Ini adalah laga di Stamford Bridge untuk menutup perjalanan kami di musim 2021/22. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton fokus pada kunjungan The Foxes kali ini…

Pada peringatan 10 tahun malam yang luar biasa dalam sejarah Chelsea – kemenangan Liga Champions 19 Mei 2012 di Munich – juara Eropa dan tim tamu Leicester bertanding dalam pertandingan kedua terakhir Premier League Inggris untuk musim kedua berturut-turut.

Dengan Arsenal tergelincir untuk dikalahkan di Newcastle pada hari Senin, The Blues telah memastikan untuk ikut kompetisi elit Eropa untuk ke-19 kalinya tanpa harus bersusah payah jelang akhir musim. Kemenangan atau hasil imbang melawan tim asal midlands timur malam ini akan mengamankan posisi ketiga menjelang laga terakhir Premier League hari Minggu nanti, ketika tim asuhan Thomas Tuchel menjamu Watford yang sudah pasti terdegradasi.

Pertandingan ini adalah laga tunda sejak 27 Februari karena Chelsea mencapai final Piala Carabao, dan pertandingan awal pada bulan November berakhir dengan kemenangan meyakinkan 3-0 untuk The Blues dengan Toni Rudiger, N'Golo Kante dan Christian Pulisic sebagai pencetak gol kami.

Berita Tim Chelsea

Cedera hamstring untuk Kai Havertz dan Timo Werner dapat membatasi solusi Thomas Tuchel di depan malam ini. Romelu Lukaku telah mencetak lima gol dalam 11 penampilan melawan Leicester.

Gol dari striker asal Belgia (serta Mateo Kovacic) dianulir dari pertandingan kami di Leicester pada awal musim, yang juga terbukti menjadi pertandingan terakhir Ben Chilwell di liga musim ini. The Londoners mendominasi sebagian besar laga saat mengamankan kemenangan 3-0, ditutup dengan penyelesaian menakjubkan dari N’Golo Kante – yang merupakan gol kedua di tempat lamanya sejak pindah ke Chelsea.

Meskipun hasil Arsenal menghilangkan tekanan dari The Blues, Thomas Tuchel tidak puas dengan hanya kualifikasi Liga Champions – ia menuntut finis tiga besar sebagai akhir yang bahagia untuk kampanye dua trofi kami. The Blues belum menyelesaikan pekan pertandingan lebih rendah dari posisi ketiga sejak bulan pertama musim ini.

120 menit yang melelahkan pada hari Sabtu, rekor perpanjangan waktu keenam dalam perjalanan 63 pertandingan musim ini, harus diperhitungkan, meskipun ada dua hari istirahat untuk para pemain dan pelatih. Pelatih asal Jerman itu mengatakan bahwa pemain yang cedera dan pemain yang merencanakan masa depan di tempat lain juga akan menjadi pertimbangannya, tetapi dia akan memberi penghargaan kepada pemain dengan kinerja terbaik dalam latihan dengan menit yang pantas mereka dapatkan dalam dua laga sisa ini.

Ben Chilwell telah bergabung kembali dengan tim senior tetapi belum dianggap siap, dan pergelangan kaki Mateo Kovacic yang bengkak masih harus dipantau lagi. Andreas Christensen, yang mengundurkan diri dari skuad pada hari final Piala FA lalu, mungkin tidak lagi diperhitungkan lagi bermain untuk tim London.

Pada hari Sabtu, Thiago Silva menjadi pemain luar tertua yang memulai final Piala FA sejak Stanley Matthews dari Blackpool pada tahun 1953 pada usia 37 tahun dan 234 hari, tetapi ia mungkin tidak akan diistirahatkan malam ini.

Mason Mount telah mencetak gol dan membuat assist dalam enam pertandingan berbeda di Premier League musim ini, sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh pemain Chelsea sebelumnya. Pencapaian ketujuh yang langka akan membuatnya setara dengan sesama pria Inggris Alan Shearer (1994/95) dan Harry Kane (2020/21).

The Foxes ingin finis lebih baik

Meskipun peluang Leicester di kompetisi Eropa untuk keempat kalinya berturut-turut telah hilang, Brendan Rodgers mendesak timnya untuk meraih finis sebaik mungkin meski menghadapi 'tim terbaik yang pernah kami mainkan musim ini'.

The Foxes kembali ke urutan kesembilan dengan kemenangan atas Norwich dan Watford yang terdegradasi, tetapi yang paling tinggi yang bisa mereka selesaikan adalah posisi kedelapan di klasemen sementara; mereka berada di posisi tersebut hingga ke-14 sepanjang musim. Dengan delapan gol yang dicetak dalam dua pertandingan terakhir, pemain mereka jelas belum lesu di sisa musim ini.

Sebelum menekuk sayap The Canaries dan menghajar The Hornets, The Foxes, yang baru saja menderita kekecewaan saat bermain di Liga Conference Eropa, telah bermain tujuh kali di semua kompetisi tanpa kemenangan, kalah dalam tiga pertandingan terakhir mereka.

Kemudian mereka tiba-tiba kembali ke performa terbaiknya dengan banyak pemain penting yang kembali dari cedera seperti Harvey Barnes, Wesley Fofana, James Justin, James Maddison dan Jamie Vardy. Musim ini, Vardy yang berusia 35 tahun baru hanya tercatat menjadi starter di 40% pertandingan. Dia masih pencetak gol terbanyak mereka (16 di semua kompetisi) bersama Maddison.

Wilfred Ndidi tak akan main sehingga Papy Mendy akan main di lini tengah mereka, dan meskipun dia sakit pada hari Minggu dia bisa kembali malam ini. Lini tengah adalah area lapangan yang selalu ingin dikuasai Rodgers, tetapi ia kesulitan dengan tidak tersedianya pahlawan final Piala FA 2021 mereka, Youri Tielemans, dan Hamza Choudhury, ditambah bek kanan Ricardo Pereira yang juga akan absen.

Mendy kemungkinan akan menjadi bagian dari tiga lini tengah bersama Maddison dan Barnes yang, bersama dengan Tielemans yang hampir selalu bermain. Ia telah memberikan banyak asis dalam beberapa pertandingan terakhir.

Sebaliknya, mereka jarang meraih clean sheet musim ini. Hanya Norwich, Leeds, dan Watford yang berhasil lebih sedikit melakukan clean sheet, dan hanya enam klub papan atas yang kemasukan lebih banyak gol secara keseluruhan. Pasukan Rodgers yang paling terkenal memiliki rekor terburuk di liga untuk kebobolan dari tendangan sudut, dengan 16 kali. Dia mengistirahatkan Kasper Schmeichel terakhir kali tetapi menegaskan pemain Denmark itu akan kembali malam ini, sementara Jonny Evans diharapkan siap meskipun sempat menderita kelelahan di laga akhir pekan lalu.