Stamford Bridge menjadi tuan rumah pertandingan yang luar biasa malam ini untuk memperebutkan satu tempat di final kompetisi akbar level Eropa. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menyoroti pertandingan menentukan kami dengan wakil asal Spanyol…

Chelsea versus Real di leg kedua semifinal Liga Champions adalah salah satu pertemuan yang sangat langka dan sangat istimewa. Malam adalah kubah berbintang dan, untuk satu klub, bulan sabit yang memudar akan melambangkan mimpi kejayaan di Turki.Di Stamford Bridge, spanduk ikonik yang merayakan para pemain masa lalu ada di tribun (jika tidak, tentu saja, pendukung yang bertanggung jawab atas mereka) dan malam ini pahlawan baru dapat menyulam nama mereka ke struktur stadion terkenal.Setelah tampil mengesankan dalam hasil imbang 1-1 di tengah hujan lebat di Spanyol, klub London itu juga tahu bahwa clean sheet akan cukup untuk mencapai tempat di Istanbul pada 29 Mei. Namun, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, melawan Real yang licik, yang akan memiliki beberapa juara mereka kembali untuk leg kedua ini.

Los Blancos punya masalah yang masih harus diatasi dalam pemilihan tim, dan juga mereka punya catatan rekor tanpa kemenangan di Inggris dengan empat pertandingan (dua kekalahan, dua imbang) hingga 2014 lalu, dan hanya mencetak dua gol tandang saja.Rekam jejak Real Madrid di Liga Champions dalam situasi mereka saat ini juga tidak akan berdampak apapun karena mereka sebelumnya pernah bermain imbang 1-1 tiga kali di kandang pada leg pertama - melawan Bayern pada tahun 1975/76, PSV 1987/88 dan Milan 1988/89 - dan mereka gagal untuk maju di setiap kesempatan. The Blues juga memiliki rekor tak terkalahkan terlama melawan tim asal Castilians dari lawan mana pun, sejak final Piala Winners 'pada tahun 1971.

Ini adalah penampilan ke-15 Chelsea dalam empat besar kompetisi Eropa. The Blues telah mencapai final dalam empat dari enam laga terkininya.Wanita Emma Hayes telah merintis jejak dengan mengalahkan Bayern 4-1 untuk mencapai pertarungan Liga Champions mereka dengan Barcelona di Gothenburg. Tidak ada klub yang pernah mencapai final putra dan putri di musim yang sama. Untuk menjadi yang pertama, Chelsea harus menunjukkan keberanian dan keyakinan melawan peraih trofi tersukses di Eropa.

Berita tim Chelsea

The Blues akan bekerja keras untuk menulis babak baru dalam sejarah klub melawan Real Madrid malam ini. Kemenangan atau clean sheet melawan klub paling sukses di Eropa ini akan mendorong ke final Liga Champions ketiga kami sepanjang sejarah.Delapan hari setelah hasil imbang 1-1, pertanyaannya adalah: apakah Chelsea semakin percaya diri untuk menguasai pertandingan setelah unggul di leg pertama lalu secara taktik.The Blues bermain dengan intensitas, keberanian dan progresif dan hanya pengambilan keputusan dalam penyelesaian akhir saja yang mencegah tim Spanyol itu menderita kekalahan di Stadion Alfredo Di Stefano.

Thomas Tuchel mengakui dia telah menemukan jadwal yang brutal dan tanpa henti, tetapi tahu bahwa di akhir musim itu adalah beban yang terhormat - itu menunjukkan sebuah klub hampir mencapai banyak target.Momentum, kebugaran, dan semoga keberuntungan menyertai pasukannya. Tampaknya Mateo Kovavic akan menjadi satu-satunya pemain yang absen dari skuad 23 pemainnya pada hari pertandingan, meskipun Toni Rudiger mungkin harus memakai masker pelindung.

The Bavarian dapat memanfaatkan sepenuhnya lima pemain pengganti yang diizinkan dan dapat mengadopsi pendekatan jika-tidak-rusak-jangan-perbaiki, dengan 11 yang hampir sama yang mengguncang tuan rumah di babak pertama Selasa lalu dengan kecepatan, sentuhan cekatan dan atletis mereka.Hal itu terutama terjadi di lini pertahanan, di mana tiga bek berpengalaman tampil menawan saat Christian Pulisic masuk ke kotak penalti, melewati mantan kiper Chelsea Thibaut Courtois dan mencetak gol tandang yang berpotensi vital.Zinedine Zidane mengatakan kemarin dia akan melawan 'kekuatan' Chelsea, yang mungkin termasuk sesama pemenang Piala Dunia Prancis. N'Golo Kante benar-benar sensasional di leg pertama, memenangkan penguasaan bola di lini depan dan melaju ke ruang terbuka lebar di belakang pers Real.Penting bagi dominasi the Blues di pembukaan 45 adalah Pulisic atau pemain menonjol lainnya, Mason Mount, turun ke lini tengah untuk mengganggu trio Real. Pasukan Tuchel juga menekan lini belakang mereka tanpa henti, dengan bek sayap yang didorong dan penggunaan umpan panjang yang bijaksana, membuka sepertiga akhir.Meski begitu, The Blues akan membangun keunggulan pada leg pertama malam ini seandainya lebih banyak peluang kami diambil di Valdebebas. Dengan dua gol yang dicetaknya dengan tenang dari dua tembakan melawan Fulham pada hari Sabtu, Kai Havertz mungkin telah mengamankan peran awal di puncak.

Dalam pertandingan yang sama Timo Werner mencetak dua digit gol dan assist - yang pertama melakukannya di musim debutnya sejak Eden Hazard, yang kembali ke lapangan lamanya malam ini.Seperti di Spanyol, Edou Mendy melakukan penyelamatan penting dalam derby London barat, mencatatkan clean sheet ke-23 dalam 39 pertandingan untuk Chelsea di semua kompetisi. Satu kekosongan lagi melawan Los Blancos akan membuat The Blues lolos.

Soal Real

Cedera selama setengah abad musim ini telah berdampak pada skuad Real Madrid dan rumah sakit Zinedine Zidane telah melihat seluk beluk lebih lanjut sejak Selasa.Para pemain besar yang kembali adalah bek tengah dan kapten Sergio Ramos (setelah absen 10 pertandingan), bek kiri Ferland Mendy dan gelandang Fede Valverde, sementara Marcelo telah dibebaskan dari panggilannya untuk tugas pemilihan. Pada hari Sabtu mantan bintang Stamford Bridge Eden Hazard juga menambahkan 70 menit untuk comebacknya dari berbagai cedera.Namun, kedua bek kanan pilihan Real, Dani Carvajal dan Lucas Vasquez, sekarang tidak mampu lagi dan Raphael Varane, bek tengah mereka yang paling sering terlibat dalam kompetisi musim ini, juga harus absen.Sementara Ramos adalah pengganti yang jelas untuk Varane, Nacho Fernandez mungkin lebih disukai daripada Alvaro Odriozola di bek kanan, kecuali Real mempertahankan set-up 3-5-2 mereka. Fakta bahwa Castilians kebobolan tiga kali lebih banyak dari Chelsea di kompetisi tahun ini (12 berbanding empat) mungkin juga menjadi faktor dalam pemikiran Zidane.

Meskipun pertanyaan tetap mengenai kebugaran para pemain yang kembali, jika benar-benar siap, Mendy dan Valverde dapat meningkatkan potensi skuad Real yang terkadang berjuang untuk mengatasi kecepatan dan kekuatan tim tamu pekan lalu.Di babak pertama hari Selasa, bek sayap Marcelo terus bermain sebagai gelandang tengah, dengan Nacho menyamping sebagai bek kiri, tetapi banyak serangan berbahaya Chelsea terjadi di sisi itu begitu garis pertama dilanggar.Konfigurasi ulang paruh waktu Zidane di tiga lini tengahnya menutup celah itu tetapi tanpa menawarkan terlalu banyak ancaman pada gawang tim tamu. Meskipun Karim Benzema menemukan cara untuk mengalahkan Edou Mendy dengan tendangan ahli, itu adalah satu-satunya tembakan tepat sasaran tuan rumah. Tidak ada rekan penyerang yang mencetak gol sejak 6 April.Ketersediaan Ferland Mendy dapat mendorong pelatih untuk kembali dari 3-5-2 ke 4-3-3 'gagal-aman' saat melawan Liverpool, dengan Valverde di tengah untuk energi dan Hazard dilepaskan pada ulang tahun kedua liga terakhirnya. penampilan di Bridge.

Sistem Video Assistant Referee digunakan di semua pertandingan dan melihat monitor sisi lapangan lebih umum daripada di Liga Premier.Semua kartu kuning yang terakumulasi dibersihkan pada akhir perempat final tetapi kartu kuning berarti skorsing dari final.

Pria di tengah lapangan

Wasit Daniele Orsato telah menangani empat pertandingan Chelsea sebelumnya, termasuk kemenangan 2-0 di babak 16 besar di Stamford Bridge melawan Atletico. Wasit Italia itu juga memimpin kekalahan kandang 2-1 Real dari Man City musim lalu, memberikan Ramos kartu merah ke-26 dalam karirnya di Los Blancos karena mencegah peluang mencetak gol dari lawan kala itu.