Ini adalah yang pertama dari dua pertandingan tandang liga di North-West dalam waktu empat hari ke depan. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton fokus ke Old Trafford kali ini…

Untuk salah satu pertandingan ikonik sepak bola, Chelsea yang berada di posisi ketiga akan menghadapi Manchester United, yang berada di urutan keenam, di Old Trafford. Sebagian besar laga kami di musim antara 2004 dan 2013 ini adalah penentu gelar tetapi laga malam ini, sayangnya, jauh dari status itu.

Pertandingan malam ini, pertandingan ke-57 Chelsea di musim ini dan pertandingan ke-46 Man United, dimajukan karena partisipasi kami di final Piala FA. Laga di hari Kamis malam menjadikan Setan Merah tim Premier League pertama yang dihadapi The Blues pada masing-masing dari tujuh hari dalam seminggu.

Sejak kemenangan 3-1 Chelsea di semifinal Piala FA di Wembley pada tahun 2020, kedua tim telah imbang tiga kali berturut-turut di Premier League, dua di antaranya 0-0. Kemenangan malam ini akan memastikan tim London itu finis di atas Mancunians di klasemen untuk pertama kalinya sejak 2018/19, ketika pertandingan ini, yang dimainkan pada tanggal yang sama, berakhir 1-1.

The Blues belum pernah mengamankan tiga poin di Manchester ini dalam delapan laga, dengan hasil lima kali seri. Rata-rata 1,82 poin per pertandingan kandang saat ini adalah yang terburuk bagi Man United sepanjang era Premier League di semua kecuali tiga musim.

Tim Tuchel lebih baik 10 poin dari pada tahap yang sama musim lalu. Kemenangan malam ini akan membuka jarak delapan poin dari Arsenal di urutan keempat dan menutup pintu ke Liga Champions musim depan untuk klub Old Trafford.

Berita tim Chelsea

'Kami datang untuk menang,' Thomas Tuchel mengatakan kepada wartawan kemarin, target yang belum tercapai Chelsea di Old Trafford sejak gol Juan Mata untuk kemenangan kami pada 2013 lalu. The Blues berada dalam kondisi yang baik dalam laga tandang, mencetak dua gol atau lebih di masing-masing pertandingan dari tiga pertandingan tandang terakhir.

Ini akan menjadi pengalaman pertama pelatih Jerman kami di stadion Man United bersama Chelsea, tetapi ia memiliki rekor 100% di sana bersama klub sebelumnya PSG. Timnya juga tiba di North-West dengan kemenangan penting melawan West Ham di Bridge dan performa babak kedua yang meningkat.

Tiga pergantian pemain di babak kedua sangat membantu: pahlawan pertandingan Christian Pulisic (yang cetak gol kelima di papan atas musim ini), Hakim Ziyech, dan Romelu Lukaku yang sukses memberikan penalti bagi tim meski Jorginho gagal mengonversikannya.

Toni Rudiger dan Reece James kembali ke skuad. Trevoh Chalobah, yang mencatat 96% akurasi passing melawan The Hammers, mungkin mempertahankan peran bek tengah bagian kanan. Ruben Loftus-Cheek bisa kembali dari bek sayap ke peran lini tengah karena Mateo Kovacic masih absen.

Tokoh kunci lainnya bisa menjadi pemain sayap kami, terutama jika Pulisic menjadi starter. Mason Mount telah mencetak lima gol dan lima asis dari 14 penampilan tandang di ajang Premier League musim ini, sementara Timo Werner telah mencetak dua gol dan membuat dua assist dalam dua pertandingan terakhirnya di kandang lawan.

Opsi Rangnick yang berkurangns

Pelatih interim Man United Ralf Rangnick berada dalam posisi yang tidak biasa karena penggantinya sudah diumumkan. Dengan Erik ten Hag mengambil alih musim panas ini, Rangnick menelan tiga kekalahan dalam empat pertandingan liga dan serangkaian cedera dengan berupaya menambahkan empat pemain akademi ke skuadnya.

Setelah satu-satunya kemenangan dalam periode itu, melawan Norwich, pelatih asal Jerman itu mengatakan dia telah mendesak para pemainnya untuk lebih fisik dan agresif, 'tapi kami tidak melakukannya, dan itu terlalu mudah hilang'. Seperti Chelsea, Man United terlalu mudah memberi lawan gol melalui kesalahan individu, tetapi juga dengan tidak berupaya meredam bahaya, terutama pada umpan silang dari area yang melebar.

Mereka juga kehabisan pilihan pilihan. Selain Mason Greenwood yang diskors, MU juga tidak akan diperkuat bek Harry Maguire dan Luke Shaw, gelandang Fred dan Paul Pogba, ditambah penyerang Edinson Cavani dan Jadon Sancho. Bek kanan Aaron Wan-Bissaka juga diragukan. Scott McTominay, bagaimanapun, kembali ke lini tengah saat vs Arsenal bisa menjadi jangkar lini tengah antara Bruno Fernandes dan Jesse Lingard.

Meskipun Fernandes (memainkan peran yang hampir bebas), gagal menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti, Cristiano Ronaldo mencetak golnya yang ke-100 di ajang premier Leagua. Pemain berusia 37 tahun itu telah mencetak hat-trick di masing-masing dari dua pertandingan kandang terakhirnya di Premier League sejauh ini.

Hanya enam dari gol papan atas Mancunians yang datang dari sundulan (Chelsea memiliki 11) dan hanya tiga tim yang mencetak lebih sedikit dari set-play musim ini: Tottenham, Watford dan Norwich. Pada saat yang sama, United telah kebobolan setidaknya satu gol dalam 13 dari 17 pertandingan kandang mereka dan kalah empat dari enam laga di mana mereka tertinggal lebih dahulu.

Perebutan jatah empat besar

Kemenangan Chelsea di akhir pekan hampir memadamkan harapan West Ham untuk lolos ke Liga Champions melalui posisi klasemen empat besar. Poin yang hilang dari Manchester United dan Tottenham juga memberi dorongan dan kesempatan kepada Arsenal untuk naik posisi.

Hasil apapun dari derby London utara dalam waktu dua pekan ke depan akan meninggalkan salah satu tim dengan maksimal 72 poin yang tersisa, sehingga The Blues (membanggakan selisih gol yang jauh lebih unggul) secara efektif membutuhkan 10 poin lagi dari 18 poin yang tersedia untuk menyegel posisi ketiga, dan cukup tujuh poin untuk berada di empat besar.