Penampilan Thiago Silva berikutnya untuk Chelsea akan menjadi yang ke-100 dengan seragam biru, jadi untuk menandai pencapaian mendatang bagi pemain Brasil kami yang brilian, kami melihat kembali beberapa momen terbaiknya sejauh ini.

Sang bek bisa mencapai seratus pertandingan bersama klub dalam pertandingan kami berikutnya lawan Bournemouth di Stamford Bridge pada hari Selasa 27 Desember dan ia sudah pasti punya banyak kenangan dalam 99 pertandingan terakhir, mulai dari mengangkat trofi dan gol spesial hingga performa bertahan yang ikonik serta rekor yang tak terhitung jumlahnya.

Di sini, kami memilih enam momen terbaik Thiago Silva sebelum menandai pencapain istimewanya itu...

Gol pertama untuk Chelsea

Gol pertama Thiago dalam warna Chelsea datang dalam kemenangan kandang 4-1 atas Sheffield United pada November 2020 musim lalu. Sang bek melompat paling tinggi setelah tendangan bebasĀ Hakim Ziyech akurat diarahkan Thiago dengan sundulannya untuk membuat skor menjadi 3-1 bagi the Blues.

Pemain Brasil itu kemudian melakukan selebrasi dengan Ben Chilwell, yang juga menjadi pencetak gol pada hari itu, dan Ziyech - yang juga tampil brilian melawan Blades.

Sapuan di garis gawang

Kami tidak dapat menyoroti momen terbaik Thiago dalam seragam Chelsea tanpa menyebutkan beberapa sapuan penyelamatan golnya yang luar biasa. Mungkin yang paling berkesan dari mereka datang dalam pertandingan Liga Champions kami dengan Juventus di Bridge.

Dengan mantan striker the Blues Alvaro Morata mengancam gawang, pemain Spanyol itu mengarahkan bola melewati Edouard Mendy, namun Thiago berlari ke belakang dan menyapu bola tepat sebelum melewati garis gawang, menjaga skor tetap 1-0 untuk Chelsea. Jika gol, maka Juve akan menyamakan kedudukan, yang bisa saja mengubah alur pertandingan apabila tanpa kegemilangan Thiago.

Teladannya dalam membaca permainan juga diperlihatkan di West Ham ketika ia menyapu bola juga di garis gawang dan lawan Southampton ketika ia melakukan gerakan naluriah untuk menghalau sundulan Mohammed Salisu.

Baru-baru ini, dalam kunjungan ke Brighton, bek tengah veteran itu tepat pada waktunya untuk menyundul upaya Leandro Trossard sebelum menghasilkan sapuan brilian beberapa saat kemudian.

Kejayaan di Eropa dan dunia

Thiago memenangkan medali Liga Champions pertamanya dalam musim pertamanya bersama The Blues. Meski mencapai final tahun sebelumnya bersama Thomas Tuchel di Paris Saint-Germain, sang bek belum pernah memenangkannya sebelum malam ajaib kami di Porto.

Pemain berusia 37 tahun itu memulai pertandingan melawan Manchester City tetapi diganti pada menit ke-39 setelah mengalami cedera. Setelah kekecewaan yang tak terhindarkan, Thiago kemudian berubah menjadi orang ke-12 di bangku cadangan saat ia memberikan semua pengalaman dan bimbingannya untuk membantu lini belakang menjaga clean sheet dengan meneriakkan instruksi dari jauh.

Kemenangan itu membuat kami berpartisipasi dalam Piala Dunia Klub pada Februari 2022, mengalahkan tim dari negaranya, Palmeiras 2-1 di final berkat gol dari Romelu Lukaku dan Kai Havertz. Penampilan solid Thiago Silva di lini belakang membuatnya mendapatkan penghargaan Golden Ball, penghargaan FIFA untuk pemain terbaik di turnamen tersebut.

Gol dan performa lawan Spurs

Performa luar biasa Thiago di Tottenham dalam kemenangan 3-0 pada September 2021 diakhiri dengan sundulan brilian untuk membuat kami unggul hanya beberapa menit setelah dimulainya babak kedua.

Itu memperkuat status kultusnya di antara pendukung setia The Blues saat ia bergegas menuju tribune suporter kami yang bertandang untuk merayakan kemenangan yang bernilai di kandang rival besar kita.

Sejarah Piala FA

Setelah masuk dalam starting 11 untuk final Piala FA 2022 melawan Liverpool, Thiago Silva mencatatkan sejarahnya sendiri di kompetisi lawas yang terkenal itu, begitu pula dalam musim ke-150 Piala FA.

Pemain Brasil itu menjadi pemain non-kiper tertua dengan usia 37 tahun dan 234 hari untuk menjadi starter di final Piala FA sejak Stanley Matthews di final tahun 1953 untuk Blackpool, dalam usia 38 tahun. Namun sayangnya tidak berakhir dengan kemenangan karena the Blues kalah adu penalti.

Klub 100 UCL

Thiago Silva menghabiskan tiga tahun di San Siro sebagai pemain AC Milan, jadi sudah sepantasnya ia membukukan penampilan ke-100 di Liga Champions pada bulan Oktober, bergabung dengan grup terpilih yang terdiri dari 47 orang.

Pemain lain yang masuk dalam daftar itu adalah Frank Lampard (105), Ashley Cole (108), John Terry (109) dan Petr Cech (111). Thiago tentu akan berharap untuk menambah catatannya ketika kompetisi kembali bergulir dengan fase gugur selepas tahun baru.