Edouard Mendy telah dimasukkan dalam daftar nominasi untuk penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2022.

Penjaga gawang Chelsea termasuk di antara nominasi untuk penghargaan dari oleh badan sepak bola Afrika CAF. Mendy adalah satu-satunya kiper yang masuk dalam daftar nominasi ini dan berpeluang menjadi kiper pertama yang menerima penghargaan tersebut sejak penghargaan ini dimulai pada tahun 1992.

Pemain berusia 30 tahun itu telah menerima penghargaan Kiper Terbaik FIFA tahun ini dan menikmati musim yang bagus untuk klub dan negaranya pada 2021/22. Selain mengangkat Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA bersama Chelsea, mencatatkan 49 penampilan dan mencatatkan 23 clean sheet di semua kompetisi untuk The Blues, Mendy juga menjadi bintang kemenangan Senegal di Piala Afrika.

Mendy adalah salah satu dari 10 pemain dalam daftar tersebut, bersama Vincent Aboubacar (Al Nassr), Achraf Hakimi (Paris Saint-Germain), Sebastien Haller (Ajax), Naby Keita dan Mohamed Salah (keduanya Liverpool), Kalidou Koulibaly (Napoli), Riyad Mahrez (Manchester City), Sadio Mane (Bayern Munich) and Karl Toko Ekambi (Lyon).

Penjaga gawang Chelsea ini berharap menjadi pemain kedua yang menerima penghargaan tersebut saat masih menjadi pemain Chelsea, setelah dua kemenangan Didier Drogba pada tahun 2006 dan 2009. Michael Essien juga masuk dalam tiga besar pada lima kesempatan selama waktunya bersama Chelsea dan John Mikel Obi berada di urutan kedua pada tahun 2013.

Pemenang akan diumumkan pada upacara penghargaan CAF di Maroko pada hari Kamis 21 Juli menyusul pemungutan suara oleh pejabat CAF, jurnalis dan pelatih dan kapten tim internasional dan klub elit Afrika.