Ini adalah perjalanan M1 ke Yorkshire akhir pekan ini dan menjadi kesempatan untuk melanjutkan awal tak terkalahkan kami di musim ini. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menantikan pertandingan yang ditunggu-tunggu...

Dua pertandingan tandang terakhir Chelsea di Liga Primer musim lalu telah membentuk dua pertandingan pertama di musim baru: Everton dua minggu lalu dan Leeds akhir pekan ini.

Para petarung Minggu sore terdiri dari dua dari enam klub dengan kemenangan dan hasil imbang atas nama mereka setelah dua putaran pertama pertandingan, dengan keduanya kehilangan tiga poin akhir pekan lalu dan satu tempat di antara para 100 persen yang tersisa di papan atas.

Tak seperti the Blues, tuan rumah mendapatkan keuntungan dari keputusan VAR ketika tidak ada tindakan lebih lanjut yang diambil terhadap pemain terakhir Diego Llorente dalam hasil imbang di Southampton pada hari Sabtu. Sementara itu, Mike Dean telah mengakui kesalahannya karena tidak mengirim Anthony Taylor untuk meninjau penarikan rambut mencolok Cristian Romero, tetapi dua poin berharga telah hilang.

Keramahan Yorkshire yang terkenal itu tidak pernah meluas ke raja-raja King's Road dan hasilnya dahulu sulit didapat. Namun, 10 pemain Leeds tidak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran dalam kemenangan 3-0 Chelsea musim lalu. The Blues akan berusaha untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan kami melawan Leeds di semua kompetisi menjadi sembilan pertandingan. Kemenangan di West Yorkshire bisa mengangkat Londoners ke empat besar.

Kabar tim

Menyusul penampilan luar biasa di posisi bek tengah dan bek sayap saat bermain imbang 2-2 dengan Spurs, Reece James terlibat dalam 15 gol dalam 28 penampilan liga untuk Chelsea sejak awal musim lalu (enam gol, sembilan asis) – yang paling banyak untuk bek manapun.

Sayangnya kontributor kunci lainnya, N'Golo Kante, kemungkinan akan bergabung dengan Mateo Kovacic yang kemungkinan masih absen, yang berarti Conor Gallagher atau Ruben Loftus-Cheek bisa tampil starter di lini tengah. Loftus-Cheek unggul di bek sayap kanan, menggunakan keunggulan tinggi dan keterampilannya untuk menjepit Tottenham.

Ruben juga menjadi pemain pengganti di awal pertandingan musim lalu di Elland Road setelah pelanggaran kartu merah Dan James mengakhiri kontribusi Kova. Sepak bola yang apik mengekspos celah di Leeds pada pertandingan itu dan tiga gol itu sebenarnya adalah hadiah yang sedikit untuk celah yang dibuat.

Thomas Tuchel tetap berharap untuk kinerja yang sama, terutama karena pemain barunya sudah mencatatkan namanya dan tampil mengesankan. Asis pertama Raheem Sterling adalah untuk James, dan sepak pojok Marc Cucurella dikirim ke Kalidou Koulibaly dengan tendangan voli kuat yang layak dilakukan oleh pemilik jersey 26 sebelumnya. 'K2' adalah pemain pertama yang membuka akun golnya di Chelsea melawan Spurs sejak sejak sesama bintang Afrika Michael Essien pada 2005.

Sebuah clean sheet ketiga berturut-turut di Elland Road akan sangat disambut. Namun kebobolan di babak pertama, sayangnya The Blues mengulangi kebiasaan buruk dari musim lalu yang gagal mendapatkan hasil.

Chelsea kebobolan tujuh gol dari menit ke-80 pada 2021/22, dibandingkan dengan dua milik Liverpool dan empat untuk Man City, dan apa pun situasinya sebelum menyamakan kedudukan, Tuchel akan khawatir bahwa Harry Kane membuat pertahanannya tertidur.

