh pemain internasional Spanyol itu sejak 2012 merupakan bukti bahwa The Blues secara konsisten melaju jauh di kompetisi piala serta keandalan bek serba bisa di bawah suksesi pelatih top.


Azpi, yang gol pembukanya dengan warna biru royal saat mengalahkan Wolves 6-0, adalah produk akademi Osasuna di provinsi Navarro utara Spanyol dan berusia 23 tahun saat ia pindah dari Marseille di Prancis selatan. Sekarang ia di jalur untuk mencapai angka penting dalam waktu tersingkat ketiga – 3.771 hari – jika terlibat di Anfield.

Tercepat mencapai 500 laga

Frank Lampard (19 Agu 2001-6 Apr 2011) - 3.518 hari
John Hollins (25 Sep 1963-19 Jan 1974) - 3.770
Peter Bonetti (2 Apr 1960-16 Jan 1971) - 3.942
Ron Harris (24 Feb 1962-10 Feb 1973) - 4.005
John Terry (28 Okt 1998-30 Apr 2011) - 4.568

Rezim juara dunia segera berakhir

Terus katakan selagi kita masih bisa: Kekuasaan Chelsea sebagai juara dunia akan berakhir pada 11 Februari ketika final Piala Dunia Antarklub berikutnya akan diperebutkan di Rabat, Maroko.

Sebagai pengganti Chelsea ada Real Madrid (Spanyol), Flamengo (Brasil), Seattle Sounders (AS), Al Ahly (Mesir), Kota Auckland (Selandia Baru), Al Hilal (Arab Saudi), dan perwakilan tuan rumah Wydad Casablanca.


Di kompetisi tahun lalu, gol Romelu Lukaku mengalahkan tim Saudi Al Hilal di semifinal, sebelum penalti Kai Havertz melawan Palmeiras di final membuat skor menjadi 2-1 untuk The Blues, yang berarti kami akhirnya 'memenangkan segalanya'.

  • Oleh sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton