Akhir pekan ini kami menjamu Norwich pada pukul sembilan malam. Sejarawan klub, Rick Glanvill, dan ahli statistik klub, Paul Dutton, sudah siap untuk pertempuran Sabtu nanti di Stamford Bridge…

Laga Sabtu nanti akan mempertemukan Chelsea dan Sheffield United di Stamford Bridge untuk keempat kalinya di Premier League, dan yang pertama sejak kemenangan 3-0 the Blues pada Maret 2007.Laga pertama the Pensioners adalah menghadapi the Blades, pada 7 September 1907. Dalam laga itu, George Hilsdon membuat sejarah dengan menorehkan gol perdana Chelsea di Divisi Satu.

Tim tamu akhir pekan ini tak pernah menang dari 11 lawatannya di Premier League (seri dua kali dan kalah sembilan kali) dan tak pernah membukukan clean sheet di Stamford Bridge sejak Oktober 1922 – 31 lawatan di liga dan piala domestik.

Rekor Chelsea melawan klub promosi

Sheffield United berada di urutan kedua, di bawah Norwich musim lalu di divisi Championship, dengan selisih lima poin. Menyusul kesuksesan di kandang the Canaries akhir pekan lalu, kini Chelsea baru kalah dua kali dari 23 laga terakhir, baik kandang maupun tandang di Premier League ketika berhadapan dengan tim-tim promosi, dengan rincian 16 kali menang dan lima kali seri.Di kandang sendiri, the Londoners baru kalah sekali dari 54 laga terakhir di divisi utama saat melawan tim-tim promosi, kecuali kala bersua Bournemouth pada Desember 2015.Kemenangan di Carrow Road (laga ke-16 beruntun tak terkalahkan kami melawan the East Anglians) diperoleh berkat efisiensi di depan gawang, di mana tiga sepakan tepat sasaran dari 23 percobaan the Blues pada akhir pekan lalu berhasil bersarang ke gawang lawan. Tingkat konversi ini setara dengan 13 persen, naik dari catatan sebelumnya di musim ini, enam persen.Ketiga gol itu dicetak oleh alumni Akademi Chelsea: Mason Mount dan Tammy Abraham. Suporter pun sangat bahagia ketika melihat kedua pemain muda, yang besar di Chelsea, berbicara dengan gembira usai merealisasikan mimpi masa kecil mereka.

Ketidakberuntungan yang dialami Pedro sebelum laga di Carrow Road telah mengubah catatan sejarah. Cedera hamstring yang dialami pria 32 tahun itu membuatnya digantikan oleh Ross Barkley dan menjadikan rata-rata usia starter berkurang dari 25 tahun 54 hari menjadi 24 hari 208 hari. Ini adalah line-up termuda sejak Februari 1994 ketika Glenn Hoddle menjadi manajer, lebih muda daripada tim yang diturunkan oleh Roberto Di Matteo pada November 2012.Dua puluh lima tahun kemudian, anggota tim tahun 1994, Andy Myers dan Eddie Newton, kini menjabat sebagai pelatih di klub, membantu mengasah kemampuan pemain-pemain muda.

Tidak hanya pemain muda saja yang memperlihatkan sinyal positif: umpan cerdik Mateo Kovacic ke Abraham yang diselesaikan menjadi gol kemenangan di Norwich adalah assist pertamanya sejak bertandang ke markas Watford pada Boxing Day. Pemain asal Kroasia ini juga sudah setengah jalan untuk menyamai torehannya di liga musim lalu.

Kecerdasan taktik Chris Wilder

Meremehkan Chris Wilder berarti mengundang risiko. Sheffield United sudah berkutat di League One selama lima tahun sebelum dia datang pada 2016 dan sukses mengangkat mereka dari kasta ketiga ke kasta tertinggi hanya dalam tiga musim.Pelatih kepala ini empat kali memecahkan rekor transfer klub selama musim panas dan selalu konsisten memilih starting 11 yang agresif. Dia menularkan fleksibilitas sistem dan posisi pada timnya. Salah satu inovasi taktiknya adalah meminta wide centre-back-nya untuk membantu bek-bek sayapnya, sehingga mengalahkan jumlah lawan di posisi sayap.Ketika Chris Basham kebobolan gol pertama Leicester akhir pekan lalu, itu adalah satu dari 33 kesempatan di mana ketiga bek tengah mereka memberikan bola kepada lawan pada hari itu, sesuatu yang dikeluhkan oleh Wilder dengan “memberikan bola secara cuma-cuma”. Dia melakukan 10 pergantian dan menggunakan empat atau lima formasi yang berbeda saat melawan Blackburn di Carabao Cup pada tengah pekan, membuat para reporter mengingatkan bahwa “semua orang tahu benar bahwa masalah lebih besar yang menanti pada Sabtu nanti adalah Chelsea.”

Musim baru, pola yang sama?

Setelah tiga laga, separuh tim di divisi utama (termasuk Chelsea) sudah menang sekali, seri sekali, dan kalah sekali. Beberapa di antara 10 tim tersebut punya perolehan poin yang sama (empat) dan masih membawa inkonsistensi dari penghujung musim lalu.Finalis Liga Champions, Spurs, malah sudah kalah delapan kali dari 15 laga terakhir mereka di liga, sama dengan Burnley dan Brighton. Jika Bournemouth kalah tujuh kali, Manchester United dan West Ham enam kali, Crystal Palace lima kali dan tim promosi Sheffield United dua kali (salah satunya di divisi Championship). Everton dan Chelsea sama-sama kalah tiga kali dalam kurun waktu yang sama.

Chelsea vs Sheffield Utd: kapan, di mana, kabar tim

Kick-off: 21.00 WIBWasit: Stuart AttwellVAR: Tim RobinsonSkorsing: Chelsea – tidak ada; Sheffield Utd – tidak adaCedera: Chelsea – Hudson-Odoi, James, Kante, Loftus-Cheek, Pedro, Rudiger; Sheffield Utd –Bryan, Fleck