Akan tetapi, beberapa operan dan pergerakan tajam the Blues sangat mendebarkan, mendapatkan tepuk tangan meriah, dan penetrasi di area yang luas terlihat dibuat khusus untuk merusak tim Leeds yang sudah terlihat rentan di area sayap.

Hasil terbaru Chelsea di Elland Road

2021/22 M 3-0 Premier League
2020/21 I 0-0 Premier League
2012/13 M 5-1 Piala Liga
2003/04 I 1-1 Premier League


Rodrigo begitu memeras

Setelah musim lalu yang mengerikan, Jessie Marsch menerapkan gaya permainan direct musim ini, disertai dengan pendekatan agresif dan bergerombol dengan akurasi passing terendah ketujuh di papan atas.

Selama dua pertandingan hingga saat ini, Leeds memiliki periode pendek ketika mereka berada di atas tetapi periode yang lebih lama terjadi ketika mereka tampak rentan. Terakhir kali melawan Chelsea, mereka hanya dengan 10 pemain dan menguasai seluruh lapangan, mencatatkan penguasaan bola 33 persen terendah musim ini.

Pemain sayap cepat AS Brenden Aaronson telah melangkah menjadi pengganti Raphinha yang telah pergi dan menginspirasi the Whites untuk kembali menang di kandang melawan Wolves yang bermasalah. Mantan pemain the Blues Patrick Bamford diragukan tampil setelah cedera saat perjumpaan dengan Southampton berikutnya, penggantinya adalah Dan James.

Mantan pemain sayap Manchester United, yang kemudian menggantikan dirinya sendiri, dapat mempertahankan tempatnya jika Bamford tidak pulih. Para pendukung di tim utama seperti Luke Ayling, Stuart Dallas dan Junior Firpo kemungkinan besar akan melewatkan aksinya akhir pekan ini.

Meskipun babak pertama tanpa nama pada Sabtu lalu, pemain nomor 10 Rodrigo menjadi pencetak gol terbanyak divisi ini dengan mencatatkan tiga gol, start terbaik bagi tim Putih sejak zaman Alan Smith. Pemain sayap Jack Harrison, bagaimanapun, mungkin menjadi kekuatan pendorong Leeds di sepertiga akhir sampai dia lelah dalam cuaca panas.

Namun demikian, ada gema yang mengkhawatirkan dari kecemasan defensif musim lalu begitu the Saints melakukan pergantian pemain, mengubah formasi dari 3-5-2 menjadi 4-4-2, dan menemukan ruang kosong di sayap. Marsch tidak mampu memberikan respons taktis dan bek kanan baru Rasmus Kristensen dan bek tengah berpengalaman Llorente tampak sangat gugup saat pertandingan berlangsung.

Lapangan tandang terberat

Ini baru awal musim, tetapi tren dari dua kampanye sebelumnya Chelsea mendapatkan lebih banyak poin di Elland Road daripada di Stamford Bridge. Pada 2021/22, penghitungannya adalah 34 poin di kandang dan 40 tandang, sedangkan tahun sebelumnya menghasilkan 33/34 yang lebih marjinal.

Keberhasilan meraih kemenangan 3-0 musim lalu di Elland Road hanya menjadi yang ketiga bagi The Blues sejak 1980-an, dan yang keenam dalam 47 kunjungan sejak 1927.

Pada akhir pekan pembukaan liga, London mematahkan kesusahan lima tahun dengan menang di tangguh baru-baru ini, Goodison Park. Tempat sulit lainnya bagi The Blues untuk merebut ketiga poin mungkin lebih mengejutkan.

