Kampanye laga kandang dimulai dengan derbi London yang menggairahkan dan peluang meraih keuntungan di awal. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton bersiap menyambut Tottenham di SW6...

Untuk pertama kalinya sejak 1958/59, Chelsea bertemu Tottenham di Stamford Bridge dalam pertandingan liga kandang pertama musim ini. Ini juga merupakan pembuka musim di Bridge bagi pemilik baru dan pertarungan all-London pertama kami musim ini.

Sejak kalah berturut-turut di Liga Primer melawan Spurs pada tahun 2018, Chelsea tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan melawan rival London kami (Menang 6, Imbang 1), hanya kebobolan satu gol dalam periode itu.

Tottenham Hotspur hanya memenangkan satu dari 37 pertandingan tandang terakhir mereka melawan Chelsea di semua kompetisi (Imbang 12, Kalah 24), kemenangan 3-1 pada April 2018 di Premier League.

Kabar tim

Pernyataan pasca-laga Thomas Tuchel tentang 'kemenangan adalah kemenangan' mengungkapkan bahwa dia tidak sepenuhnya senang dengan penampilan di Everton. Namun keberhasilan di hari pembukaan di tempat yang sulit akan meningkatkan moral dan menunjukkan jalan.

Kemenangan pertama di Goodison sejak musim terakhir kami juara, 2016/17 bukanlah awal yang sensasional bagi tim, terutama di lini depan, tetapi ada debut yang mengesankan dari rekrutan besar Raheem Sterling (dalam peran penyerang tengah) dan Kali Koulibaly, dan kemudian Marc Cucurella yang dinamis. Penampilan cameo cemerlang juga, dari pemain muda yang kembali, Conor Gallagher dan Armando Broja, saat Thomas Tuchel menikmati kemewahan musim ini dengan lima pemain pengganti.


Clean sheet Edou Mendy, yang diperoleh dengan tip-over yang sangat tajam dari sundulan James Tarkowski, menunjukkan 47 persen dari penampilannya di liga untuk the Blues adalah tanpa gol. Catatan nirbobol berikutnya dalam kompetisi apa pun akan menjadi yang ke-50.

Kekhawatiran staf pelatih adalah kurangnya peluang yang jelas dari penguasaan bola yang nyaman. The Blues dihadiahi 16 tendangan sudut, tetapi gagal membuahkan hasil. Pelanggaran Abdoulaye Doucoure terhadap Ben Chilwell untuk penalti penentu Jorginho hanya terjadi karena umpan indah, seperti Cesc Fabregas, dari Koulibaly.

Tuan rumah, harus dikatakan, kehilangan beberapa ketajaman di beberapa kesempatan saat pertandingan berlangsung. Chelsea telah memenangkan tiga dari empat kunjungan terakhir Tottenham, kebobolan sekali, tetapi tim Conte berada di tempat yang sama sekali berbeda dengan The Toffees.


Dibutuhkan penampilan yang lebih baik untuk menahan tantangan the Cockerels, tetapi kami biasanya menemukan cara – musim lalu melawan Spurs the Blues menjadi tim papan atas pertama selama 42 tahun yang mengalahkan lawan yang sama empat kali dalam satu musim tanpa kebobolan.

Tiga kali beruntun pada hari pembukaan

2022/23 M 1-0 Everton t
2021/22 M 3-0 C Palace k
2020/21 M 3-1 Brighton t

Ayam Jantan Conte

Sesi-sesi melelahkan yang dilakukan Antonio Conte kepada para pemainnya di pra-musim tampaknya telah membuahkan hasil saat timnya mengalahkan Southampton 4-1 Sabtu lalu. Spurs akan menghadapi ujian yang lebih berat: Southampton memimpin di London utara tetapi memudar di bawah tekanan dan gagal memanfaatkan celah di area yang luas.

Pemakaian skema 5-4-1 tanpa bola, 3-4-3 dalam penguasaan, Tottenham mengolah bola ke depan dengan cepat dan dengan keterusterangan, bola-bola panjang ditujukan ke bek sayap depan mereka atau tiga pemain depan yang kuat, di mana Dejan Kulusevski telah menimbang dengan gol dan asis bersama Son Heung-min dan Harry Kane.


Salah satu kelemahan Spurs musim lalu, lini tengah, telah ditopang oleh perekrutan Yves Bissouma dari Brighton, dan opsi bek sayap mereka di sisi kiri diperkuat dengan kedatangan pemain veteran Ivan Perisic dari Inter. Keduanya datang dari bangku cadangan akhir pekan lalu tetapi bisa menjadi starter di Bridge, sementara mantan pemain depan Everton Richarlison, diskors melawan Saints, mungkin melakukan debutnya di SW6.

Cahaya utama London

Ini adalah bentrokan tim ibu kota pertama Chelsea musim ini. The Blues, yang musim lalu menjadi klub London pertama yang meraih 600 kemenangan Liga Primer, juga menempati posisi teratas di Smoke untuk musim keempat berturut-turut. Itu telah terjadi dalam 15 dari 17 kampanye terakhir, dan 25 kali sejak 1907/08.

Kembalinya Fulham berarti ada tujuh tetangga di papan atas untuk pertama kalinya sejak 1994/95, (ada delapan di 1989/90) yang akan bertanding dalam 42 derbi London secara keseluruhan.

Rekor derbi Chelsea selama era Liga Primer tidak tertandingi: The Blues telah mengeklaim 42 kemenangan derbi lebih banyak dari Tottenham sejak 1992, mengumpulkan 116 poin lebih banyak, dan memimpin 174 dalam selisih gol.

