Rekor apik Chelsea di St Mary berlanjut dengan tiga gol di babak pertama dan satu gol di menit akhir memastikan kemenangan penting di kandang lawan. Kemenangan ini sekaligus mengatrol posisi the Blues ke peringkat lima klasemen Premier League menjelang jeda internasional.

Seperti laga di Lille, Tammy Abraham kembali membuka keunggulan, kali ini dengan sebuah lob super dari umpan maut Callum Hudson-Odoi. Ini adalah gol kedelapannya di liga musim ini.

Mason Mount menggandakan keunggulan di pertengahan babak pertama dengan menyelesaikan kerja sama apik Willian dan Jorginho. N’Golo Kante kemudian mencetak gol ketiga menjelang turun minum lewat tembakan dari jarak 20 yard yang terdefleksi. Di antara dua gol itu, Danny Ings sempat mencetak satu gol untuk memperkecil ketertinggalan dengan memanfaatkan sebuah umpan silang, bukan dalam situasi bola mati.

Nyaman dengan keunggulannya, the Blues tidak terlihat memaksakan gol lagi di babak kedua. Peluang dari Hudson-Odoi di awal babak kedua dari umpan Willian berhasil digagalkan oleh Angus Gunn dengan menjulurkan kakinya.

Empat menit kemudian, si kiper tak mampu berbuat apa-apa. Christian Pulisic, yang tampil sebagai pengganti, melepas umpan terobosan brilian ke Michy Batshauyi, yang juga dipanggil dari bangku cadangan, yang tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Dengan hasil ini kami berhasil memetik empat kemenangan di semua kompetisi, dan kemenangan tandang ketiga beruntun di liga. Kami punya kesempatan untuk melanjutkan laju apik ini ketika menjamu Newcastle di Stamford Bridge dua pekan lagi.

Lampard membuat satu perubahan dari starter yang bermain di Prancis Kamis lalu, dengan menurunkan Callum Hudson-Odoi sebagai starter untuk pertama kalinya di liga musim ini. Reece James yang digantikan, dan formasi berubah menjadi empat bek dan tiga gelandang tengah.

Kami sempat beberapa kali kehilangan bola di 45 detik pertama sehingga memberi Nathan Redmond kesempatan menembak dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melambung.

Kami sukses menghalau dua sepak pojok Southampton dengan meyakinkan, hingga kemudian menciptakan peluang di menit ke-10. Bola hasil umpan Hudson-Odoi ditembak Abraham dari jarak 20 yard, namun dengan mudah ditangkap oleh Angus Gunn.

Jorginho kemudian dikartu usai Cesar Azpilicueta secara mengejutkan tidak dihadiahi tendangan bebas usai dilanggar. Wakil kapten kami ini kini hanya berjarak satu kartu kuning lagi dari skorsing satu pertandingan.

Permainan kami di seperempat jam pertama bisa dibilang permainan terburuk kami musim ini, namun berkat kemampuan individu pemain, kami unggul di menit ke-17.

Hudson-Odoi melihat Abraham yang berlari dan, dengan bantuan angin, mengirim umpan ke celah antara lini belakang dan kiper lawan. Striker kami masih harus mengolah bola sebelum kemudian melepas tendangan lob tinggi yang jatuh tepat di depan mistar gawang. Meski bola bisa dibuang secara akrobatik oleh Maya Yoshida, teknologi garis gawang menyatakan bola telah melintasi garis gawang sejauh beberapa sentimeter sebelum dihalau.

Skor berubah menjadi 2-0 di menit ke-24. Sundulan menyamping Jan Bednarek lemah, kemudian diflick ke atas Oriol Romeu oleh Willian, ke Jorginho, yang mengembalikan bola kembali ke arahnya. Willian meneruskannya dengan sebuah umpan terukur dan dalam waktu yang tepat. Mount tidak tergesa-gesa sebelum kemudian menyelesaikannya dengan menembak ke gawang Gunn dari jarak enam yard. Sebuah momen manis bagi pemuda yang tumbuh besar dengan mendukung Portsmouth.

