Pertandingan tandang pertama The Blues musim ini, dan pertandingan liga pertama dengan dukungan suporter tandang Chelsea dalam 18 bulan, adalah pertandingan Derby London di utara ibu kota. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menyiapkan previewnya jelang laga ini...

Ini adalah pertemuan ke-20 antara Chelsea dan Arsenal di semua kompetisi ditambah pertandingan persahabatan sejak musim 2016/17, dan pertemuan kompetitif ke-204 derby London di kompetisi papan atas sejak tahun tahun 1907.

Ini juga merupakan penampilan pertama The Blues di Arsenal pada bulan Agustus sejak laga pembuka musim 1984/85, ketika tim baru promosi Chelsea asuhan John Neal bermain imbang 1-1 di Highbury berkat gol Kerry Dixon di depan Clock End yang penuh sesak, yang membuat penggemar tandang bersukacita.

Juara bertahan Eropa ini sebetulnya sudah menang 2-1 di Emirates bulan ini, meskipun dalam laga pra-musim, dan kami memulai musim dengan kemenangan 3-0 yang menggembirakan melawan oposisi asal London lainya, Crystal Palace. Arsenal, sementara itu, kalah 2-0 di Brentford.

Dalam konteks yang lebih luas, Chelsea saat ini duduk di posisi ketiga di klasemen Premier League sepanjang masa dengan 2.067 poin, lima poin lebih sedikit dari Arsenal meski memenangkan satu pertandingan lebih banyak.

Berita tim

Thomas Tuchel akan bertekad untuk menjaga hal positif dalam derby kedua musim ini, tetapi Arsenal adalah salah satu dari sedikit tim yang sukses mendapatkan hasil yang lebih baik. Kemenangan kompetitif kami atas Arsenal terakhir kali terjadi pada bulan Desember 2019.

Sejak menang 3-0 di laga pembuka, tim telah menambahkan Romelu Lukaku ke lini depan The Blues, dan striker yang akhirnya kembali pulang ke Bridge itu telah bersiap untuk bermain bersama rekan setimnya yang baru.

Striker asal Belgia ini telah berkembang secara luar biasa sejak kepergiannya dari Bridge pada 2013. Dia mampu membongkar lawan bagaimanapun cara mereka bertahan baik garis rendah mpun garis tinggi, dan ia membongkarnya dengan kecepatan dan kekuatan atau sentuhan dan tipu muslihat. Penciptaan peluang, asis, dan golnya telah konsisten selama bertahun-tahun dan dia benar-benar fokus pada kesuksesan tim. Dia mencintai klub ini di hidupnya dan sekarang dapat memenuhi impian masa kecilnya secara nyata.

Kedatangan Lukaku juga meningkatkan opsi menyerang untuk pelatih kepalanya, yang bisa jadi beralih menggunakan dua penyerang jika diperlukan, dan untuk memainkan gaya serangan balik yang lebih cepat jika dia mau.

ecara keseluruhan skuad sekarang mendekati kebugaran penuh di seluruh sektor. Laga persahabatan melawan Weymouth yang berakhir 13-0 menghasilkan menit-menit berharga bagi mereka yang telat untuk bergabung di pra-musim.

Di lini tengah, pelatih Jerman kami tersebut bisa memainkan dua pertiga dari daftar pemain terbaik yang baru diumumkan UEFA untuk Men’s Player of the Year 2020/21: Jorginho, dan N'Golo Kante, yang kembali beraksi di Cobham pada hari Kamis kemarin.

Gunners yang menurun

Musim panas sepuluh tahun silam, Arsene Wenger merekrut Mikel Arteta dari Everton bersama Per Mertesacker, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Thierry Henry, yang bergabung kembali dengan status pinjaman.

Namun dalam perjalanannya sebagai pelatih The Gunners, Arteta harus rela melihat timnya anjlok dari zona Eropa menuju tempat kedelapan, tetapi kini telah bergerak untuk memperbaiki keadaan dengan merekrut Ben White, Albert Sambi Lokonga, Nuno Tavares dan Martin Odegaard, dan dilaporkan tertarik untuk mengontrak Aaron Ramsdale dari Sheffield United.

Pilar utama di lini serang seperti Pierre-Emerick Aubameyang, Eddie Nketiah dan Alexandre Lacazette absen daat Brentford menang 2-0 pekan lalu.

Folarin Balogun adalah ujung tombak antara Nicolas Pepe dan Gabriele Martinelli di Brentford, dengan Emile Smith Rowe di belakang mereka, dan bisa dibilang pemain mereka yang paling efektif. Bukayo Saka adalah perubahan pertama Arteta di laga vs Brentford dan kemungkinan besar akan menjadi starter melawan The Blues.

Thomas Partey juga kemungkinan akan absen, dan penghuni lini tengah skema 4-2-3-1 ala Arteta terdiri dari Lokonga yang berduet dengan kapten Granit Xhaka.

Arsenal mengalami kesulitan menangani sepak pojok dan lemparan ke dalam yang dilatih dengan baik oleh Brentford, dan itu adalah salah satu kejutan yang menghasilkan gol . Sepanjang musim lalu, Arsenal hanya kebobolan lima kali dari situasi seperti itu, paling sedikit di liga.

Kekalahan 2-0 telah menjadi tantangan bagi tim asal London utara tersebut, dan mereka tercatat kalah lima kali di pertandingan kandang pertama mereka dalam lima dari 10 musim terakhir di Premier League. Namun, The Gunners berhasil menang kandang dan tandang melawan The Blues musim lalu di liga dan kemungkinan akan bangkit pasca kekalahan dari the Bees.

Blues yang tepat sasaran

Kemenangan 3-0 akhir pekan lalu melawan Crystal Palace berisi beberapa momen untuk Chelsea. Dengan gol tendangannya yang luar biasa dari jarak jauh, Trevoh Chalobah yang berusia 22 tahun menjadi pemain Blues ke-24 yang mencetak gol pada debutnya di Premier League. Satu-satunya bek lain yang cetak gol di debut sebelumnya adalah Ben Chilwell musim lalu – juga melawan Eagles di Stamford Bridge.

Gol Marcos Alonso juga menjadi catatan penting: itu adalah gol tendangan bebas langsung ke-50 Chelsea di era Premier League (hanya Manchester United dengan 64 gol yang mencatatkan lebih banyak). Alonso (4 gol) berada di tempat keempat untuk The Blues di belakang Gianfranco Zola (12), Frank Lampard (11), dan Didier Drogba (7). Hanya David Beckham, dengan 18 gol tendangan bebas langsung, yang mencetak lebih banyak dari Zola untuk klub manapun di Premier League.