Setelah membantu timnya meraih satu poin dalam penampilan Player of the Match melawan Inggris, Christian Pulisic merefleksikan sisi positif dari penampilan yang mengesankan tetapi mengakui masih banyak yang harus dilakukan Amerika Serikat untuk mencapai babak 16 besar Piala Dunia.

Pulisic menjadi salah satu pemain yang aktif di lini serang dalam permainan dan nyaris memecah kebuntuan dalam hasil imbang 0-0 dengan tendangan serak membentur mistar gawang.

Dia terpilih sebagai Player of the Match setelah laga di mana dia memiliki lebih banyak tembakan (empat) dan menyelesaikan lebih banyak take-on (dua) daripada pemain lain di lapangan.

"Saya pikir itu adalah penampilan yang sangat solid dari kami melawan lawan yang bagus," katanya tak lama setelah penampilan internasionalnya yang ke-54 untuk AS.

"Ada bagian permainan di mana kami memiliki kontrol dan kami mendorong mereka kembali ke area mereka sendiri. Kami menciptakan peluang dan bisa saja memenangkan pertandingan tetapi pulang dengan hasil imbang adalah hasil yang layak.

"Saya harap kami telah membuat banyak orang bangga di rumah, tetapi pekerjaan itu belum selesai. Kami punya banyak pekerjaan untuk perbaikan."

Amerika Serikat masih belum menang di turnamen setelah membuka dengan hasil imbang 1-1 melawan Wales, tetapi mereka tahu kemenangan dalam pertandingan terakhir Grup B mereka dengan Iran pada hari Selasa akan menjamin tempat di babak sistem gugur.

Kubu Gregg Berhalter telah maju dari babak penyisihan grup dalam masing-masing dari dua Piala Dunia terakhir yang mereka ikuti – 2010 dan 2014 – dan bahkan mungkin menyimpan aspirasi untuk menyamai rekor mereka ke perempat final, yang terjadi 20 tahun lalu di Jepang dan Korea Selatan.

Sementara Pulisic mengakui kemajuan yang telah dibuat dari skuad termuda kedua di Qatar, dia juga yakin masih banyak lagi yang akan datang.

'"Tim telah menempuh perjalanan yang sangat jauh dan saya pikir kami harus bangga dengan performanya," imbuhnya.

"Yang terpenting, itu harus memicu kepercayaan diri dan memberi kami perasaan yang luar biasa menjelang pertandingan terakhir, yang harus kami menangkan. Jika kami lolos dari grup, kami dapat menikmatinya tetapi kami belum berada di tempat yang kami inginkan."

Pulisic dan rekan satu timnya akan mengincar kemenangan yang mereka butuhkan melawan Iran pada Selasa malam, sementara Inggris menghadapi Wales pada waktu yang sama. Pihak Gareth Southgate, yang memasang Mason Mount dan Raheem Sterling melawan AS, akan lolos dari Grup B jika mereka menghindari kekalahan empat gol dari Wales. Kemenangan akan menjamin posisi teratas Three Lions.