Sepuluh pemain Chelsea kalah pertama kalinya lawan Fulham sejak 2006 di malam yang frustrasi di Craven Cottage.

The Blues tampil cukup baik dalam sebagian besar pertandingan, dan terlihat lebih berbahaya daripada laga-laga tandang sebelum ini. Debutan Joao Felix memainkan peran besar dalam hal itu, terampil dan kreatif sejak peluit pertama, tetapi malamnya berakhir dengan kekecewaan ketika ia dikartu merah sebelum satu jam permainan karena tekel tinggi.

Pada titik itu, tendangan jarak dekat Kalidou Koulibaly membuat kami menyamakan kedudukan setelah jeda, Willian memberikan keunggulan kepada tuan rumah melawan mantan klubnya di pertengahan babak pertama.

Namun, 10 pemain kami tertinggal lagi gara-gara sundulan Carlos Vinicius. Meski kami berjuang keras mengejar ketinggalan skor, upaya yang dikerahkan tidak cukup.

Starting XI

Joao Felix langsung masuk ke starting XI Chelsea setelah dokumen transfernya selesai hari ini. Masuknya pemain Portugal itu menjadi salah satu dari empat perubahan yang dilakukan Graham Potter. Ia juga mengubah formasi tim, memainkan tiga bek dengan dua bek sayap.

Thiago Silva kembali di antara Trevoh Chalobah dan Kalidou Koulibaly, dengan Cesar Azpilicueta dan Lewis Hall di bek sayap.

Denis Zakaria bergabung dengan Mateo Kovacic di lini tengah, dan Mason Mount serta debutan Joao Felix memainkan peran cair di lini depan bersama Kai Havertz.

Joao Felix memukau di awal

Joao Felix butuh waktu kurang dari semenit untuk menunjukkan kelasnya. Sentuhan positif di tengah lapangan membawanya melewati Tim Ream, dan ia kemudian memberikan umpan kepada Havertz. Usahanya diblok, dan meski masih bisa memberikan bola kepada Hall, tapi aksi sang bek kiri bisa digagalkan Leno yang menyelamatkan bola dengan kakinya.

Joao Felix kemudian dengan anggun menjentikkan bola melewati Joao Palhinha di tengah lapangan. Sejumlah ancaman dihadirkannya, membuat dua pemain tuan rumah, Antonee Robinson dan Andreas Pereira, mendapat kartu kuning karena pelanggaran terhadapnya sebelum seperempat jam permainan.


Joao Felix melepaskan tembakan pertamanya sesudah itu tapi melebar, setelah mendapatkan tendangan bebas. Ia melepaskan tendangan lain dari aksi voli, namun posisinya off-side.

Meski begitu, performa awalnya menjanjikan, dan pergerakannya juga bermanfaat bagi Mount dan Havertz.

Dihantui mantan

Selain tembakan Vinicius yang melebar, Fulham tidak mendapatkan banyak peluang hingga pertengahan babak pertama.

Tapi sinyal bahaya dari mereka datang ketika Bobby Decordova-Reid melepaskan tembakan yang mengenai mistar gawang setelah Chalobah salah mengantisipasi bola udara.

Sayangnya, sesudah itu ada petaka bagi Chelsea. Fulham mencuri bola dari tepi lapangan dan mengirim umpan silang yang bisa digapai oleh Willian, yang kemudian melakukan tusukan melewati Azpilicueta dan melepaskan tembakan ke gawang. Bola sempat mengenai Chalobah sebelum melewati penjagaan Kepa dan menjadi gol pembuka bagi Fulham.


Felix menembak keras dan lurus ke arah Leno sebagai respons. Penjaga gawang Fulham itu kemudian melakukan penyelamatan baik ketika menepis tendangan Hall yang sedikit mengenai bek lawan.

