Awal yang dini untuk Liga Champions jelang musim Piala Dunia yang tidak biasa, namun itu tidak mencegah sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton untuk menyajikan preview pertandingan terperinci mereka...

Grup E dimulai untuk Chelsea dengan lawatan ke Dinamo Zagreb, tim berbeda ke-198 yang kami temui di semua kompetisi tetapi yang pertama dari Kroasia. Perempat-finalis musim lalu, The Blues hanya kalah dua kali dalam 15 pertandingan tandang Liga Champions terakhir.

Juara dua kali itu akan membuka kompetisi tahun ini, dengan kick-off laga pukul 17.45 lebih awal di ibukota Kroasia. Itu berarti The Blues juga akan menjadi yang pertama menggunakan teknologi offside semi-otomatis (SAOT) – yang juga kami alami saat diuji cobakan oleh FIFA saat memenangkan Piala Dunia Antarklub musim lalu. Sistem ini menggabungkan pelacakan 29 bagian tubuh dengan penggunaan microchip di bola untuk mengurangi penundaan dan perbedaan keputusan.

Selain jeda internasional bulan ini, Chelsea sekarang berpindah-pindah jadwal antara pertengahan pekan di Liga Champions dan akhir pekan di Liga Primer hingga pertengahan November. Intensitasnya sedemikian rupa sehingga sementara kampanye fase grup the Blues yang biasanya berlangsung selama 86 hari, kali ini hanya akan menjadi 58 hari (meski jeda internasional berkurang jadi satu dibandingkan tiga pada musim lalu).

Tuan rumah Dinamo, sementara itu, telah memainkan enam pertandingan kualifikasi di kompetisi ini tetapi memiliki pemulihan satu hari ekstra saat mereka mengalahkan Rijeka 3-1 di kandang pada hari Jumat (10 pertandingan berturut-turut mereka tanpa clean sheet). Pasukan Thomas Tuchel seharusnya masih dalam tren bagus setelah kemenangan derby yang dramatis tiga hari lalu.


Kabar tim Chelsea


Untuk pertama kalinya sejak Januari 2009 (melawan Stoke City), Chelsea bangkit dari kebobolan gol pertama di babak kedua di kandang untuk memenangkan pertandingan Liga Primer, dan dengan skor yang sama. Mari kita berharap mereka mengemas energi dari kemenangan Sabtu malam atas rival London West Ham dalam pertandingan tandang di Zagreb. Kerja keras dan intensitas yang sama akan dibutuhkan melawan tim Dinamo yang sangat bagus di kandang.

Seharusnya membantu The Blues memiliki keseimbangan dalam kompetisi musim ini karena Liga Primer, seperti kebanyakan di Eropa, mengizinkan lima penggantian pemain. Dan itu adalah pemain pengganti yang memiliki dampak mendebarkan melawan The Hammers. Kai Havertz, yang tentu saja memilih momennya tetapi mengakui bahwa ia membutuhkan serangan kedua dalam 15 pertandingan, dibuat oleh Ben Chilwell, yang juga mencetak gol ajaibnya sendiri. Armando Broja yang lincah juga turun dari bangku cadangan untuk memberi umpan kepada Chilly dengan umpan terukur untuk sang pencetak gol kemenangan.


Ketiganya bisa jadi starter, meski Pierre-Emerick Aubameyang yang mengenakan topeng mungkin sudah siap untuk debutnya. Striker Gabon yang produktif telah mengambil alin No.9, sementara debutan potensial lainnya, gelandang tengah Denis Zakaria, akan mengenakan nomor 20. Pemain terakhir yang tampil di kompetisi UEFA adalah Trevoh Chalobah di Piala Super musim lalu. Ia mungkin tampil malam ini karena Thiago Silva telah diistirahatkan; N'Golo Kante tetap tidak tersedia tetapi Mateo Kovacic bisa menjadi starter melawan klub profesional pertamanya.


The Blues akan menargetkan clean sheet kedua musim ini di Kroasia, dan bisa melakukannya dengan Kepa Arrizabalaga di bawah mistar meski pun Edou Mendy telah pulih dari cedera yang diterima sebelum gol penyeimbang Cornet pada hari Sabtu. Pertandingan Liga Champions terakhir kiper Spanyol itu adalah hasil imbang 3-3 di Zenit pada Desember 2021.

Thomas Tuchel merasa kiper Senegal itu 'sedikit kurang beruntung' dalam penampilan terakhirnya, dan semua pemain bisa mempertahankan area kami lebih baik dari mereka. Sentuhan Michail Antonio adalah gol keempat setelah set-play musim ini dari sembilan kebobolan. Itu tidak membantu bahwa The Blues memberikan lawan hampir sepertiga lebih banyak tendangan sudut daripada musim lalu.

Wesley Fofana tampak meyakinkan di sisi kanan dari tiga bek, meskipun ia dengan bijaksana mengamankan areanya saat menjalani debut. Ukuran lapangan dapat ditentukan oleh kecepatan pemain bertahan dan posisi yang mereka ambil: semakin banyak kecepatan, semakin tinggi garis pertahanan.