Jorgi menjadi momok di Goodison

Kemenangan Chelsea di Everton mengakhiri kutukan lima tahun di liga, di kandang The Toffees. Sebelum gol kemenangan yang dicetak Jorginho, tim London telah mendapatkan satu poin di sana dari 15 poin sebelumnya yang tersedia. Itu adalah awal yang pasti bagi sang gelandang, yang kini telah mencetak tiga dari lima pertandingan pembuka musim untuk the Blues, termasuk debutnya di tahun 2018. Semuanya dikirim dari tendangan penalti, dan yang terbaru menempatkan dia di atas Eden Hazard dalam daftar raja penalti Liga Primer kami.


Pencetak gol penalti terbanyak di Liga Primer

Frank Lampard - 41 (48 pengambilan)
Jorginho - 18 (21)
Eden Hazard - 17 (19)
Jimmy Floyd Hasselbaink - 12 (12)
Frank Leboeuf - 10 (11)

Permulaan cepat

Aura positif seputar pra-musim Tottenham menemukan energi baru ketika mereka memenangkan pertandingan pembukaan mereka 4-1 untuk memuncaki Liga Primer yang baru dimulai. Di tahun-tahun yang lalu, surat kabar bahkan tidak akan menerbitkan tabel liga sampai setiap klub memainkan setidaknya satu pertandingan kandang dan tandang. Apa pun sebelumnya dianggap prematur dan tidak berarti, tetapi internet telah membuat tabel tersedia di mana-mana.

Ketika mereka terakhir memenangkan liga 61 tahun lalu, Spurs memimpin dari awal hingga akhir. Tidak ada tim yang melakukannya di era Liga Primer, meskipun Chelsea memenangkan gelar kelima dengan memuncaki klasemen pada akhir pekan pertama, tertinggal sebentar di belakang The Lilywhites, kemudian memimpin sejak 30 Agustus untuk rekor 274 hari. Meskipun Liverpool memperpanjang rentang itu pada 2019/20, musim telah diperpanjang karena Covid-19.

Peringkat teratas pekan pertama

2021/22 Manchester Utd (finis di peringkat 6th)
2020/21 Arsenal (8th)
2019/20 Manchester City (2nd)
2018/19 Liverpool (2nd)
2017/18 Manchester Utd (2nd)
2016/17 Manchester Utd (6th)
2015/16 Manchester City (4th)
2014/15 Chelsea (1st)
2013/14 Manchester City (1st)
2012/13 Fulham (12th)

Eks-bos the Blues

Setelah Frank Lampard akhir pekan lalu dan Antonio Conte pada hari Minggu, Chelsea akan menghadapi mantan pelatih kepala dalam pertandingan berturut-turut. Tidak ada klub papan atas yang mengalami hal itu selain the Blues sejak Oktober 2016, ketika Conte mengalahkan Claudio Ranieri dan Leicester (3-0) dan Manchester Utd asuhan Jose Mourinho (4-0) dalam perjalanan ke barat untuk meraih gelar liga keenam.


Lencana emas tetap dikenakan

Menyusul kemenangan Real atas Eintracht Frankfurt pada Rabu, Chelsea tidak lagi menjadi pemegang Piala Super UEFA. Piala Dunia Klub FIFA musim ini, trofi kedua kami musim lalu, belum dijadwalkan. Tanggal regulernya di bulan Desember tidak tersedia karena Piala Dunia, dan slot baru untuk apa yang awalnya disebut sebagai turnamen yang diperluas belum ditemukan. Semua itu berarti The Blues akan mengenakan lencana emas juara dunia untuk sementara waktu.

'Super Sunday' asli Chelsea

Liga Premier diluncurkan pada tahun 1992 bersama-sama dengan pemegang hak TV baru Sky Sports yang layanan berlangganan satelitnya membawa liputan langsung dan razzmatazz ke Minggu sore dan Senin malam. Chelsea tampil di 'Super Sunday' untuk pertama kalinya 30 tahun yang lalu bulan depan, bertandang ke Manchester City pada 20 September 1992.

Saat itu, dua jam pembangunan yang berat dari pukul 14:00 datang langsung dari Maine Road, rumah City saat itu, meskipun kru mayoret, Sky Strikers, dicadangkan untuk Sepak Bola Malam Senin. Pertandingan diputuskan ketika tendangan bebas David Lee memantul dengan baik dari tembok City dan Mick Harford menemukan celah melewati Tony Coton. Striker itu juga mencetak gol pertama Chelsea di Liga Primer pada hari pembukaan.


Pengumpulan bank makanan dimulai kembali

Dengan datangnya musim baru, kebutuhan donasi bank makanan yang kurang disambut dari penggemar kami yang murah hati. Waktu menjadi lebih sulit dari sebelumnya bagi banyak orang dan Chelsea Supporters' Trust akan berkumpul di tempat biasa di bawah spanduk mereka di gerbang Oswald Stoll antara stasiun Fulham Broadway dan Stamford Bridge dari beberapa jam sebelum kick-off.

Jadwal pertandingan pekan kedua Liga Primer

Sabtu

Aston Villa v Everton 12.30pm (BT Sport)
Arsenal v Leicester 3pm
Brighton v Newcastle 3pm
Man City v Bournemouth 3pm
Southampton v Leeds 3pm
Wolves v Fulham 3pm
Brentford v Man Utd 5.30pm (Sky Sports)

Minggu

Nottingham Forest v West Ham 2pm (Sky Sports)
Chelsea v Tottenham 4.30pm (Sky Sports)

Senin

Liverpool v Crystal Palace 8pm (Sky Sports)