The Blues kembali ke kota untuk pertandingan liga kandang kedua kami musim ini, dan di sini sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton fokus pada The Foxes...

Hari Sabtu awal pukul tiga sore dalam lanjutan kampanye liga Chelsea bakal menjamu kembali pengunjung kedua terakhir musim lalu, Leicester City, di Stamford Bridge. Kedua kubu tampil mengecewakan akhir pekan lalu dan akan termotivasi untuk menebus penampilan mengecewakan sebelumnya.

Ada dua kesalahan besar The Blues dalam pertandingan ini musim lalu, penonton yang terkena sanksi, dan kekalahan terakhir di final Piala FA, berkontribusi pada permainan yang buruk. Untuk keempat kalinya dari 12 kunjungan the Foxes, skor akhir adalah 1-1, meskipun The Blues sebenarnya meraih dua kemenangan dan seri sekali dari tiga pertemuan liga terakhir kami dengan tim Brendan Rodgers.


Secara keseluruhan, The East Midlanders hanya mencatat satu clean sheet dalam 27 pertandingan tandang terakhirnya, sementara Rodgers sendiri telah menghadapi mantan klubnya 20 kali, lebih banyak dari lawan lainnya, tetapi hanya merasakan dua kemenangan.

Dengan pertandingan liga lainnya untuk Chelsea pada hari Selasa, dan lawan di kompetisi gugur baik di dalam dan luar negeri telah terkonfirmasi, momentum musim ini terasa semakin cepat.


Kabar dari tim

Ada dua kehilangan besar bagi Chelsea pada hari Sabtu. Thomas Tuchel harus menjalani larangan pendampingan tim yang tertunda dan kartu kuning kedua Kalidou Koulibaly ketika hasil buruk di Leeds yang membuat bek tengah Senegal itu absen untuk satu pertandingan. Rapuhnya pertahanan menjadi pukulan telak bagi The Blues, yang kebobolan dua kali lebih banyak gol (34) selama paruh kedua dari 60 pertandingan liga yang dipimpin pelatih asal Jerman itu dibandingkan 30 pertandingan pertama (17).

Tentu saja Tuchel masih dapat meramu racikan tim, dan dapat menugaskan Trevoh Chalobah sebagai bek tengah kanan guna melawan area terkuat Leicester yang bermasalah, memungkinkan Reece James untuk kembali sebagai bek sayap. Ada juga kabar baik di lini tengah, di mana Mateo Kovacic sudah siap kembali, meski N’Golo Kante belum fit menghadapi mantan klubnya. Kembalinya Kova bisa mengorbankan Ruben Loftus-Cheek atau Conor Gallagher.


Kembalinya Rodgers

Brendan Rodgers, seorang manajer tim muda yang sukses di Cobham, dalam permenungannya di sela-selanya sebagai pelatih Leicester saat menunggu tiga poin pertama mereka musim ini. Pria asal Irlandia Utara itu mengakui starting XI regulernya dalam beberapa musim membutuhkan penyegaran, tetapi pemain baru tak kunjung datang. Sebaliknya, kiper lama Kasper Schmeichel telah pergi dan bek kunci Wesley Fofana berlatih dengan tim U-23.

Dalam kondisi terbaiknya, tim Rodgers telah melakukan operan bola yang cepat dan progresif, dengan permainan menyerang yang tajam di lini tengah dan di sayap, dan ketegasan di depan. Di kandang Southampton akhir pekan lalu, The Foxes memulai dengan penguasaan bola yang lancar, tetapi tidak menciptakan peluang di luar set-play James Maddison yang membuka skor – gol keenam dalam tujuh pertandingan untuk gelandang berkinerja tinggi, yang diragukan tampil pada hari Sabtu.


Begitu di depan, pihaknya tidak menekan lagi, melainkan menurunkan tempo. Begitu Saints bangkit, pertahanan yang ragu-ragu membuat Che Adam bisa mencetak hat-trick dan banyak penggemar kehilangan kepercayaan, tak lagi bergairah, dan pulang lebih awal. Mereka tampak lesu dan kurang berani dalam menguasai bola, terutama dari empat bek, meskipun Maddison dan Harvey Barnes tetap menjadi ancaman serius.

Tidak seperti Chelsea, The Foxes baru saja menghadapi perjalanan tengah pekan di Carabao Cup, menghadapi tim League Two. Dengan 10 perubahan pada susunan pemain (Barnes tetap pada posisinya), mereka menguasai penguasaan bola tetapi tidak cakap dari segi xG, tim kontestan Liga Europa itu lolos setelah adu penalti.

