Carabao Cup membawa Chelsea ke Manchester untuk pertama kalinya musim ini. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menyelami pertandingan sistem gugur pada November ini…

Piala Liga edisi ke-63, rute tercepat kompetisi Inggris meraih trofi dengan bonus tempat di Eropa, dimulai untuk Chelsea dalam pertandingan putaran ketiga yang tertunda di Manchester City. Kedua klub berharap bisa mencapai final untuk ke-10 kalinya.

Klub London belum mengeklaim kemenangan di domestik selama empat pertandingan, dan kesuksesan melawan tim Pep Guardiola akan meningkatkan kepercayaan diri menjelang kunjungan akhir pekan ke Newcastle, pertandingan liga terakhir The Blues hingga Boxing Day.


Chelsea, pengklaim trofi tengah pekan pertama dan terakhir di London (1964/65 dan 2014/15), adalah runner-up dari Liverpool musim lalu, kalah setelah adu penalti. Final Carabao Cup 2018/19 yang dimainkan antara petarung malam ini memiliki hasil yang sama, dikunci oleh Raheem Sterling dari Man City, yang sekarang mengenakan warna biru yang termasyhur.

Kabar tim Chelsea

Setelah hasil liga mengecewakan lainnya, Graham Potter telah mengulangi banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum tim berlaku seperti yang dia inginkan, dan skuadnya yang terkuras menghadapi ujian berat lainnya di Etihad.

Sabtu di Newcastle adalah saat Chelsea akan beraksi untuk terakhir kalinya sebelum Piala Dunia, jadi pelatih kepala – yang dinilai sebagai salah satu manajer Inggris terbaik dengan lawannya Pep Guardiola – dapat memberikan pengalaman yang seimbang dengan kebutuhan untuk mengelola beban kerja dan aspirasi.

Jika tampil, Raheem Sterling akan menghadapi Man City sebagai lawan untuk pertama kalinya sejak Maret 2015, ketika dia memberi assist untuk kedua gol Liverpool dalam kemenangan 2-1. Dia telah mencetak satu gol dalam lima pertemuan sebelumnya dengan The Citizens.


Edou Mendy, membidik clean sheet ke-50, tampaknya akan terus menjaga gawang karena Kepa Arrizabalaga absen, sementara Kalidou Koulibaly harus turun setelah absen akhir pekan. Dengan Jorginho juga sekarang diragukan, Mateo Kovacic tampaknya akan menjadi pemain luar ke-29 yang mencapai 200 penampilan untuk klub.

Meskipun Carney Chukwuemeka juga masuk dalam daftar cedera ekstensif The Blues, sesama remaja Lewis Hall (gelandang serbaguna/bek sayap di bangku cadangan melawan Arsenal) dan gelandang serang dinamis Omari Hutchinson, tampil impresif saat berlatih bersama tim utama putra, ada di skuad malam ini.

Armando Broja, Conor Gallagher, Christian Pulisic, Denis Zakaria dan Hakim Ziyech termasuk di antara mereka yang berkesempatan mendapat menit bermain lebih pada malam ini.

Rekor terbaru Chelsea di Piala Liga

2021/22 Runner-up
2020/21 Babak 4
2019/20 Babak 4
2018/19 Runner-up
2017/18 Semi-finalis
2016/17 Babak 4

Bantuan soal Haaland

Sepertinya Manchester City akan menunjukkan kekuatan penuh di Etihad malam ini, tetapi kick-off Sabtu dini hari mereka pasti akan menjadi faktor dalam rencana Pep Guardiola. Pelatih City mengkonfirmasi penandatanganan musim panas dari Leeds, Kalvin Phillips akan kembali ke skuad untuk pertama kalinya sejak September.

Tentu sebagian besar fokus akan tertuju pada keterlibatan Erling Haaland. Pelatih The Blues dapat melihat ke Liverpool dan lawan babak 16 besar Liga Champions Borussia Dortmund untuk mendapatkan tips tentang cara menggagalkan pemain Norwegia itu. Namun, karena hanya dua klub yang kebobolan lebih banyak tembakan dari striker ketimbang The Reds dalam kemenangan liga 1-0 mereka, taktik mereka untuk membatasi jalur suplai ke Haaland dengan gelandang tengah yang lebih dalam tidak dapat dianggap sepenuhnya efektif.


Taktik Dortmund, termasuk memasang tiga gelandang bertahan dan mantan pemain sayap Chelsea Thorgan Hazard di sisi kiri dari empat bek, membatasi penyerang City itu hanya melakukan 13 sentuhan bola sebelum pergantian pemain saat jeda. Mungkin juga membantu bahwa juru assist Kevin De Bruyne tidak berperan malam itu.

Mirip dengan Chelsea, kedua bek sayap pilihan pertama The Citizens tidak tersedia. Kyle Walker dalam pemulihan dari cedera dan Joao Cancelo diskors karena mengikuti kartu merahnya melawan Fulham.

Carabao Cup 2022/23

Kompetisi musim ini dipengaruhi oleh penyelenggaraan Piala Dunia, mulai dari masuknya banyak klub Liga Inggris yang ditunda dari September hingga sekarang. Putaran keempat datang segera setelah final Piala Dunia, tepat sebelum Natal. Perempat-final telah diundur ke Januari dan semi-final dua leg telah kembali, tetapi final berada di tempat yang biasa dalam kalender sepak bola.

Sistem VAR tidak dioperasikan di pertandingan Carabao Cup hingga babak semifinal. Masing-masing pihak dapat melakukan lima pergantian pemain dan jika skor imbang setelah 90 menit ditambah penghentian, pertandingan akan diputuskan melalui tendangan penalti. The Blues kalah di kedua final piala domestik musim lalu setelah adu penalti. Kartu kuning hanya dihitung dalam kompetisi yang mereka terima, dua kartu berarti skorsing satu pertandingan hingga perempat final.

Jadwal putaran Carabao Cup

Selasa 8/Rabu 9 November - babak ketiga
Selasa 20/Rabu 21 December - babak keempat
Selasa 10/Rabu 11 Januari - perempat-final
Rabu 25 Januari - leg pertama semi-final
Selasa 1 Februari - leg kedua semi-final
Minggu 26 Februari - final

NB. Semua pertandingan kecuali final dapat disaksikan di siaran langsung TV.