Persentase kemenangan tandang terendah Premier League Chelsea

Ipswich Town - 5 laga - 0 kemenangan - 0 persen
Bradford City - 2 laga - 0 kemenangan - 0 persen
Oldham Athletic - 2 laga - 0 kemenangan - 0 persen
Coventry City - 9 laga - 1 kemenangan - 11 persen
Man United - 30 laga - 6 kemenangan - 20 persen
Leeds United - 14 laga - 3 kemenangan - 21 persen
Liverpool - 30 laga - 7 kemenangan - 23 persen
Arsenal - 30 laga - 7 kemenangan - 23 persen


Akar dari rivalitas

Permusuhan antara rival final Piala FA 1970 Chelsea dan Leeds begitu legendaris, dan akar dari permusuhan itu terletak pada saat-saat seperti yang terjadi pada akhir April 60 tahun lalu.

Kedua tim di Elland Road sedang mengejar promosi ke Divisi Satu, dengan tim muda The Blues asuhan Tommy Docherty hampir mencapai tujuan itu tetapi membutuhkan kemenangan untuk memuncaki klasemen dengan tiga pertandingan tersisa. Dengan skor 2-2, pemain sayap dari tim tuan rumah, Bill Bell, menyekop bola berbahaya ke tempat yang aman dengan tangannya, tetapi wasit Jim Finney mengabaikan protes pemain yang marah dan protes keras dari penggemar yang hadir.

The Blues masih dipromosikan dan setelah Leeds tiba di papan atas satu musim kemudian, pertempuran London-Yorkshire dimulai dengan sungguh-sungguh.

Musim ketiga yang sulit

Chelsea akan bermain tandang ke dua penyintas dengan finis terendah musim lalu setelah akhir pekan ini. Sebelum mengalami penurunan pada 2003/04 (pertandingan terakhir mereka di Stamford Bridge) Leeds, juara terakhir Divisi Satu pada 1991/92, telah menikmati 14 musim Liga Primer.

Sekarang, setelah kampanye kedua yang penuh gejolak dan penyelamatan dengan hanya tiga poin di bulan Mei, satu-satunya perwakilan elite Yorkshire akan berharap mereka dapat terus melawan tren. Sekitar sepertiga dari tim yang dipromosikan segera terdegradasi dari papan atas, dan selama dekade terakhir ini rata-rata tinggal tiga musim.

Hasil apik atas Spurs diperpanjang

Meskipun Tottenham terselamatkan berkat poin keberuntungan di Bridge itu mengakhiri lima kemenangan beruntun kami melawan Lilywhites, Chelsea tetap tak terkalahkan dalam delapan pertandingan liga melawan rival London kami di mana di semua kompetisi, kini hanya menang sekali dalam 38 kunjungan.

Grup Liga Champions akan terkonfirmasi

Babak penyisihan grup Liga Champions 2022/23 menjadi fokus minggu depan dengan pertandingan kualifikasi terakhir pada hari Selasa dan Rabu. Kemudian pada hari Kamis 25 Agustus, 32 kontestan akan mengambil langkah pertama mereka dalam perjalanan menuju Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul ketika pengundian penyisihan grup dilakukan langsung dari ibukota Turki mulai pukul 4 sore waktu Inggris.

Waktunya menyambut Carabao Cup

Rute tercepat sepak bola Inggris menuju trofi utama dimulai dengan undian putaran ketiga Rabu malam, panggung yang diikuti Chelsea dan klub lain yang bersaing di Eropa.

The Blues, finalis untuk kedua kalinya dalam empat musim di bulan Februari, berharap bisa lebih baik lagi di 2022/23. Jadwal kompetisi tahun ini akan selaras dengan Piala Dunia musim dingin, dengan perempat final digeser ke Januari.

Jadwal pertandingan pekan ketiga Liga Primer

Sabtu

Tottenham v Wolves 12.30pm (BT Sport)
Crystal Palace v Aston Villa 3pm
Everton v Nottingham Forest 3pm
Fulham v Brentford 3pm
Leicester v Southampton 3pm
Bournemouth v Arsenal 5.30pm (Sky Sports)

Minggu

Leeds v Chelsea 2pm (Sky Sports)
West Ham v Brighton 2pm
Newcastle v Manchester City 4.30pm (Sky Sports)

Senin

Manchester Utd v Liverpool 8pm (Sky Sports)