Kami akhirnya bertandang keluar dari ibu kota untuk pertama kalinya di Premier League musim ini, sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton telah menyiapkan previewnya untuk laga sabtu ini..

Dua dari lima rekor 100% di Premier League yang tersisa dipertaruhkan di Anfield ketika The Blues menghadapi The Reds akhir pekan ini. Kedua klub memiliki rekor identik sejauh musim ini, keduanya menang 3-0 dan 2-0 di laga pembuka, berada di urutan kedua dan ketiga berdasarkan urutan abjad. Tetapi untuk kemenangan West Ham, Chelsea akan mengakhiri pekan Premier League di pucuk klasemen untuk pertama kalinya sejak September 2018.

Ini akan menjadi penampilan ke-91 kami di Anfield – lebih banyak dari pertandingan tandang mana pun dalam sejarah kami. Satu-satunya pertemuan kami sebelumnya pada tanggal yang sama seperti sabtu ini adalah pada tahun 1937 di Stamford Bridge, dan itu adalah pertemuan spesial bagi Chelsea saat Liverpool dikalahkan 6-1, dengan George Mills mencetak hat-trick. Kemenangan tersebut tetap menjadi margin kemenangan terbesar Chelsea atas Merseysiders.

Berita tim

Pertandingan tandang berturut-turut melawan tim dengan label ‘Big Six’ bisa menjadi berkah sekaligus kutukan: menaruh laga yang rumit di awal serta menyelesaikannya kemudian setelahnya tantangan jauh lebih mudah menuju gelar juara. Tidak ada pelatih yang sukses membuka kampanye liga dengan tiga kemenangan tanpa kebobolan sejak Carlo Ancelotti pada 2010/11. Namun clean sheet ke-13 Chelsea di tahun kalender ini, yang diraih melawan Arsenal pekan lalu, menjadi penguat bahwa pertahanan The Blues, siapa pun personilnya, dapat meredam serangan lawan. Kiper Terbaik UEFA, Edouard Mendy sejauh ini telah menghadapi 10 tembakan (empat tepat sasaran), lebih sedikit dari tim mana pun, tetapi ujian besar pertama di liga bisa terjadi di Merseyside kali ini. Pelatih Pria Terbaik UEFA, Thomas Tuchel kerap kali mengubah susunan pemainnya untuk melawan ancaman tertentu. Trent Alexander-Arnold yang merupakan pemain penting bagi area sayap serangan tuan rumah, Tuchel mungkin akan memberikan starter pertamanya kepada Ben Chilwell dengan harapan mampu meredam rekan setimnya tersebut di timnas, dengan Reece James di sayap yang berlawanan.

Setelah golnya di Emirates, satu-satunya gol James di liga bersama Blues, datang dalam laga tandang pertama musim berturut-turut. Selebrasinya yang bergelora, seperti yang dilakukan oleh Trevoh Chalobah dan Romelu Lukaku, membuktikan bahwa cinta seorang pemain untuk The Blues bisa sedalam penggemar Chelsea mana pun. Lukaku sendiri menghasilkan kinerja epik pada debut keduanya di Chelsea, perpaduan kecerdasan, kekuatan yang luar biasa, dan kehadirannya di depan. Mason Mount dan Kai Havertz mengambil peran inside-forward di belakang Lukaku, dan banyak melakukan suplai bola untuk mengeluarkan kemampuan striker Belgia itu di babak pertama vs Arsenal. Itulah ancaman yang bisa ditawarkan Lukaku yang mampu menarik lawan ke arahnya dan memaksa keluar lawan dari posisi yang ditentukan. Dengan Virgil van Dijk kemungkinan akan berduel dengan nomor sembilan The Blues, mungkin menarik untuk melihat penyerang Jerman kami didorong sebagai duet striker kali ini.

Seperti Arsenal, Liverpool sendiri punya tujuan melakukan pressing untuk memenangkan bola dari tim yang memainkan bola dari belakang. Akhir pekan lalu The Blues sukses mematahkan pressing The Gunners dengan mudah tetapi pendekatan yang lebih pragmatis mungkin diperlukan melawan tiga pemain depan The Reds. Bagaimanapun, Gelandang Terbaik UEFA N'Golo Kante harus pulih sepenuhnya untuk menjadi starter di jantung lini tengah Chelsea bersama Jorginho. Sejauh ini Chelsea telah menunjukkan pendekatan permainan yang cukup mengesankan – ini menjadi bukti bahwa skema yang dikembangkan di tempat latihan sudah bekerja di lapangan. Umpan menyilang dan saling mempengaruhi di lini sayap, diikuti dengan switch play di saya yang cerdas, dapat meregangkan pertahanan lawan mana pun, menciptakan celah di barisan belakang mereka. Salah satu dari sedikit kelemahan Liverpool adalah celah dan ruang kosong saat full-back mereka naik untuk membantu serangan.

Reds yang Bangkit

Jurgen Klopp pasti sangat lega karena rentetan cedera panjang yang melanda timnya musim lalu tampaknya telah berakhir. Dia bisa menyambut kembali Alex Oxlade-Chamberlain, Joel Matip, Joe Gomez dan Virgil van Dijk ke skuadnya kali ini. Kembalinya Van Dijk ke jantung pertahanannya pasti menjadi target utama pelatih untuk musim 2021/22 – terutama karena bek asal Belanda itu tidak pernah kalah dalam pertandingan liga di Anfield.