Kecepatan sang No.33 yang baru dan pembacaan permainannya bisa memungkinkan The Blues untuk mengurangi kesenjangan antara pertahanan dan lini tengah. Dengan para rekrutan baru tersebut, hanya lima skuad Liga Primer yang memiliki rata-rata tinggi badan lebih tinggi dari Chelsea.

Musim lalu tim London kalah dalam pertandingan tandang pertama grup dari Juventus (yang kemudian mengklaim posisi teratas) tetapi memenangkan tiga pertandingan berikutnya. Setelah melihat 'restart' yang ia inginkan melawan The Hammers, Tuchel mengatakan timnya harus rendah hati dan 'menerima pertarungan' malam ini.

Gelar juara Piala/Liga Champions terbanyak
14 Real Madrid (terbaru 2021/22)
7 AC Milan (2006/07)
6 Liverpool (2018/19), Bayern Munich (2019/20)
5 Barcelona (2014/15)
4 Ajax (1994/95)
3 Internazionale (2009/10), Man United (2007/08)
2 Chelsea (2020/21), Porto (2003/04), Juventus (1995/96), Benfica (1961/62), Nottm Forest (1979/80)


Ancaman Orsic


Dinamo asuhan Ante Cacic menyelesaikan kampanye kualifikasi Liga Champions mereka dengan mengalahkan Bodo/Glimt dari Norwegia dan unggul delapan poin dalam usaha mempertahankan gelar liga domestik mereka. Ini merupakan pertandingan ke-20 dari periode kedua mantan pelatih tim nasional Kroasia itu menukangi 'Modri' (Blues).

Dinamo membangun serangan dari belakang dengan sabar, dengan gaya teknis tidak seperti permainan kasar dan keras yang kita lihat dalam derby hari Sabtu di Bridge. Di luar penguasaan bola, mereka menekan setengah pemain pertahanan lawan, namun gemar melepaskan tembakan dari mana saja dan memiliki skema bola mati dan ancaman udara yang baik – kekhawatiran bagi Thomas Tuchel mengingat masalah timnya baru-baru ini di aspek tersebut. Namun, gol sederhana untuk Rijeka yang merusak Jumat malam mereka yang sempurna, menempatkan tanda tanya atas organisasi mereka dalam bertahan.

Cacic mungkin akan menurunkan formasi 4-5-1 malam ini, dengan Bruno Petkovic yang tinggi sebagai striker tunggal klasik, seorang playmaker seperti Josip Misic, dan gelandang serang mobile seperti Martin Baturina yang di atas rata-rata lainnya. Sayap kaki kanan mereka yang gemerlap, Dario Spikic dan pencetak gol terbanyak Mislav Orsic, juga berbahaya.



Nama terakhir adalah pahlawan hat-trick Dinamo saat mengalahkan Tottenham di kandang mereka di Liga Europa dua musim lalu. Musim lalu di kompetisi yang sama mereka kalah 2-0 dari West Ham di Kroasia (satu-satunya kekalahan kandang mereka dalam 11 pertandingan kandang) tetapi menang 1-0 – berkat Orsic – di London.

Namun, di Liga Champions, mereka telah kalah enam kali dari delapan pertandingan terakhir yang dimainkan di Zagreb dan memiliki kebiasaan kebobolan setidaknya sekali di semua kompetisi. Di antara pemain mereka yang absen, ada rekrutan musim panas, Bosko Sutalo, tetapi Cacic yakin menghadapi The Blues lebih awal adalah hal yang baik sebelum semua rekrutan musim panas kami beradaptasi dengan tim.

Sejarah bagus di Eropa

Selama kurun waktu 20 musim, tidak ada klub yang lolos ke kompetisi elite Eropa sesering Chelsea. The Londoners telah mencapai tiga final sejak 2007/08 dan telah mengangkat trofi dua kali. Hanya Liverpool (14) yang memenangkan lebih banyak kompetisi besar Eropa dan internasional daripada sembilan milik The Blues.

Lolos ke Liga Champions 2002/03-2022/23
18 Chelsea
17 Man United
15 Arsenal
14 Liverpool
12 Man City
6 Tottenham
2 Newcastle
1 Everton, Leicester

Yang pertama dari Kroasia

AC Milan adalah satu-satunya tim Grup E yang pernah dihadapi Chelsea secara kompetitif sebelumnya, jadi Zagreb (dan memang Kroasia) adalah yang pertama bagi The Blues. Kami memang menghadapi pendahulu Dimano, Gradjanski, yang kemudian menjadi juara Yugoslavia, pada 27 Mei 1937 di game ketiga tur persahabatan pasca-musim di Balkan. Striker hebat Irlandia Utara, Joe Bambrick mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan melawan tuan rumah, yang saat itu merupakan salah satu pelopor sepakbola di benua itu. Mereka, misalnya, pernah mengikuti salah satu pendahulu kompetisi malam ini, Piala Mitropa 1928.