Lima pergantian yang menghidupi

Perubahan aturan memungkinkan pelatih Liga Primer untuk membuat lima pergantian pemain dalam pertandingan musim ini dan Thomas Tuchel telah menjalankan aturan itu, menggunakan 13 dari kemungkinan 15. Hanya manajer Manchester United Eric ten Hag yang telah menerapkan kuota penuh sejauh ini, sementara itu bos Leicester Brendan Rodgers hanya membuat tujuh penggantian dalam tiga pertandingan.

Terbanyak/sedikit pemain pengganti yang digunakan di Premier League

15 Man Utd
14 Brentford, Crystal Palace
13 Chelsea, Leeds

10 Bournemouth, Brighton, Fulham
9 Everton, Nottingham Forest, Wolves
7 Leicester

Belanja di era baru

Jendela transfer pertama era Boehly/Clearlake di Stamford Bridge akan ditutup pada pukul 11 ​​malam pada hari Kamis, dengan jual-beli pemain lagi diizinkan dalam waktu empat bulan kedepan. Pemilik baru telah menjelaskan bahwa mereka siap untuk melakukan investasi besar-besaran seperti para rival, dan lebih banyak penandatanganan mungkin terjadi sebelum malam 1 September.


Setelah klub pertama kali mengubah kepemilikan pada April 1982 (seharga £1), pembukaan awal akuisisi ketua direksi baru Ken Bates dengan David Speedie dari Darlington seharga £70.000, diikuti oleh penyerang veteran Bryan 'Pop' Robson, kemudian Tony McAndrew dan Joey Jones. Skuad tersebut membuat kami menempati peringkat terendah di klasemen liga: peringkat ke-18 di Divisi Dua.

Pengambilalihan pada musim panas 2003 oleh Roman Abramovich memicu salah satu pembelian paling luar biasa yang pernah ada: Glen Johnson seharga £6 juta, Geremi £6,9 juta, Damien Duff £17 juta, Wayne Bridge £7m, Juan Veron £15m, Joe Cole £6m, Adrian Mutu £15,8 m, Alexey Smertin £3,2 juta, Hernan Crespo £16,8 juta, Claude Makelele £13,8, dan Neil Sullivan (gratis). Perombakan inspirasional itu membuat The Blues finis di posisi kedua.


Paket perjalanan Carabao Cup

Undian babak ketiga Piala Liga edisi ke-63 mempertemukan runner-up musim lalu Chelsea dengan lawan baru-baru ini di final, dan bekas klub Raheem Sterling, Manchester City. Salah satu dari pasangan termasyhur telah bertanding di masing-masing dari lima final terakhir dan pada 2019 keduanya terlibat, The Citizens meraih trofi setelah menang adu penalti.

Pembuka kompetisi bakal hadir pada saat yang menarik di musim ini: beberapa hari sebelum jeda enam minggu Liga Primer untuk Piala Dunia. Kedatangan Chelsea berarti ketiga tim papan atas London barat akan mengunjungi Etihad selama delapan hari atau lebih.

Langkah awal menuju Istanbul

Undian hari Kamis mempertemukan perempat-finalis tahun lalu Chelsea dengan satu lawan Liga Champions yang sudah tidak asing lagi, AC Milan, satu musuh baru-baru ini, Red Bull Salzburg, dan penantang baru Dinamo Zagreb. Grup E adalah salah satu grup yang menguntungkan: jalan menambah gelar dari dua koleksi trofi kompetisi elite Eropa dimulai dengan hasil undian di babak penyisihan grup.


Kilau trah James

Seiring pemanggilan Lauren James ke Lionesses untuk kualifikasi Eropa mendatang, ia dan saudara kandungnya yang memiliki 13 penampilan, Reece, bakal menjadi saudara laki-laki dan perempuan pertama yang mewakili Inggris di level internasional senior.

Jadwal pertandingan pekan ke-4 Premier League


Sabtu

Southampton v Man Utd 12.30pm (BT Sport)
Brentford v Everton 3pm
Brighton v Leeds 3pm
Chelsea v Leicester 3pm
Liverpool v Bournemouth 3pm
Man City v Crystal Palace 3pm
Arsenal v Fulham 5.30pm (Sky Sports)

Minggu

Aston Villa v West Ham 2pm
Wolves v Newcastle 2pm (Sky Sports)
Nottingham Forest v Tottenham 4.30pm (Sky Sports)