Jorginho mengisi tempat yang ditinggalkan oleh Mateo Kovacic, yang diskorsing untuk laga ini, sedangkan Callum Hudson-Odoi dimainkan sejak menit pertama.

Frank Lampard bertahan dengan formasi 3-4-3 yang sukses di markas Tottenham pada hari Minggu lalu. Trio bek masih dipertahankan, sementara Emerson menggantikan Marcos Alonso sebagai bek sayap kiri. Pemain asal Spanyol itu mengalami cedera punggung ringan.

Jorginho mendampingi N’Golo Kante di tengah, sementara Azpilicueta di kanan. Hudson-Odoi melengkapi lini depan yang diisi oleh Willian dan Tammy Abraham.

Ross Barkley dan Pedro duduk di bangku cadangan Chelsea.

Danny Ings dicadangkan Southampton, yang memilih untuk memainkan Che Adams dan Michael Obafemi sebagai starter di depan.

Chelsea: Kepa; Rudiger, Zouma, Tomori; Azpilicueta (k), Kante, Jorginho, Emerson; Willian, Abraham, Hudson-Odoi.

Cadangan: Caballero, Christensen, Barkley, Mount, Pedro, Pulisic, Batshuayi.

Southampton: McCarthy; Soares, Stephens, Bednarek, Bertrand; Armstrong, Ward-Prowse, Hojbjerg (k), Redmond; Obafemi, Adams

Cadangan: Gunn, Yoshida, Vestergaard, Romeu, Danso, Boufal, Ings.

Rekor pertemuan Chelsea vs Southampton

Dalam pertemuan di St. Mary’s Stadium pada 6 Oktober, the Blues menang 4-1 berkat gol-gol dari Tammy Abraham, Mason Mount, N’Golo Kante, dan Michy Batshuayi. Gol the Saints dicetak oleh Danny Ings.

Chelsea menang delapan kali dan imbang sekali dari sembilan pertemuan terakhir dengan Southampton di semua kompetisi (delapan di Premier League, satu di FA Cup).

Kemenangan Southampton di Stamford Bridge terjadi pada Oktober 2015 ketika masih dibesut Ronald Koeman. Kami unggul lebih dahulu lewat gol Willian namun gol-gol dari Steven Davis, Sadio Mane, dan Graziano Pelle membuat tim tamu sukses mengamankan tiga poin.

Kedua tim sudah berhadapan empat kali di Boxing Day Premier League, di mana yang paling dikenang adalah laga 20 tahun lalu ketika kami jadi tim Premier League pertama yang menurunkan starting XI tanpa pemain asli Inggris, dalam laga yang kami menangi dengan skor 2-1 di the Dell.

Kemenangan terbesar untuk masing-masing tim:

Chelsea 4-0 Southampton 1973/74, 2003/04Southampton 5-0 Chelsea 1968/69Kemenangan terbesar Southampton di liga di Stamford Bridge: 6-2 di musim 1967/68

Penampilan Chelsea di periode Natal

Gol penalti Willian yang dilesakkannya pada hari Minggu lalu adalah gol ke-100 Chelsea ke gawang Tottenham di Premier League – dalam sejarah kompetisi ini, hanya kalah dari gol Manchester United ke gawang Everton (101), Liverpool ke gawang Newcastle (101), dan Arsenal ke gawang Everton (107).

Chelsea duduk di peringkat empat dengan raihan 32 poin dari 18 pertandingan, berjarak enam poin dari peringkat tiga Man City dan empat poin di atas tim promosi Sheffield United yang duduk di peringkat kelima.

Dari tujuh laga Boxing Day, the Blues menang enam kali dan imbang sekali.