Di laga pertama dari tujuh laga di bulan Desember ini, Chelsea akan menjamu klub promosi Aston Villa. Sejarawan klub, Rick Glanvill, dan ahli statistik klub, Paul Dutton, sudah siap menyambut kesempatan untuk kembali ke jalur kemenangan...

Setelah melewati sepertiga musim kompetisi, Chelsea duduk di peringkat empat dengan raihan 26 poin dari 14 laga, tertinggal 14 poin dari pemuncak klasemen, Liverpool, namun unggul enam angka dari Tottenham di peringkat lima. Boleh dibilang bahwa situasi ini sudah melampaui ekspektasi pada Juni lalu.

Dini hari nanti kami akan menyambut datangnya pahlawan kami, John Terry, yang kini bekerja sebagai asisten manajer di Aston Villa. The Blues selalu memenangi empat laga kandang di liga saat melawan the Midlanders dengan skor agregat 15-1. Kemenangan kelima beruntun di divisi utama atas mereka akan jadi yang pertama kalinya di Stamford Bridge.

Aston Villa adalah tim yang kerap jadi bulan-bulanan Frank Lampard semasa menjadi pesepak bola, yang telah dia bobol 14 kali – terbanyak di antara klub-klub lain yang pernah dilawannya. Dia juga melewati catatan 50 gol dan jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Chelsea saat melawan Villa.

Kemenangan di laga ini akan menjadi pengalaman baru bagi Lampard dalam kapasitas sebagai pelatih. Ketika menukangi Derby musim lalu, dia selalu kalah di tiga pertemuan dengan the Villans, salah satunya di final play-off yang digelar di Wembley.

Sebelum Villa terdegradasi, pertemuan kedua tim selalu melahirkan banyak gol. Dari sembilan pertemuan terakhir saja, Chelsea sudah mengemas 32 gol, dan kemenangan 8-0 pada 2012 sukses menyamai kemenangan terbesar sepanjang masa kami.

Gol-gol dari keempat bek

Pencetak gol terbanyak Chelsea, Tammy Abraham, setelah pulih dari cedera panggul, berharap bisa bermain kembali untuk menghadapi klub yang musim lalu dia bantu promosi ke divisi utama dengan sumbangan 26 gol.

Top skor di Premier League

Jamie Vardy 13Tammy Abraham 10Pierre-Emerick Aubameyang 10Sergio Aguero 9Sadio Mane 8Raheem Sterling 8

Chelsea tidak bisa diperkuat oleh striker Inggris itu saat berhadapan dengan West Ham, namun tugas mencetak gol pun sebenarnya digantungkan kepada para penyerang, seperti yang dibuktikan oleh pria yang akan duduk di bangku tim tamu. Asisten pelatih Villa, John Terry, masih jadi bek tersubur di Premier League dengan koleksi 41 gol yang diperoleh dari 17 musim mengilap di Stamford Bridge.

Sang “Kapten, Pemimpin, Legenda” the Blues itu bahkan punya torehan 67 gol di semua kompetisi untuk Chelsea dan tak ada pemain yang lebih jago darinya dalam situasi bola mati, di kedua sisi lapangan. Selain Marcos Alonso (19 gol), bek-bek muda kami saat ini juga mulai mengekor kemampuan Terry atau predesesornya yang termasyur seperti Peter Sillett, Dave Webb, dan Branislav Ivanovic (semuanya dengan koleksi 34 gol untuk the Blues), Gary Cahill, 25, Frank Leboeuf, dan Dan Petrescu, 24, serta William Gallas 14.

Memang, sepak bola telah berubah. Hanya 10 pemain bertahan yang bisa mencetak lebih dari satu gol di divisi utama musim ini. Pemain West Ham, Aaron Cresswell, dan Virgil Van Dijk, jadi yang terbaik dengan tiga gol. Gol-gol kapten Liverpool itu semuanya lahir dari situasi tendangan bebas atau tendangan penjuru.

Chelsea sudah melakukan 50 percobaan dari situasi bola mati (hanya ada enam klub yang lebih sering) namun hanya bercokol di peringkat 14 untuk konversi golnya, dengan dua gol. (Hanya lebih baik dari Everton, Palace, dan Watford.) Hanya gol Fikayo Tomori di markas Wolves – dari jarak 35 yard – dan gol kemenangan Alonso atas Newcastle yang bukan berasal dari set piece.

Masa penting Villans

Ini adalah musim pertama the Villans di divisi utama sejak terdegradasi pada 2016. Chelsea baru sekali kalah dari 55 laga kandang terakhir di Premier League ketika berhadapan dengan tim promosi (dengan rincian 44 kali menang dan 10 kali imbang), dan tak pernah kalah lagi sejak Desember 2015 (dari Bournemouth).

Pasukan Dean Smith itu kini bercokol di urutan ke-15, berjarak tiga poin dari zona degradasi, dan tiga perempat dari poin mereka dipetik di Villa Park. Mereka setidaknya selalu kemasukan satu gol di kandang lawan, yang hampir 90 persennya datang di babak kedua.

Mereka cenderung bertahan rapat-rapat dan menyerang balik dengan dinamis. Full-back mereka bukan spesialis menyerang, sementara di sisi sayap ada Jota dan Anwar El Ghazi, dua pemain yang sepertinya akan absen lantaran cedera.

El Ghazi dan Jack Grealish adalah pemain terbaik mereka sejauh ini, masing-masing dengan sumbangan tiga gol dan empat assist. Trezeguet sepertinya akan menggantikan El Ghazi, sementara Ahmed Elmohamady, 32 tahun, mungkin akan mengisi tempat bek sayap Frederic Guilbert yang terkena skorsing.

Tali Pelangi

Di laga ini, para pemain akan memakai tali pelangi dan kapten akan mengenakan ban kapten warna-warni untuk menunjukkan komitmen klub dalam menjadikan Stamford Bridge sebagai tempat yang ramah bagi kaum LGBT.

Di Chelsea, kami sama sekali tidak mentolerir nyanyian homofobik, dan masih ada pekerjaan yang harus dilakukan sehubungan dengan nyanyian-nyanyian yang terus didengungkan oleh para suporter tim tamu pada laga akhir pekan lalu.Cuplikan pertandingan laga dini hari ini akan tersedia di aplikasi The 5th Stand mulai tengah malam waktu Inggris.