Mount nyaris menggandakan catatan golnya ketika tembakannya dari jarak 20 yard melambung dan menyambut umpan terobosan Abraham sambil meluncur. Sayang sekali, masih melebar.

Kami akhirnya harus membayar kegagalan memanfaatkan kesempatan ketika laga berjalan setengah jam ketika Ings sukses memanfaatkan umpan silang Yan Valery, yang sempat mengenai Zouma, yang berarti melanjutkan rekor apiknya ketika melawan tim-tim papan atas.

Tak lama kemudian, Redmond melepas tembakan yang hanya mengenai sisi samping gawang. Akhirnya, kami kembali unggul dua gol lima menit sebelum jeda.

Bukan kali pertama Alonso, yang tampil untuk ke-100 kalinya di liga bersama Chelsea, menciptakan peluang berbahaya. Mendapat ruang di sayap kiri, dia mengoper Willian dengan sebuah umpan tarik yang sempat di step over oleh Hudson-Odoi. Setelah menerima bola, Kante meneruskannya dengan sebuah tembakan yang mengenai Pierre-Emile Hojbjerg dan membuat Gunn terkecoh.

Di masa perpanjangan waktu babak pertama, Tomori salah mengoper ke Ings di posisi yang sangat berbahaya, namun Jorginho mencium bahaya tersebut dan berlari ke belakang Kepa untuk menghalau bola yang mengarah ke gawang. Gawang di hadapan para pendukung the Blues pun aman.

Mereka nyaris melakukan selebrasi tiga menit setelah turun minum. Willian melakukan aksi yang luar biasa di lini tengah dengan melewati beberapa pemain lawan sebelum kemudian mengumpan Hudson-Odoi di kiri. Tinggal berhadapan satu lawan satu, sepakannya masih bisa dijangkau Gunn dengan kakinya dan bola pun melebar.

James Ward-Prowse melepas sebuah tendangan bebas yang masih melambung. Kemudian Abraham memaksa Gunn melakukan penyelamatan rendah setelah didahului dengan lari Hudson-Odoi. Alur dua serangan tadi, juga permainan cantik Willian dan Mount, sangat asyik di mata.

The Blues terus memburu gol keempat sambil terus menguasai lapangan dan teritori, namun, berkebalikan dengan babak pertama, mereka gagal mengalirkan umpan final dan kurang berlari.

Ketika laga tersisa 10 menit lagi, Mateo Kovacic dan Pulisic dimasukkan untuk menggantikan Mount dan Hudson-Odoi.

Batshuayi juga diturunkan menggantikan Abraham, sebagai pergantian terakhir, dan pemain asal Belgia itulah yang membuat gol penghabisan ketika pertandingan hampir usai. Pulisic, dengan visinya, melihat kesempatan untuk melepas umpan dan mengeksekusinya dengan baik, menyasar Batshuayi, yang sukses mengolongi Gunn dan berujung dengan gol pertamanya seusai kembali ke Stamford Bridge.

Gol itu menyempurnakan hari yang fantastis ini, dengan kemenangan ke-10 dari 13 penampilan di stadion ini, serta kemenangan tandang terbesar kami di markas the Saints sejak 1968!

Chelsea (4-3-3) Kepa; Azpilicueta (k), Tomori, Zouma, Alonso; Kante, Jorginho, Mount (Kovacic 80); Willian, Abraham (Batshuayi 84), Hudson-Odoi (Pulisic 80).Cadangan Caballero, Christensen, James, Barkley.Gol Abraham 17, Mount 24, Kante 40, Batshuayi 89Kartu Jorginho 12

Southampton (4-3-3) Gunn; Valery, Bednarek, Yoshida, Bertrand; Ward-Prowse, Romeu, Hojbjerg (k); Redmond (Boufal 81), Ings (Adams 81), Long (Obafemi 73).Cadangan McCarthy, Stephens, Danso, Armstrong.Gol Ings 30

Wasit Paul TierneyPenonton 31.473