Dua tim harus berbagi satu poin antara Chelsea dan Leeds dalam pertandingan liga pertama kami di Elland Road sejak 2003, meskipun seharusnya kedua belah pihak bisa saja mengamankan tiga poin dari laga ini karena banyak peluang bagus yang terlewat dan penyelamatan bagus dilakukan.

Tempo tinggi di awal pertandingan memberi jalan ke laga yang lebih ketat, tetapi Thomas Tuchel akan merasa timnya bisa lebih menentukan dan lebih klinis di sepertiga akhir. Kai Havertz memiliki beberapa peluang yang menjanjikan, dan kami hampir dianugerahi gol pembuka di awal saat operan Leeds membentur mistar.

Tuan rumah bukannya tanpa peluang mereka sendiri, dan kami berhutang budi pada satu penyelamatan luar biasa Edouard Mendy di setiap babaknya. Yang pertama, Mendy menepis tembakan dari Tyler Roberts, yang kedua saat meredam peluang Raphinha dari jarak dekat.

Kami bekerja keras untuk menjadi pemenang laga ini, tetapi itu tidak terjadi. Namun kepuasan dapat diambil dengan fakta bahwa untuk pertama kalinya sejak Desember 2016, kami sukses mencatatkan empat clean sheet berturut-turut, dan sekarang sudah 12 kali tak terkalahkan sejak kedatangan Tuchel. Jika kami dapat memperpanjang laju itu pada Rabu malam melawan Atletico Madrid, satu tempat di perempat final Liga Champions akan menjadi milik kami.

Pemilihan Pemain

Tuchel terus membuat perubahan besar-besaran, total enam pemain untuk pertandingan kali ini. Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Jorginho dan Havertz adalah satu-satunya pemain outfield (selain kiper) yang mempertahankan tempat mereka di starter dari kemenangan atas Everton.

Formasi baru 4-3-3 memiliki kemiripan dengan yang digunakan pada awal musim. Havertz kembali ditempatkan dalam peran nomor sembilan setelah bersinar di sana melawan The Toffees, sementara Christian Pulisic menjadi starter pertandingan liga pertamanya sejak kedatangan Tuchel. Dia siap juga untuk membantu pertahanan saat dibutuhkan, tetapi memang ia lebih banyak memposisikan di depan dan lebih melebar.

Kunjungan perdana kami ke Yorkshire ini dalam hampir dua dekade di ajang Premier League ini dimulai dalam kondisi cerah namun dingin berangin, Chelsea tampil dengan kostum khas biru-biru melawan tim serba putih Leeds.

Pembukaan penuh aksi

Peluang pertama adalah milik Chelsea, berkat akselerasi Pulisic. Dia melewati Ezgjan Alioski dan berada di tengah, dengan kapten Leeds Luke Ayling melakukan halauan untuk mencegah Havertz melakukan tap-in ke gawang.

Dalam sekejap, tuan rumah membalas dan memasukkan bola ke gawang kami melalui Tyler Roberts, tetapi Christensen dengan cerdik menjebak Patrick Bamford ke perangkap offside saat melakukan build-up serangan.

Dengan begitu banyak pemain kreatif di tim kami, umpan yang tajam adalah hal yang dibiasakan sejak awal. Berkat hal ini, lawan kami sempat mengalami kepanikan di kotak penalti mereka saat Ayling melakukan sapuan namun membentur rekan setimnya Diego Llorente. Bola berbalik arah ke gawang melewati kiper Illan Meslier, namun hanya membentur tiang dan bola liar tersebut kembali ke genggaman kiper Leeds.

Penyelamatan super

Giliran tim Marcelo Bielsa untuk digagalkan oleh tiang gawang kami. Berdiri di tepi kotak, sepakan Roberts menukik ke arah gawang dengan bantuan angin. Saat coba meregangkan tangannya, Mendy mendapat sedikit sentuhan untuk mendorong bola tersebut ke mistar, dan untungnya rebound dari bola itu itu mendarat dengan aman.