Saat ini juara negara mereka dan dikenal sebagai Dinamo sejak tahun 2000 (setelah pengulangan singkat Gradjanski) mereka berbagi warna baju dan julukan yang sama dengan Chelsea. Pencapaian mereka di Eropa yang membanggakan adalah mengalahkan Leeds di final Piala Fairs 1966/67, dan ini adalah penampilan kedelapan mereka di Liga Champions sejak 1982/83.


Reuni Youth League

Sebelumnya, juara dua kali Chelsea menghadapi Dinamo U-19 di UEFA Youth League, yang menjadi cermin dari laga ini. Pertemuan di Eropa pada level usia muda bisa membekas dalam ingatan para pemain dan Conor Gallagher mungkin mengingat hasil imbang 2-2 yang sengit lawan tim Kroasia itu di Cobham di perempat-final 2018/19.

The Blues bangkit dari ketertinggalan untuk menang dan umpan silang dari sang gelandang menghasilkan gol penyama kedudukan yang sangat penting bagi Luke McCormick. Karlo Ziger yang lahir di Zagreb dengan tegas menyelamatkan penalti Roko Baturina, tetapi anak-anak muda Joe Edwards akhirnya kalah dari Porto di final.



Pemain muda Blues lainnya pada hari itu adalah Ian Maatsen (saat ini dipinjamkan ke Burnley), Marc Guehi (sejak pindah ke Palace), Tariq Lamptey dan Billy Gilmour (keduanya sekarang di Brighton). Pemain yang masih ada di skuad Dinamo 2022/23 adalah bek tengah Josip Sutalo (jangan disamakan dengan rekan setimnya Bosko Sutalo – tidak ada hubungannya), gelandang Marko Djira, dan pemain sayap Antonio Marin, yang bertanggung jawab atas kedua gol tim tamu di Cobham.

Bek tengah Dinamo Josko Gvardiol pindah ke Leipzig dan dikaitkan dengan transfer musim panas ke Bridge. Pahlawan The Blues 2019 Ziger sekarang menjadi penjaga gawang cadangan di Gorica – yang akan menjamu pemimpin liga Dinamo pada hari Sabtu.

Pasukan bertopeng

Debut Pierre-Emerick Aubameyang, ketika datang, akan mengingatkan para penggemar akan banyaknya pemain Blues lainnya yang dipaksa untuk bercosplay Zorro dan mengenakan topeng pelindung di lapangan.

Daftar 'siapa di balik topeng' Chelsea termasuk Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, Petr Cech, Andreas Christensen, Diego Costa, Cesc Fabregas, Paulo Ferreira, Nemanja Matic, Pedro, Ramires, Toni Rudiger, John Terry dan Fernando Torres.



Kandang Dinamo

Stadion Maksimir yang saat ini berkapasitas sekitar 25.000 orang, terasa lapang. Seperti Stamford Bridge di masa lalu, lapangan dikelilingi oleh trek dan diapit oleh empat tribune terpisah dengan berbagai ukuran, tanpa atap, dan sudut terbuka. Tuan rumah tidak terkalahkan di sana di semua kompetisi sejak awal Desember dan tiket pertandingan malam ini dikabarkan terjual habis.


Yang lainnya di Grup E

Juara Serie A Milan, di Salzburg malam ini, menjalani pekan ujian. Rossonero didenda €2 juta (berpotensi naik menjadi €15 juta) oleh UEFA karena pelanggaran financial fair play, kemudian harus mencoret pemain penting dari dartat 25 nama untuk skuad Liga Champions mereka.

Mereka yang absen termasuk pemain baru Yacine Adli, Malick Thiaw dan Aster Vranckx, serta mantan gelandang The Blues Tiemoue Bakayoko dan striker veteran Zlatan Ibrahimovic. Pertahanan mereka yang solid dan luar biasa saat meraih Scudetto berlanjut di akhir pekan dengan kemenangan 3-2 dalam derby Milan dengan dua gol untuk Rafael Leao dan satu lagi dari mantan favorit Bridge Olivier Giroud.

Bulan lalu RB Salzburg menjual gelandang kunci Mohamed Camara, yang pindah ke Monaco sebagai pengganti Aurelien Tchouameini, setelah sebelumnya melihat Brenden Aaronson bergabung dengan mantan pelatih Jessie Marsch di Leeds. Mereka memimpin Bundesliga Austria dengan keunggulan satu poin setelah menang 2-0 di kandang pada hari Sabtu.

Jadwal Liga Champions

Selasa
Dinamo Zagreb v Chelsea 5.45pm
Dortmund v FC Copenhagen 5.45pm
Benfica v Maccabi Haifa 8pm
Celtic v Real Madrid 8pm
RB Salzburg v AC Milan 8pm
PSG v Juventus 8pm
RB Leipzig v Shakhtar Donetsk 8pm
Sevilla v Man City 8pm

Rabu
Ajax v Rangers 5.45pm
Eintracht Frankfurt v Sporting Lisbon 5.45pm
Atletico Madrid v Porto 8pm
Barcelona v Viktoria Plzen 8pm
Club Brugge v Bayer Leverkusen 8pm
Inter Milan v Bayern Munich 8pm
Napoli v Liverpool 8pm
Tottenham v Marseille 8pm