Dengan lima menit tersisa hingga jeda, kami menciptakan dua peluang lagi. Tembakan Azpilicueta dibelokkan setelah kerja bagus lainnya dari Joao Felix dan Havertz, dan kemudian keduanya melakukan kombinasi yang baik. Havertz memperdaya Tosin Adarabioyo dan memiliki ruang untuk melakukan tendangan, sayang aksinya dimentahkan oleh Leno.

Gol penyeimbang

Segala usaha kami baru terjawab selepas turun minum, atau dua menit memasuki babak kedua dengan hadirnya gol penyeimbang yang memang pantas didapatkan.

Hall mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri dan Mount mengeksekusi bola ke tengah menciptakan kemelut dan bola sempat mengenai tiang sebelum disambar oleh Koulibaly. Leno memang sempat menghentikan laju bola, tapi telah melewati garis gawang dan wasit serta teknologi garis gawang mengonfirmasi adanya gol. 1-1.


Dalam waktu beberapa menit sebelum satu jam permainan, malam kami berubah menjadi lebih buruk.

Titik balik

Pertama, saat memulai serangan balik, Zakaria terjatuh dan tampak kesakitan hingga harus digantikan oleh Jorginho. Kemudian, debut menjanjikan Joao Felix tiba-tiba terhenti ketika ia langsung mendapat kartu merah karena melakukan tekel berbahaya terhadap Kenny Tete di dekat garis tengah.

Kami merespons situasi buruk itu dengan baik. Tersisa Havertz dan Mount di lini depan, mereka melakukan kombinasi, memungkinkan pemain Jerman itu meluncur di antara pasangan bek tengah Fulham. Saat sudutnya menyempit, ia mencoba melepaskan tembakan melewati Leno yang ternyata masih bisa mengamankan bola dengan wajahnya.

Kami mampu tetap solid, tapi satu umpan silang dari kanan yang dilepaskan Pereira membuka celah di pertahanan kami dan Kepa ragu-ragu dalam menyambut bola hingga akhirnya mendarat dan disambut sundulan Vinicius untuk membobol gawang kami.

Dengan 10 menit tersisa, Potter melakukan empat kali pergantian pemain, dan kami kembali formasi empat bek. Hakim Ziyech memberikan dukungan bagi Havertz di depan, Cucurella di bek kiri dan Conor Gallagher serta Carney Chukwuemeka bertugas menambah energi dan kualitas di lini tengah. Hampir ada dampak instan, namun umpan Chukwuemeka tidak bisa dimaksimalkan Havertz.


Dalam enam menit waktu tambahan, peluang terakhir jatuh ke Havertz. Umpan panjang Koulibaly membuatnya lolos dari jebakan off-side dan ia melakukan tembakan lebih awal setelah mengontrol bola. Namun, rekan senegaranya asal Jerman, Leno masih solid di bawah mistar Fulham. Laga berakhir, London barat menjadi milik Fulham untuk pertama kalinya setelah 21 pertandingan.

Apa selanjutnya?

The Blues akan menghadapi Derbi London lainnya hari Minggu ini. Kami menyambut Crystal Palace di Stamford Bridge dengan kick-off pukul 2 siang.

Chelsea (3-4-2-1): Kepa; Chalobah (Chukwuemeka 79), Thiago Silva, Koulibaly; Azpilicueta (c), Zakaria (Jorginho 56), Kovacic (Gallagher 79), Hall (Cucurella 79); Felix, Mount (Ziyech 80); Havertz.
Cadangan Bettinelli, Badiashile, Aubameyang, D.Fofana.
Gol Koulibaly 47
Kartu merah Joao Felix 58
Kartu kuning Chalobah 36, Hall 62, Mount 76

Fulham (4-2-3-1): Leno; Tete, Adarabioyo, Ream (c), Robinson; Reed (Cairney 68), Palhinha; Decordova-Reid (Wilson 68), Pereira (James 90+3), Willian (Solomon 83); Vinicius (Chalobah 90+4).
Cadangan Rodak, Diop, Kurzawa, Harris.
Gol Willian 25, Vinicius 73
Kartu kuning Robinson 9, Pereira 14, Leno 90+6

Wasit David Coote