Laga yang bakal dimainkan di Stamford Bridge yang tiketnya sudah terjual ludes ini akan menampilkan dua klub Premier League. Sejarawan klub, Rick Glanvill, dan ahli statistik klub, Paul Dutton, memberikan catatannya untuk laga babak keempat Carabao Cup…

Di tahap ini musim lalu, Chelsea menyingkirkan Derby besutan Frank Lampard dan Jody Morris, yang sukses menaklukkan Manchester United di babak sebelumnya.Dua klub tersukses di Inggris selama satu setengah dasawarsa ini saling berhadapan di League Cup untuk kelima kalinya, terakhir pada malam Halloween pada 2012, di babak keempat yang penuh intrik.The Blues, runners-up musim lalu, akan berupaya menembus babak perempat final League Cup untuk kali ke-23 dalam sejarah klub dan yang ketiga kalinya dalam tiga musim terakhir.

Rekor tandang baru Chelsea

Setelah laga akhir pekan lalu, di mana sejarah berulang untuk Burnley yang digelontori empat gol oleh Chelsea untuk musim kedua beruntun di akhir pekan yang sama.Itu merupakan kemenangan ketujuh beruntun the Blues di semua kompetisi, pertama kalinya sejak April/Mei 2017. Kemenangan kedelapan di laga ini akan menyamai catatan yang ditorehkan pada November/Desember 2016 di bawah besutan Antonio Conte, di musim yang berakhir dengan gelar juara liga.Kesuksesan Sabtu lalu juga menciptakan rekor baru the Blues untuk kategori tiga gol atau lebih yang diciptakan di empat laga beruntun. Dalam prosesnya, tim Frank Lampard mencetak 16 gol – di Norwich (tiga), Wolves (lima), Southampton (empat), dan Burnley (empat), dan kemasukan tujuh gol.

Rentetan itu dimulai setelah laga pertama musim ini, di Old Trafford, yang berakhir dengan skor 0-4 untuk kemenangan Man United arahan Ole Gunnar Solskjaer.

Man United saat tandang

“Jika Anda ingin menjuarainya (Carabao Cup), Anda harus mengalahkan yang terbaik,” ucap Solskjaer seusai mendapati hasil undian babak keempat yang mempertemukan kedua seteru lama ini untuk kali kelima di kompetisi ini. “Ini berada pas di tengah dua pekan penuh perjalanan.” Jika Chelsea akan menyambangi Watford pada Sabtu sore waktu setempat, Man Utd akan bermain di Bournemouth pada jam makan siang.Hasil imbang 1-1 dengan Liverpool adalah satu-satunya laga kandang the Mancunians sejak awal Oktober, dan hingga awal November the Red Devils akan bermain empat kali di kandang lawan. Laga ini merupakan yang ketiga.Jika Man Utd bermain pada Minggu lalu, menang 3-1 di kandang Norwich, Chelsea punya waktu istirahat dan persiapan sehari lebih lama untuk laga babak keempat ini.

Perubahan di kubu Chelsea

Kedua tim sepertinya akan menurunkan tim yang berbeda dari akhir pekan lalu, meski istilah “Memainkan pemain muda” tidak terlalu sering digaungkan di Stamford Bridge musim ini, karena banyak di antara mereka yang telah menjadi bintang di tim.Selain menjadi kesempatan bagi alumni-alumni impresif Akademi seperti Billy Gilmour (gelandang tengah), Marc Guehi (bek tengah), dan Reece James (bek kanan), turnamen ini juga memberi menit bagi pemain-pemain senior seperti Willy Caballero, Olivier Giroud, dan Emerson.

Di kubu Man United, Solskjaer mungkin tidak ingin mengubah formula kemenangan yang telah dia cari-cari sejak akhir September. Dengan sudah pulihnya Anthony Martial dari cedera, rekrutan musim panas lalu, Daniel James, di sisi kanan, dan Marcus Rashford di kiri, United memiliki trisula yang dapat menekan jauh di depan atau melakukan serangan balik cepat – seperti yang ditunjukkan saat melawan Chelsea Agustus lalu.Dengan absennya Paul Pogba, muncul pertanyaan terkait siapa yang akan mengemban tugas mengkreasi serangan dan seperti apa cara bertahan mereka. Untuk mengakhiri laju kemenangan Liverpool baru-baru ini, Man United memulai pertandingan dengan lebih hati-hati menggunakan tiga/lima bek.Pelatih Man U itu mengisyaratkan akan memainkan pemain-pemain muda, di antaranya James Garner dan Brandon Williams, serta pemain remaja Tahith Chong dan Mason Greenwood yang juga bisa jadi pilihan.

Ketakutan Setan Merah akan penalti

Man United sudah mendapat enam hadiah penalti musim ini dan hanya bisa menyelesaikan dua di antaranya. Pasukan Solskjaer mendapat dua hadiah penalti ketika petugas VAR, David Coote, membatalkan keputusan wasit Stuart Attwell di Carrow Road. Kedua tendangan penalti gagal, namun Red Devils masih bisa menang 3-1 atas tuan rumah Norwich. Di semua kompetisi, di luar adu penalti, Rashford sudah gagal mengeksekusi dua dari lima penalti, Martial dua dari delapan kesempatan, dan Pogba empat dari 13 peluang.Dua laga terakhir United di Carabao Cup selalu ditentukan lewat adu penalti. Sebelum menyingkirkan Rochdale dengan skor 6-5 di babak ketiga bulan lalu, mereka takluk dengan skor 10-9 dari Derby di tahap yang sama musim lalu.

Terakhir kali Chelsea adu penalti di kompetisi ini adalah di final musim lalu, ketika kalah 3-4 dari Manchester City.

Peraturan Carabao Cup

Carabao Cup musim ini tidak akan memberlakukan babak tambahan hingga final. Jika laga berakhir imbang hingga menit ke-90, maka pemenang akan ditentukan lewat adu tos-tosan.Kartu hanya diperhitungkan pada kompetisi di mana kartu tersebut diberikan. Dua kartu kuning akan mengakibatkan skorsing satu pertandingan. Pemutihan kartu diberlakukan pada perempat final, sehingga tidak ada pemain yang akan absen di final akibat akumulasi kartu kuning.