Gol penyeimbang telat mencegah Graham Potter menandai debutny di Stamford Bridge dengan kemenangan meski sempat unggul lewat aksi Raheem Sterling.

Butuh waktu bagi The Blues untuk menemukan celah di pertahanan Salzburg dalam pertandingan fase grup Liga Champions ini, meski pun konsisten menekan lawan kami sepanjang babak pertama, hingga Raheem Sterling tak melewatkan peluang untuk mencetak gol pembuka sekaligus yang pertama di Eropa bersama klub barunya.

Kepa, yang kembali jadi starter, melakukan satu penyelamatan cerdas di akhir babak pertama dan selain itu tak begitu banyak mendapatkan ujian. Mengecewakan bagi Chelsea yang terus mendominasi setelah jeda malah kebobolan lewat gol Noah Okafor yang memanfaatkan serangan balik pada menit ke-75.

Starting XI

Tiga perubahan dilakukan dari pertandingan Liga Champions sebelumnya delapan hari lalu dengan Potter memilih formasi empat bek. Opsi itu menempatkan Cesar Azpilicueta sebagai salah satu dari dua bek tengah, bersama Thiago Silva yang diistirahatkan dari pertandingan terakhir, yang berarti tidak ada tempat untuk rekrutan musim panas yakni Wesley Fofana atau Kalidou Koulibaly.

Marc Cucurella diberi kesempatan daripada Ben Chilwell di bek kiri, Reece James di kanan, Jorginho dan Mateo Kovacic tampil sebagai gelandang yang menjaga kedalaman. Sementara Pierre-Emerick Aubameyang di lini depan sendirian, didukung oleh trio Kai Havertz, Mason Mount dan Raheem Sterling di belakangnya.

Tim tamu, yang awalnya membuat dua perubahan dari hasil imbang di kandang lawan AC Milan, dipaksa melakukan pergantian lain ketika striker Fernando cedera saat pemanasan, digantikan oleh Benjamin Sesko.

Sesaat sebelum kick-off ada penghormatan kepada Yang Mulia Ratu Elizabeth II, dengan mengheningkan cipta selama satu menit dan Pensiunan Chelsea meletakkan karangan bunga. Fans juga membentangkan spanduk. Ada bendera dan spanduk yang dikibarkan di Shed End dan suporter Salzburg juga ikut memberikan penghormatan.


Mencari terobosan

Kekalahan di Zagreb pada matchday pertama seminggu yang lalu membuat pertandingan di kandang kali ini di Liga Champions terasa lebih penting. Ditambah dengan sorotan yang terpancar karena menjadi laga pertama Potter.

Sterling mengambil posisi melebar di sebelah kiri, dengan Aubameyang dan Havertz menawarkan ancaman yang lebih sentral, tetapi pemain internasional Inggris itu muncul di dalam kotak setelah umpan silang James menghindari yang lain, tetapi jalannya ke gawang diblok.
Setelah tembakan Havertz, pada penampilannya yang ke-100, diblok, Aubameyang, yang melakukan debut kandangnya, melepaskan tembakan. Serangan Mount dan Havertz lebih lanjut terus menekan.


Fans The Blues mengucapkan terima kasih kepada Thomas Tuchel yang telah meninggalkan klub dan bertepuk tangan atas segala yang telah diberikan sang pelatih.

Meski pun main bagu sejk awal, bermain dengan kecepatan yang baik dan setengah jam mencari terobosan. James melakukan yang terbaik untuk lolos dan menggulingkan pendahulunya, Pavlovic, hanya saja pengaruhnya sejauh ini belum kelihatan.

Umpan silang James berikutnya disambut oleh rekan setimnya, tetapi tembakan Sterling membentur bagian bek lawan. Kemudian Mount melakukan tendangan voli yang melebar saat peluang datang dengan cepat, kesal dengan dirinya sendiri tentang kesalahannya dari tepi kotak penalti.


Ujian untuk Kepa

Butuh waktu hingga 39 menit, tetapi Salzburg menguji kiper kami sekali di babak pertama, ketika tendangan melengkung rendah Sesko ditepis melebar dengan penyelamatan yang bagus.

