Kalidou Koulibaly membuat kesan yang kuat di Stamford Bridge pada hari Minggu ketika ia menjadi pemain terbaru yang mencetak gol pada debut kandangnya di Liga Primer untuk The Blues.

Meski pun ia direkrut dari Napoli karena kualitasnya dalam bertahan, pemain internasional Senegal itu menunjukkan kemampuan penyelesaian akhirnya ketika ia melepaskan tendangan voli indah untuk membuka keunggulan kami lawan Tottenham Hotspur.

Gol gemilang pemain berusia 31 tahun itu ke gawang rival bebuyutan kami dari utara ibu kota melanjutkan rekor bagus para pemain yang mencetak gol dalam pertandingan liga pertama mereka bersama Chelsea di Bridge, sebuah tren yang berlanjut hingga enam musim berturut-turut.

Produk akademi Trevoh Chalobah juga mencetak golnya musim lalu ketika melakoni debut di Liga Primer lawan Crystal Palace, hanya beberapa hari setelah pertandingan senior pertamanya dalam kemenangan Piala Super Eropa atas Villarreal. Saat pemain berusia 22 tahun itu solid dalam bertahan melawan Eagles, adalah golnya dari jarak jauh di babak kedua yang paling dikenang memastikan kemenangan 3-0.

Palace juga menjadi lawan kami pada musim 2020/21 ketika Ben Chilwell melakukan debutnya di liga bersama Chelsea setelah absen dalam tiga pertandingan pertama kami musim ini karena cedera. Bek kiri itu tentu saja menebus masa absennya saat ia memecah kebuntuan dengan mencetak gol dari jarak dekat di awal babak kedua sebelum memberikan assist gol sundulan Kurt Zouma dalam kemenangan 4-0 kami.



Setahun sebelumnya, Mason Mount-lah yang membuat fans tuan rumah senang ketika ia mencetak gol hanya tujuh menit dalam penampilan senior pertamanya di Bridge lawan Leicester City. Pemain berusia 20 tahun, yang menimba ilmu sejak usia enam tahun di akademi, merebut bola dari Wilfred Ndidi di tepi kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan yang melewati penjagaan Kasper Schmeichel sebelum melakukan selebrasi menuncur dengan lututnya di hadapan Shed End.


Gonzalo Higuain memang tidak pernah menemukan performa terbaiknya selama masa pinjamannya bersama The Blues di paruh kedua musim 2018/19, tapi pemain Argentina itu menikmati debut kandangnya di liga dengan mencetak dua gol menakjubkan lawan Huddersfield Town. Setelah membuka skor melawan the Terriers dengan penyelesaian yang bagus di tiang dekat menyusul umpan terobosan yang luar biasa dari N'Golo Kante, Higuain mencetak gol keempat kami setelah turun minum dengan tendangan kaki kanan sensasional dari jarak 25 yard saat kami memenangkan laga dengan skor 5-0.


Tren itu berlanjut pada 2017/18 ketika Alvaro Morata masuk sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol ke gawang Burnley di pertandingan pembuka musim kami. Hanya saja, itu menjadi hari yang mengecewakan karena kami kalah 3-2 setelah bermain dengan 10 pemain hampir sepanjang pertandingan menyusul kartu merah Gary Cahill di awal laga, tapi Morata mencetak golnya ketika ia menerima umpan silang dari Willian 11 menit setelah ia masuk menggantikan Michy Batshuayi.

Beberapa pemain lain juga membuat kesan yang bagus kepada para penggemar Chelsea dengan mencetak gol debut pertandingan liga di kandang untuk The Blues di era Liga Primer.

Pada musim 2014/15, Diego Costa menyarangkan gol di Bridge dengan membuka skor dalam kemenangan 2-0 kami atas Leicester saat ia mencetak sembilan gol dalam tujuh pertandingan pertamanya di Liga Primer.

Loic Remy tidak seproduktif pemain Brasil itu tetapi striker Prancis itu mencetak gol delapan menit setelah masuk sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 4-2 kami atas Swansea pada September 2014.

Dan, pemain yang dua kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Chelsea, Juan Mata juga mencetak gol setelah melakukan debutnya sebagai pemain pengganti ketika ia memastikan kemenangan 3-1 atas Norwich City pada Agustus 2011.



Pemain lain yang telah mencetak gol untuk the Blues dalam debut mereka di Bridge sejak pergantian milenium termasuk George Weah (Tottenham Hotspur, Januari 2000), Jimmy Floyd Hasselbaink, Mario Stanic (keduanya melawan West Ham, Agustus 2000), Boudewijn Zenden (Newcastle 2001), Adrian Mutu (Leicester, Agustus 2003), Claudio Pizzaro, Florent Malouda (keduanya melawan Birmingham City, Agustus 2007) dan Deco (Portsmouth, Agustus 2008).