Tahun baru Chelsea dimulai dengan dua pertandingan besar di kandang. Pertama adalah Liverpool, dan di sini sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memberikan previewnya untuk laga hari Minggu di Stamford Bridge...

Chelsea yang berada di posisi kedua akan menghadapi Liverpool di urutan ketiga untuk pertandingan besar pertama di tahun 2022. The Blues berada di urutan kedua dalam performa terbaik selama delapan pertandingan tandang, tetapi di saat berlaga kandang mesti ada banyak ruang untuk perbaikan.

Stamford Bridge meraih beberapa kemenangan dengan lebih antusias daripada saat melawan The Reds. Pertandingan sebelumnya di Anfield berakhir 1-1 saat ada kartu merah kontroversial babak pertama untuk Reece James, dan penampilan kami mendapatkan pujian untuk penampilan bertahan yang berkelas dari tim Thomas Tuchel.

The Londoners tidak terkalahkan dalam dua pertandingan melawan Merseysiders, meskipun mereka telah menang dalam dua kunjungan terakhir ke Bridge. Kemenangan akan memudahkan sang juara Eropa unggul empat poin dari pasukan Jurgen Klopp, yang hanya mengantongi satu poin dari dua pertandingan liga terakhir mereka. Kekalahan kedua mereka di liga musim ini terjadi di Leicester, tetapi mereka memiliki satu hari ekstra untuk beristirahat untuk pertarungan ini. Mereka telah memainkan satu pertandingan lebih sedikit dari Chelsea.

Kedua klub akan mengharapkan suguhan hadiah Tahun Baru dari Arsenal, yang menjamu pemimpin klasemen Manchester City. Dan, untuk pertama kalinya sejak 1994, safe standing akan diizinkan di Stamford Bridge, dengan Tuchel menyambut langkah tersebut, dan berharap itu akan meningkatkan kedatangan penonton. ‘Kami benar-benar membutuhkan mereka di level terbaik mereka,’ ujar Tuchel.

Berita tim chelsea

Natal yang sangat mahal bagi Chelsea tahun ini. Delapan pemain tertatih-tatih tertimpa cedera di luar lapangan dalam enam pertandingan liga terakhir, dan lawan telah mencetak empat gol telat dalam periode itu.

Tuchel telah secara terbuka mengakui jadwal tanpa henti dan minimnya rotasi/pergantian pemain karena sakit, covid atau cedera membuat perencanaan sulit dijalankan. Ritme latihan, persiapan, dan permainan menjadi kacau dalam beberapa minggu terakhir.

Timnya telah memimpin pada 21 kesempatan musim ini tetapi kebobolan sembilan gol penyama kedudukan. Itu berarti ada 11 poin hilang dari posisi menang – lebih dari 10 poin hilang melebihi sepanjang musim lalu.

Perhatian utama pelatih asal Jerman itu adalah di posisi bek sayap, di mana kualitas Reece James (yang diragukan untuk pertandingan hari Minggu) dan cedera jangka panjang Ben Chilwell. Marcos Alonso dapat melanjutkan perannya di sayap sebelah kiri tetapi kecuali ada opsi untuk melepaskan Cesar Azpilicueta dari bek tengah, Christian Pulisic atau Callum Hudson-Odoi akan bertanggung jawab di sebelah kanan.

Ross Barkley, Kai Havertz dan Hakim Ziyech adalah pemain pengganti yang tidak dimainkan pada hari Rabu tetapi lini serang kami yang dipimpin oleh pencetak gol Romelu Lukaku menciptakan peluang yang cukup untuk menempatkan Brighton tertinggal sebelum menyamakan kedudukan. Sundulan pemain Belgia itu adalah yang gol kedelapan bagi tim London itu musim ini dan ketujuh dari tendangan sudut – keduanya merupakan yang terbanyak di liga. Umpan tajam Mason Mount menghasilkan assist kelimanya.

Jorginho dan Mateo Kovacic tampak kelelahan menjelang akhir 90 menit laga sebelumnya dan sepertinya N'Golo Kante akan menjadi starter di lini tengah, tetapi ketersediaan Ruben Loftus-Cheek tidak pasti. Leicester asuhan Brendan Rodgers mengalahkan Liverpool menggunakan skema empat berlian di lini tengah untuk mengejar bek sayap mereka, memanfaatkan area di belakang Trent Alexander-Arnold.

Ini adalah pengaturan yang diterapkan Chelsea secara efektif dalam kemenangan 4-0 Liga Champions atas Juventus, membatasi ancaman luas dari Nyonya Tua dan menaklukkan pemain berbahaya Federico Chiesa.

Teriakan Klopp

Jurgen Klopp mengakui timnya tidak percaya diri mereka sendiri dalam kekalahan 1-0 di Leicester pada hari Selasa dengan 'begitu banyak penampilan di bawah level normal.'

The Foxes yang banyak berubah saat itu bermain sangat agresif dalam tekel dan terlihat cepat menguasai bola, memanfaatkan ruang di belakang garis pertahanan tinggi The Reds, terutama bek sayap mereka Trent Alexander-Arnold dan Kostas Tsimikas.

Seperti The Blues di kandang Brighton, Liverpool mengukir cukup banyak peluang untuk memenangkan pertandingan, mencoba memanfaatkan blok pertahanan sempit tuan rumah. Tapi roda penggerak di mesin semuanya seakan berhenti saat Mohamed Salah gagal mengeksekusi penalti dan Sadio Mane gagal mencetak peluang gol terbuka.

The Reds kemungkinan akan mempertahankan Fabinho sebagai gelandang bertahan dan Jordan Henderson sedikit lebih maju di sisi kanan (pada hari Selasa ia menggantikan Roberto Firmino di babak kedua). Bek kiri andalan Andy Robertson masih diskors.

Anehnya, Merseysiders hanya memenangkan satu dari sembilan pertandingan tandang terakhir mereka tahun ini, seri empat kali dan kalah empat kali.

Absen di ajang Piala Afrika AFCON

Kiper Chelsea Senegal Edou Mendy dan trio Liverpool Mohamed Salah (Mesir), Sadio Mane (Senegal) dan Naby Keita (Guinea) telah diizinkan untuk memainkan pertandingan ini sebelum terbang ke Kamerun untuk Piala Afrika.

Paling cepat setiap pemain bisa pulang adalah 20 Januari, saat babak penyisihan grup berakhir. Sedangkan laga Final dijadwalkan pada 9 Februari saat Mesir dan Senegal adalah salah satu favorit untuk tampil di laga tersebut. Pertandingan turnamen Piala Afrika akan disiarkan oleh BBC dan Sky Sports di Inggris.

Selamat tinggal 2021

Kami baru saja mengucapkan selamat tinggal pada tahun di mana Chelsea menikmati kemenangan yang tak terlupakan atas Manchester City di final Liga Champions, dan kedua tim yang sama telah tampil baik di lapangan selama tahun kalender kemarin.