Kecepatan dan antisipasinya membantu The Reds menjalankan lini pertahanan yang sangat tinggi, memungkinkan lini tengah untuk menyokong di belakang tiga penyerang dinamis yang menekan lawan tanpa henti seperti pada musim 2019/20 silam. Agar sistem tersebut berfungsi lancar, skema Liverpool ini juga membutuhkan duet bek tengah dengan kualitas yang sama dengan bek tengah Belanda mereka, dan Klopp kerap memilih Matip, dengan Gomez masuk sebagai pemain pengganti melawan Burnley di pos bek kiri. . Bek kiri energik Andy Robertson, yang sangat penting dalam serangan tim Merseyside, tampaknya telah pulih dari cedera ligamen pergelangan kaki, dan ini membuat Kostantinos Tsimikas akan diparkir sementara. Jordan Henderson dan Naby Keita akan menjadi duet di lini tengah. Dengan absennya Fabinho, Harvey Elliott mengisi lubang yang ditinggalkan hengkang oleh Georgino Wijnaldum saat melawan Burnley.

Di lini depan atas, Klopp mungkin tetap percaya dengan tiga starter andalan mereka – Sadio Mane, Mo Salah, dan Diogo Jota – yang kini lebih dipercaya ketimbang Roberto Firmino yang kurang produktif. Chelsea tidak akan luput dari perhatian bahwa terlepas dari dua clean sheet yang diperolehnya dengan susah payah musim ini, kiper Alisson hampir saja kebobolan oleh Burnley.

Kemenangan Besar Blues

Dengan tujuh kemenangan di Anfield sejak 1992, Chelsea memiliki tingkat kemenangan yang lebih baik di kandang Liverpool daripada tim Premier League lainnya kecuali Manchester United (12). Di antaranya adalah kemenangan 1-0 musim lalu yang diraih dengan gol Mason Mount. Aksi luar biasa Timo Werner, dianulir karena offside.

Tuchel sendiri punya rekor luar biasa melawan pelatih top di sepak bola Inggris termasuk Jurgen Klopp. Pelatih Jerman kami itu sukses memperdayai rekan senegaranya dalam dua pertemuan terakhir mereka.

Chelsea sendiri sukses meredam Arsenal akhir pekan lalu. Dengan mencetak dua gol tanpa balas, The Blues memberikan start terburuk bagi tim London utara itu dalam sejarah mereka. Belum pernah The Gunners memulai musim liga tanpa mencatat satu poin atau gol dari dua pertandingan pembukaan mereka sebelumnya.

Jorginho (Pemenang Pemain Terbaik Tahun Ini), Thomas Tuchel (pelatih), N’Golo Kante (gelandang), dan Edouard Mendy (kiper) semuanya mendapat penghargaan pada upacara yang sama di Turki. Sejak konsep tersebut pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997, Petr Cech, Didier Drogba (keduanya pada tahun 2012) dan Eden Hazard (tiga kali) adalah satu-satunya nominasi The Blues sebelumnya.

Gol tandang tidak lagi berlaku di Eropa

Anthony Taylor, wasit pertandingan di Anfield, adalah bagian dari sejarah yang dibuat di Ukraina pada hari Rabu. Monaco menjadi korban besar pertama dari pengabaian aturan gol tandang oleh UEFA, yang sebelumnya digunakan untuk menyelesaikan pertandingan dua leg yang berakhir imbang di akhir waktu normal. Taylor memimpin play-off Liga Champions di mana gol bunuh diri yang aneh pada menit ke-114 oleh Ruben Aguilar membawa Shakhtar ke babak penyisihan grup. Sebelumnya, tuan rumah telah membuat skor 1-2, agregat 2-2, mengarah ke perpanjangan waktu dan pemenang beruntung mereka. Dengan peraturan lama, dua pemain Monaco pada malam di Kyiv akan melihat mereka lolos setelah 90 menit.

Kebetulan, Chelsea memiliki rekor 100 persen melawan Liverpool dengan Taylor menjadi wasit.

Klub dan negara

Rangkaian pertandingan internasional pertama setelah putaran pertandingan liga ini berarti September akan dimulai dengan akhir pekan kosong untuk sepak bola papan atas.

Selama musim ini akan ada total lima jeda FIFA: 31 Agustus-8 Sep, 5-14 Okt, 9-18 Nov, 24 Jan-1 Feb, dan 22-30 Mar, ditambah Piala Afrika dari 9 Januari hingga 6 Februari.

Penutupan bursa

Transaksi transfer untuk paruh pertama musim ini harus diselesaikan pada pukul 11 ​​malam waktu Inggris pada hari Selasa, dengan pasar liga Eropa lainnya tutup pada hari yang sama.

Liga Wanita kembali

WSL dimulai kembali akhir pekan depan selama jeda internasional putra dan tim putri Emma Hayes akan membuka upaya mempertahankan gelar dengan derby London di Arsenal pada Minggu 5 September.

Piala FA Wanita yang tertunda Covid juga kembali. Pertandingan perempat final Chelsea di Birmingham City kini telah dikonfirmasi untuk Rabu 29 September di St Andrew's. Final ditetapkan pada Minggu 5 Desember di Wembley.

Premier League fixtures

SaturdayMan City v Arsenal 12.30pm (BT Sport)Aston Villa v Brentford 3pmBrighton v Everton 3pmNewcastle v Southampton 3pmNorwich v Leicester 3pmWest Ham v Crystal Palace 3pmLiverpool v Chelsea 5.30pm (Sky Sports)

SundayBurnley v Leeds 2pm (Sky Sports)Tottenham v Watford 2pmWolves v Man Utd 4.30pm (Sky Sports)