Edouard Mendy finis sebagai salah satu dari dua runner-up dalam pemungutan suara untuk penghargaan Pemain Terbaik Pria Afrika 2022, yang diumumkan hari ini di Maroko.

Sepuluh hari yang lalu, penjaga gawang Chelsea menjadi salah satu dari 10 pemain yang dinominasikan oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika untuk poling para pejabat CAF, jurnalis dan pelatih dan kapten tim internasional dan klub elit Afrika. 10 nominasi tersebut kemudian dipangkas menjadi tiga pemain di final.

Dari ketiganya, peraih penghargaan untuk tahun kedua berturut-turut adalah rekan setim Mendy di level internasional, Sadio Mane, yang baru saja pindah dari Liverpool ke Bayern Munich. Nama lain yang masuk daftar adalah Mo Salah.

Mendy adalah penjaga gawang pertama yang berhasil masuk tiga besar sejak 2014.

Sementara itu Senegal, yang pemain terbaru kami Kalidou Koulibaly bermain serta Mendy, dinobatkan sebagai bagian dari Africa Men's national Team of The Year, dimana itu jelas tidak mengejutkan.

The Lions of Teranga, dikapteni oleh Koulibaly, memenangkan Piala Afrika untuk pertama kalinya awal tahun 2022 ini, dengan Mendy menyelamatkan penalti penting dalam laga adu penalti di final, dengan pengulangan terjadi melawan oposisi yang sama Mesir untuk lolos ke Piala Dunia musim dingin ini.