Di menit terakhir babak pertama, Kovacic mengklaim adanya handball etika sundulannya dari umpan silang Aubameyang dihentikan lawan, tapi wasit menganggap sikap sang pemain saat melakukan penyelamatan yang barus natural dan menutup pertandingan parih pertama tanpa gol.


Si Cepat Raheem

Tanda-tanda akan terciptanya gol sudah terlihat di babak pertama dan hanya membutuhkan waktu tiga menit di babak kedua bagi Sterling untuk bisa membuka keunggulan atas Salzburg.

Sekali lagi bola masuk dari sayap kanan, kali ini Mount sebagai pemberi umpan, ketika Aubameyang gagal menguasainya, Sterling mengambil alih. Kali ini ia memiliki beberapa ruang dan sentuhan, pemain berusia 27 tahun itu melepaskan tendangan melengkung di luar jangkauan Philipp Kohn dan masuk ke sisi jauh gawang di dekat Matthew Harding End.


Saat mencari gol kedua, Potter memainkan Armando Broja dan Ruben Loftus-Cheek. Striker internasional Albania itu memiliki kesempatan melakukan solo-run usai menerima umpan Kovacic dan ternyata memang benar gagal karena off-side.

Membuang keunggulan

Setelah melewatkan beberapa momen, striker Salzburg Okafor dan sang pemain yang mampu menaklukkan gawang Kepa dan membawa wakil Austria itu membawa pulang poin.

The Blues mungkin sangat menyesal karena kehilangan bola dan kemudian memaksa Thiago Silva, yang kewalahan menghentikan laju Adamu sebelum kemudian bola dimaksimalkan oleh Okafor.

Saat Chelsea berusaha untuk bangkit, Loftus-Cheek dilanggar di tepi kotak penalti. Tendangan bebas dilakukan Cucurella, mengirim bola ke tengah kepada James, namun tembakannya sangat mengecewakan.


Kohn kemudian melakukan penyelamatan super untuk menghentikan tendangan jarak dekat dari pemain pengganti Hakim Ziyech yang kemudian menyundul umpan silang lurus ke arah kiper saat waktu hampir habis. Dalam waktu tambahan, Broja beberapa kali punya kans untuk membobol gawang lawan namun hal itu gagal diwujudkannya.

Situasi di Grup E

Dengan AC Milan mengalahkan Dinamo Zagreb 3-1 dalam kick-off sebelumnya hari ini, mereka sekarang memimpin grup kami dengan keunggulan keunggulan satu poin atas Dinamo, dua atas Salzburg dan tiga atas The Blues setelah dua laga.

Apa selanjutnya?


Dengan penundaan pertandingan akhir pekan melawan Liverpool yang semula dijadwalkan, jeda dalam sepakbola klub menjelang pertandingan internasional datang lebih awal untuk Chelsea. Kami akan kembali beraksi pada 1 Oktober dengan kunjungan ke Crystal Palace.


Chelsea (4-2-3-1): Kepa, James, Azpilicueta (c) (Ziyech 81), Thiago Silva, Cucurella; Jorginho, Kovacic (Gallagher 81); Mount, Havertz (Loftus-Cheek 66), Sterling (Pulisic 84); Aubameyang (Broja 66).

Cadangan Bettinelli, Chilwell, Chalobah, Fofana, Koulibaly, Chukwuemeka, Zakaria.

Gol Sterling 48

Kartu kuning
James 79

Salzburg (4-3-1-2): Kohn; Dedic, Bernardo, Pavlovic, Ulmer (c); Capaldo, Seiwald, Kjaergaard (Gourna-Douath h-t); Susic (Kameri 70); Sesko (Adamu 70), Okafor (Koita 85).

Cadangan Mantl, Walke, Van Der Brempt, PiÄ…tkowski, Baidoo, Simic, Diarra.

Gol Okafor 75

Kartu kuning
Adamu 76, Pavlovic 77, Ulmer 78, Capaldo 89Wasit Ivan Kruzliak from Slovakia.

Penonton 38.818