Stamford Bridge akan mengadakan sebuah pesta sambutan yang sangat spesial hari Minggu nanti. Sejarawan klub, Rick Glanvill, dan ahli statistik klub, Paul Dutton, sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan Frank Lampard di markas kami...

Poin penting

Tentu Stamford Bridge akan dalam kondisi terbaiknya saat legenda klub, Frank Lampard, memimpin pasukannya keluar dari lorong untuk pertama kalinya saat melawan Leicester City pada hari Minggu. The Blues tak pernah kalah di sembilan laga terakhir di liga yang dimainkan di Stamford Bridge dan meski pekan lalu harus menelan kekalahan terbesar klub di Old Trafford sejak Maret 1965, rasanya klub sedang dalam perjalanan menuju kemenangan.

Ada rasa gatal dalam diri pasukan the Londoners terkait dengan pertemuannya dengan the Foxes: kedua tim sama-sama menarget gol pertama mereka di divisi utama, dan kekalahan kandang mengejutkan dari Leicester Citynya Claude Puel dengan skor 0-1 pada Desember lalu, yang merupakan kekalahan kedua dari the Midlanders dari 13 pertemuan (tujuh lainnya berakhir dengan kemenangan dan empat lainnya imbang), dan yang pertama sejak tahun 2000.

Sisi positifnya, Chelsea baru kalah sekali dari 16 laga kandang pertama di liga, dan baru kalah sekali dari 22 laga terakhir di liga yang dimainkan di Stamford Bridge (13 menang, delapan seri).

Statistik kunci

Dari 16 laga kandang pertama di liga, Chelsea menang 14 kali.

Pemain-pemain Akademi

Pelatih kepala suksesor Puel, Brendan Rodgers, adalah mantan pelatih tim yunior dan tim cadangan Chelsea. Pada 2007, dia mendeskripsikan pekerjaannya di Cobham dengan tujuan “untuk membangun jembatan antara Akademi dan tim senior dan memastikan orang-orang dapat menyeberangi jembatan tersebut dengan lancar,” jadi, dia tentu mengamati kepercayaan yang diberikan oleh staf pelatih tim utama saat ini kepada pemain-pemain muda.

Pada saat itu, Rodgers menyatakan bahwa tugasnya adalah untuk menyuplai pemain-pemain Akademi ke skuat tim utama secara regular dan “jika kami bisa mencapainya dalam satu tahun, berarti kinerja kami bagus,” tegasnya kala itu. Empat alumni Akademi yang tampil melawan Liverpool di tepi Selat Bosphorus menunjukkan permainan yang apik.

Baca: Chelsea vs Leicester - angka

Kesan yang didapat dari partai Piala Super itu adalah, dalam beberapa bulan di bawah arahan Frank Lampard, permainan sepak bola yang mengandalkan umpan-umpan yang mengalir, agresif, dan menarik mulai terlihat sementara, pasukan Jurgen Klopp di tahun keempat mereka, juara di ajang itu, kerap terlihat langsung mengoper bola ke pemain-pemain sayap bintang mereka.

Kemarin tim boleh kalah, tapi rasanya tidak ada penggemar the Blues yang tak dapat melihat kemajuan yang dibuat oleh manajemen baru ini. Tentunya, optimisme akan membumbung di laga hari Minggu nanti, di mana pencetak gol terbanyak sepanjang masa kami akan melakoni laga perdananya di dugout Stamford Bridge.

Kembalinya N’Golo Kante

The Blues kehilangan Andreas Christensen yang cedera di laga tengah pekan, yang berakhir dengan kekalahan adu penalti, dan pemain lainnya perlu mengobati rasa sakit dan menghilangkan ketegangan usai bermain dalam waktu lama bahkan ketika musim kompetisi baru saja dimulai. Staf pelatih mereka menahan diri untuk tidak memanggil Toni Rudiger atau Willian dari bangku cadangan – yang mungkin akan diberi kesempatan pada akhir pekan ini.

Eks The Foxes, N’Golo Kante, salah satu dari beberapa pemain Chelsea yang tampil menonjol saat menghadapi the Reds, sepertinya sudah mendekati kondisi 100 persen. Dari sisi taktik, the Blues mengambil posisi sedikit lebih turun dan lebih padat saat melawan garis pertahanan tinggi Liverpool dibanding saat bermain di Old Trafford. Pola permainan, atau kesalahan, memicu lawan untuk segera menekan, dan Kante lagi-lagi membuktikan bahwa tidak ada pemain lain di dunia yang lebih jago darinya soal “menerkam” pemain lawan di momen-momen itu.

Saat mencetak assist perdananya, Christian Pulisic (yang juga merupakan assist pertama Chelsea) di musim 2019/20, untuk Olivier Giroud, menunjukkan kebolehan yang dikombinasikan dengan kerja kerasnya. Selain itu, pemuda asal Pennsylvania dan Mason Mount sempat membikin gol kandidat goal of the season yang akhirnya dianulir lantaran offside.

Tammy Abraham tampil impresif di laga itu, yang sayang sekali hadiah penalti yang ia hasilkan di waktu normal harus dibayangi kegagalan mengeksekusi penalti. Sementara, Jorginho membuka catatan golnya musim ini dari titik putih.

Di kubu tim tamu, Caglar Soyuncu menjadi partner utama Jonny Evans, menggantikan posisi bek tengah yang ditinggalkan Harry Maguire. Pemain internasional Turki kelahiran 23 tahun lalu itu jarang direpotkan saat menjamu Wolves akhir pekan lalu (laga ketiga beruntun di liga di mana the Foxes gagal mencetak gol).

Pelatih kepala, Brendan Rodgers sudah nyaman dengan formasi 4-5-1 yang mengandalkan serangan balik, yang diarahkan ke inside forward Ayoze Perez, pemain yang mereka rekrut dari Newcastle musim panas ini, dan James Maddison untuk mendapatkan inspirasi. Gelandang tengah reguler mereka, Nampalys Mendy jadi satu-satunya pemain mereka yang diragukan tampil akhir pekan ini.

Chelsea vs Leicester: kapan, di mana, kabar tim

Kick-off: 22.30 WIBWasit: Graham ScottVAR: Mike DeanSkorsing: Chelsea – tidak ada; Leicester – tidak adaCederaf: Chelsea – Hudson-Odoi, James, Christensen, Loftus-Cheek; Leicester – Mendy