Tempo dan kecepatan sedikit lambat dan menurun meskipun tekanan kedua belah pihak tetap ada. N'Golo Kante dan Ben Chilwell sempat mencoba upaya dari jarak jauh yang membentur lawan dan melebar saat hujan mulai turun di lapangan West Yorkshire.

Bamford, yang merupakan pemain Chelsea antara 2012 dan 2017, harus ditarik pada menit 35 karena cedera. Rodrigo masuk menggantikannya kali ini.

Upaya Kai digagalkan lagi

Sebelum jeda, Mount mencoba peruntungannya dari jarak 20 yard, dengan Meslier sukses mengamankannya pada upaya kedua, dan Havertz menembak langsung ke arah kiper Prancis itu setelah memanfaatkan umpan Hakim Ziyech.

Di awal babak kedua, Havertz lagi-lagi beraksi dan membahayakan lawan, ia menciptakan ruang untuk dirinya sendiri dengan cerdas sebelum melepaskan tembakan ke Meslier, yang sukses menepisnya. Salah satu peluang emas kami yang terbuang begitu saja.

Pemain Jerman itu kemudian tidak bisa melakukan sundulan untuk terhubung dengan umpan silang khas Ziyech, dan kemudian dalam serangan yang sama, Kante melepaskan diri dan memilih untuk mengoper daripada menembak, tetapi tetap tidak berhasil.

Mendy tidak banyak melakukan apa-apa sejak melakukan penyelamatan di pertengahan babak pertama akhirnya beraksi lagi pada menit ke-55. Raphinha mengambil bola kedua dari jarak 10 yard dan melepaskan tembakannya; Mendy secara impresif mengubah momentumnya dan menggunakan kaki kiri yang kuat untuk menghadang peluang mantan rekan setimnya di Rennes tersebut.

Finishing dan sentuhan klinis kami tetap menjadi masalah. Tepat satu jam laga berlangsung, Chilwell yang tidak seimbang melakukan sepakan melebar saat dia masuk ke dalam kotak penalti lawan.

The Blues yang tumpul

Di pertengahan babak kedua, Tuchel memasukkan Reece James dan Timo Werner untuk menggantikan Pulisic dan Ziyech. Formasi dikembalikan ke skema tiga bek dengan James di bek sayap kanan. Pulisic adalah pemain kami dengan posisi terdepan selama berada di lapangan.

James membuat kontribusi penting di kotak enam yard kami dengan menghadang tembakan Llorente yang akhirnya melambung di atas mistar gawang. Dari sepak pojok, Rodrigo yang tidak terjaga sempat mengarahkan sundulannya ke Mendy namun berhasil diamankan.

Dengan lima menit tersisa, pemain pengganti Callum Hudson-Odoi melakukan gerakan memotong ke dalam kotak penalti Leeds dan namun sepakannya terlalu dekat dengan Meslier. Itu adalah peluang yang menjanjikan tetapi pada akhirnya laga ini ditentukan dengan dua tim dengan pertahanan yang alot kali ini.

Apa berikutnya?

Perhatian sekarang beralih ke kompetisi piala, dimulai dengan Liga Champions pada hari Rabu. Atletico Madrid akan menjadi tim tamu di Stamford Bridge untuk pertandingan leg kedua babak 16 besar kami. Kemudian pada hari Minggu kami akan menghadapi Sheffield United di babak 8 besar Piala FA yang juga berlangsung di kandnag kami.

Chelsea (4-2-3-1): Mendy; Azpilicueta (c), Christensen, Rudiger, Chilwell; Kante, Jorginho; Pulisic (Werner 68), Ziyech (James 68), Mount (Hudson-Odoi 79); Havertz.Pengganti yang tidak digunakan: Kepa, Zouma, Emerson, Alonso, Kovacic, Giroud.

Leeds (4-1-4-1): Meslier; Ayling (c), Struijk, Llorente, Alioski; Phillips; Raphina, Roberts, Dallas, Harrison (Helder Costa 64); Bamford (Rodrigo 35 (Klick 79)).Pengganti yang tidak digunakan: Casilla, Koch, Poveda, Shackleton, Berardi, Jenkins.Hukuman kartu: Roberts 23, Alioski 71, Rodrigo 74

Wasit: Kevin Friend