Ini adalah laga beruntun kami melawan tim asal Merseyside di ajang Premier League. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton melihat prospek untuk mengulangi hasil bagus hari Kamis di Anfield saat kami menjamu The Toffees di Stamford Bridge…

Pada hari Senin malam nanti, ketika tim urutan keempat Chelsea menghadapi Everton, yang berada di urutan kelima pada awal akhir pekan, setahun yang lalu akan menjadi hari dimana Stamford Bridge mendukung tuan rumah dengan kemenangan 4-0 di pertandingan yang sama.

The Londoners telah memenangkan 10 dari 14 pertandingan papan atas terakhir yang dimainkan pada hari Senin dan sejauh kampanye musim ini, kami tidak terkalahkan dalam empat pertandingan yang dimainkan pada hari senin.

Saat bertandang mengalahkan Liverpool, Chelsea mengurangi peluang saingannya untuk memperebutkan tempat di Liga Champions sambil mempertahankan tradisi terkini klub untuk mengalahkan juara bertahan setidaknya sekali, dimulai dengan Leicester pada 2016/17.

Musim semi pertama di Stamford Bridge tahun ini menawarkan kesempatan untuk mencuri perhatian pesaing lain untuk finis empat besar menjelang pertengahan pekan kali ini.

Berita Tim Chelsea

Thomas Tuchel mengatakan dia sudah merasakan sebagai bagian dari klub hebat di Chelsea dan perasaan itu muncul dan bertambah kuat saat mengalahkan rival pada Kamis lalu. Pelatih asal Jerman kami yang dinominasikan sebagai Manager Of The Month, dengan membangun struktur pertahanan yang lebih ketat bagi tim. Selama delapan pertandingan liga terakhir hanya Manchester City yang mengumpulkan lebih banyak poin ketimbang kami tetapi bahkan mereka tidak bisa menyaingi rekor kebobolan Chelsea hanya dalam dua kali sejak Tuchel ambil alih tim.

Selain gol kemenangan yang luar biasa dari Mason Mount, ada tanda-tanda bahwa lini depan mulai sering menciptakan peluang bagus lagi. Lima gol Mount di Premier League musim ini datang dari pertandingan tandang; tiga di antaranya terjadi dalam lima pertandingan terakhir.

Masing-masing golnya pun sangat berarti: ia mencetak gol pertama bagi The Blues dalam comeback di West Brom, gol pembuka melawan Sheffield United, penyeimbang di Southampton dan gol pemenang di Fulham dan pekan lalu Anfield. Ia pun membuka keunggulan dalam kemenangan The Toffees musim lalu.

Timo Werner yang kurang beruntung di laga vs Liverpool lalu, sukses menjalankan perannya memancing Thiago Alcantara yang berpotensi memblokir sepakan Mount saat itu, dan striker Jerman kami juga nyaris lolos dalam dua atau tiga kesempatan lainnya melawan garis pertahanan tinggi The Reds. Melihat hal itu, Carlo Ancelotti bisa jadi akan menutup area itu agar tidak terekspos dari serangan kami.

Ada juga lebih banyak keberanian dan perkembangan dalam passing yang terus dituntut oleh pelatih kami yang baru. Beberapa interaksi satu sentuhan The Blues sukses melewati pressing Liverpool dan sementara itu Jorginho dan N'Golo Kante sukses berperan sebagai pelindung tiga bek kami dan memulai serangan cepat bila memungkinkan .

Seluruh tim fokus selama 90 menit, dengan manajemen permainan yang mengesankan menjelang akhir laga. Alhasil, Edouard Mendy sekarang menjadi satu-satunya kiper papan atas dengan lebih banyak clean sheet di pertandingan Premier League. Ini bisa terjadi ketika lini pertahanan kami tetap solid dan membatasi lawan untuk membuat satu tembakan tepat sasaran, atau bahkan tidak sama sekali, seperti yang terjadi di lima dari 10 pertandingan di bawah Tuchel, termasuk pada hari Kamis lalu.

Ancelotti Terus Melaju

The Toffees menawarkan serangkaian ancaman dan peluang berbeda kepada tetangga mereka di Mersey.

Carlo Ancelotti sukses mengantongi persentase kemenangan terbaik Everton sejak Howard Kendall pada 1980-an dan sembilan dari 14 kemenangan mereka musim ini terjadi dalam laga tandang.

Mereka agresif dan sangat kuat dalam set-play. Namun dengan beban dan jadwal yang berat baru-baru ini, mereka mungkin telah kehilangan sebagian intensitas mereka, dengan Jordan Pickford yang terus berteriak agar rekan satu timnya terus menekan West Brom pada laga hari Kamis lalu, meski begitu mereka masih menang tiga pertandingan terakhir mereka.

Selama jadwal pertandingan yang padat dan intensif ini, Ancelotti telah mencoba untuk mengistirahatkan para pemain kunci semampunya, tetapi dia terpaksa memasukkan Gylfi Sigurdsson pada laga di Hawthorns. Hal pertama yang dilakukan oleh bintang Islandia itu adalah menghasilkan umpan untuk gol sundulan Richarlison, yang saat ini telah menghasilkan enam gol dalam enam pertandingan.

Ancaman Everton dari udara sangat luar biasa musim ini. Tidak ada tim yang mencetak lebih banyak dari dalam skema set-play selain 12 gol milik mereka, dan mereka telah membuat 11 gol sundulan. Namun, meski begitu striker mereka Dominic Calvert-Lewin belum mencetak gol lagi dalam tiga pertandingan sejak kembali dari cedera saat ia berduet dengan Richarlison di depan.

Pemain lain yang tampaknya kurang vital dalam kemenangan mereka baru-baru ini daripada di awal musim, adalah James Rodriguez. Ia tidak masuk dalam skuad matchday untuk dua laga terakhir.

Absennya bek tengah Yerry Mina baru-baru ini telah memaksa Ancelotti untuk memasang trio Ben Godfrey, Michael Keane dan Mason Holgate dalam skema tiga bek, dan akan menarik untuk melihat apakah bek sayap kanan pilihannya yaitu Seamus Coleman fit lagi atau belum. Selain itu, Lucas Digne telah membuat enam gol dari posisi bek sayap kiri.

Pelatih asal Italia tersebut adalah seorang pragmatis dan akan menemukan metode untuk menangani tim berbahaya seperti The Blues. Kemenangan bersejarah The Toffees di Anfield diraih dengan perpindahan posisi pemain yang dirancang untuk meredam lawan seperti Mane dan Robertson. Kiper mereka, Pickford sangat nyaman memainkan bola dalam waktu lama untuk melewati tekanan dari lawan, dan kehadiran Allan telah kembali menambah agresi di lini tengah mereka.

Tidak ada kegembiraan untuk mantan bos yang kembali

Thomas Tuchel adalah satu dari hanya empat manajer dalam sejarah Chelsea yang tetap tak terkalahkan selama 10 pertandingan pembukaan mereka (yang lainnya adalah Jose Mourinho, Luiz Felipe Scolari dan Guus Hiddink).

Tak satupun dari dua mantan pelatih Chelsea yang saat ini menangani klub Premier league, yaitu Mourinho dan Carlo Ancelotti, sukses menang di liga sebagai tim tamu di Stamford Bridge dalam enam laga sebelumnya.

Pelatih Portugal itu telah bermain lima kali, seri dua kali dan kalah tiga kali dengan Spurs dan Man United, sementara peraih gelar ganda 2009/10 kami yaitu Ancelotti dikalahkan 4-0 di Stamford Bridge musim lalu.