Mykhailo Mudryk telah menyelesaikan kepindahannya dari Shakhtar Donetsk ke Chelsea setelah menyetujui kesepakatan pribadi dengan klub.

Pemain internasional Ukraina, yang berusia 22 tahun awal bulan ini, telah menandatangani kontrak delapan setengah tahun dengan The Blues untuk menyegel kepindahannya ke Stamford Bridge.

"Saya sangat senang menandatangani kontrak dengan Chelsea," kata Mudryk setelah menyelesaikan kepindahannya.

"Klub ini adalah klub besar, di liga yang fantastis dan ini adalah proyek yang sangat menarik bagi saya pada tahap karier saya saat ini. Saya sangat senang bertemu dengan rekan-rekan tim baru saya dan saya menantikan untuk bekerja dan belajar di bawah Graham Potter dan stafnya."

Sebagai pemain terampil dengan kecepatan tinggi, Mudryk dengan cepat membangun reputasi sebagai salah satu pemain menyerang paling berbahaya di Eropa dalam situasi satu lawan satu. Terutama sebagai pemain sayap, ia telah tampil di kedua sayap untuk Shakhtar Donetsk, tetapi banyak penampilan terbaiknya datang ketika memotong dari kiri ke kaki kanan pilihannya.

Ancaman yang ditimbulkannya di sepertiga akhir ditunjukkan oleh keterlibatan 18 golnya dalam banyak pertandingan di semua kompetisi musim ini, termasuk tiga gol dan dua assist di babak penyisihan grup Liga Champions.

Todd Boehly, chairman Chelsea, dan Behdad Eghbali, co-controlling owner, mengatakan: "Kami sangat senang menyambut Mykhailo ke Chelsea. Dia adalah talenta yang sangat menarik yang kami yakini akan menjadi tambahan yang luar biasa untuk skuad kami baik sekarang maupun di tahun-tahun mendatang. Dia akan menambah kedalaman serangan kami dan kami tahu dia akan mendapatkan sambutan yang sangat hangat di London."

Mudryk bergabung dengan akademi Shakhtar Donetsk pada tahun 2016 dan, setelah beberapa penampilan senior dan dipinjamkan ke sesama tim Liga Premier Ukraina, Arsenal Kyiv dan Desna Chernigiv, membuat terobosan di tim utama selama musim 2021/22, dengan dua gol dan tujuh assist dalam 11 pertandingan liga.

Penampilannya di klub membuat Mudryk mendapat tempat di skuad senior Ukraina tahun lalu, menerima delapan caps sejak melakukan debut internasionalnya dalam kemenangan mereka atas Skotlandia di play-off Kualifikasi Piala Dunia bulan Juni.

Chelsea ingin mengucapkan terima kasih kepada Shakhtar Donetsk karena telah memungkinkan Mykhailo untuk mengambil kesempatan baru ini. 

Selamat datang di Stamford Bridge, Mykhailo!