Chelsea akan bertandang ke pelabuhan favorit, Southampton, Sabtu ini. Membuka akhir pekan ini dengan kemenangan akan menempatkan The Blues satu poin di belakang tim urutan ketiga Leicester, yang bertandang ke Aston Villa pada hari Minggu mendatang.

Dengan pertandingan Liga Champions kembali pada hari Selasa, pelatih kepala Thomas Tuchel bersemangat untuk membangun awal yang sangat menjanjikan untuk masa jabatannya di Stamford Bridge. Sejauh ini, ia telah memperoleh 13 poin dari lima pertandingan pertamanya di Premier League, sebuah catatan yang bagus dan hanya kalah dari Carlo Ancelotti dan Maurizio Sarri, yang mengklaim poin penuh, 15 poin dari lima laga.

Skuat Saints tercatat kalah dalam enam pertandingan terakhir mereka di liga dan kami mempunyai rekor lima kemenangan di liga berturut-turut di St Mary's adalah catatan terbaik dari tim tamu manapun dalam sejarah Southampton. Tetapi tidak ada ruang untuk berpuas diri karena masih banyak klub yang harus dihadapi menuju sepertiga akhir kampanye liga musim ini.

Berita Tim Chelsea

Manajemen pemain dari Thomas Tuchel menjadi yang terdepan selama satu bulan pertamanya di Stamford Bridge. Pelatih baru kami ini mengembalikan beberapa pemain yang kurang terlibat sebelumnya seperti Marcos Alonso, Toni Rudiger dan Andreas Christensen untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya di lapangan; demikian pula duet lini tengah Jorginho dan Mateo Kovacic.

Setelah sang pelatih mengatakan: 'kami membutuhkan ketangguhan Kepa di dalam skuad kami' ketika Arrizabalaga menjaga clean sheet di Barnsley di ajang piala domestik, pelatih asal Jerman tersebut punya kepercayaan untuk memilih sang kiper di kunjungan ke Newcastle, dan memungkinkan Edou Mendy untuk beristirahat dan mengisi ulang tenaganya.

Terlepas dari clean sheet pertama kiper Spanyol itu sejak vs Norwich pada bulan Juli silam, Mendy akan kembali bermain akhir pekan ini, Tuchel menegaskan, 'Dia adalah yang nomor satu.' Ide dari semua ini adalah untuk memotivasi setiap anggota skuad dengan melihat kualitas pemain yang mungkin menggantikannya.

Kami juga telah menyaksikan analisis taktis rinci Tuchel dan mungkin ada risiko yang diperhitungkan dalam setiap pemain yang dipilih saat menghadapi lawan tertentu. Permainan menekan Saints yang sangat efektif bisa menjadi ujian terberat bagi timnya, terutama di lini tengah, di mana kita mungkin melihat starter pertama N'Golo Kante pada ajang liga di bawah pelatih baru.

Pelatih kepala kami juga masih memiliki kekhawatiran mengenai kurangnya presisi dalam operan dan sentuhan di sepertiga akhir, momen yang dapat meningkatkan peluang mencetak gol yang jelas. Dia ingin The Blues lebih 'mematikan' di area lawan.

Di samping peningkatan statistik yang telah ia amati - terutama rata-rata kebobolan gol yang turun drastis dari angka 1,2 per laga menjadi 0,2 per laga - Tuchel ingin mengangkat 1,4 tendangan sukses per game saat ini ke angka 1,7 setelah kedatangannya.

Namun itu bisa saja menjadi lebih sulit dengan cedera pergelangan kaki yang diderita oleh Tammy Abraham dari tekel Jamaal Lascelles yang seharusnya dihadiahkan penalti saat itu. Untungnya, dua striker kami yang lain bisa terlibat..

Timo Werner, yang kini bermain dalam peran striker kiri-dalam, memiliki andil besar dalam gol pembuka Olivier Giroud kemudian mencetak golnya sendiri untuk pertama kalinya di liga sejak November silam. Werner mencetak dua gol di pertandingan sebelumnya.

Laga di St Mary direncanakan jadi waktu kembalinya Thiago Silva dari cedera dan jika bek tengah itu kembali, akan menarik untuk melihat siapa yang akan menjadi starter, dengan Andreas Christensen tampil mengesankan sebagai penggantinya, dan pertandingan Atletico di Rumania yang akan datang pada hari Selasa. Selain itu, kembali berlatih juga dengan pemain Brasil itu adalah Kai Havertz, yang sebelumnya tidak tampil selama empat pertandingan.

The Saints Mencoba Bangkit

Saat Natal, pemain Southampton yaitu Oriol Romeu, Jan Bednarek, dan James Ward-Prowse menempati tiga dari empat tempat teratas untuk pemain terbanyak yang memenangkan bola dari lawan. Namun catatan itu telah menurun, seperti halnya tekanan yang sempat mendorong Saints ke puncak liga pada awal November.

Selain pemain pinjaman Minamino yang mungkin masuk menggantikan Theo Walcott  yang cedera dan Nathan Redmond yang starter ketimbang Che Adams, ini kemungkinan susunan pemain yang sama saat berlaga di kandang melawan Wolves untuk kekalahan lainnya.

Pendekatan energik mereka bisa menguras tenaga, dan ini merupakan musim yang sangat padat. Setelah mengalahkan Wolves di Piala FA beberapa hari sebelumnya, tim asuhan Ralph Hasenhuttl tampak lelah pikiran dan tubuh di paruh kedua pertemuan liga akhir pekan lalu.

Cedera telah memainkan peran besar dalam kemerosotan performa Saints. Sang pelatih telah menjajal Kayne Ramsay, Jack Stephens, Yan Valery (sekarang di Birmingham), dan James Ward-Prowse sebagai bek kanan dalam ketidakhadiran Walker-Peters, tetapi tampaknya tidak yakin oleh salah satu dari mereka.

Ini bisa menjadi zona pertempuran yang menentukan, dimana Timo Werner dapat bertukar posisi dengan Marcos Alonso (atau Ben Chilwell) untuk menghindari dan membuka lini pertahanan lawan, seperti yang terjadi saat melawan Newcastle.

Tim asal Hampshire tersebut memainkan jebakan offside yang telah menjerat lawan lebih banyak daripada pertahanan manapun kecuali Liverpool dan Fulham, namun tidak ada tim yang terjebak offside paling banyak musim ini selain kubu the Saints, dengan Danny Ings dan Che Adams sebagai pelanggar utama.

Statistik 'expected goal conceded' musim ini menunjukkan bahwa kiper Alex McCarthy tidak beruntung atau seharusnya lebih banyak menyelamatkan tembakan yang dihadapinya. Selain itu kubu the Saints hanya mencetak lima gol dalam sepuluh pertandingan terakhir mereka dibandingkan dengan 22 gol dalam sepuluh pertandingan sebelumnya.

Chelsea di South Coast

Pantai selatan Inggris telah memberikan banyak perjalanan yang menyenangkan untuk Chelsea selama bertahun-tahun. The Blues telah memenangkan tiga dari empat pertandingan di Brighton, memenangkan tiga dari lima laga di Bournemouth (meskipun tidak satupun dari dua yang terakhir), sebelas kemenangan dari 30 laga di Portsmouth, dan 18 kemenangan dari 35 di kandang tetangga mereka, Southampton.