Thiago Silva membuat beberapa sejarah untuk Chelsea pada hari Kamis ketika ia menjadi perwakilan tertua klub di Piala Dunia ketika ia menjadi kapten Brasil untuk menang 2-0 atas Serbia dalam pertandingan grup pembuka mereka.

Bek tengah veteran itu memulai kampanye Piala Dunia keempatnya dengan penampilan yang meyakinkan di jantung pertahanan Selecao saat raksasa Amerika Selatan itu membuat awal yang kuat dalam upaya mereka untuk memenangkan kompetisi untuk keenam kalinya.

Pada usia 38 tahun dua bulan, ia kini menjadi pemain Chelsea tertua yang tampil di pertandingan Piala Dunia, melampaui rekor yang dibuat oleh Willy Caballero empat tahun lalu.

Meskipun ia bermain untuk kemenangan Argentina di kandang sendiri di FIFA World Youth Championship pada tahun 2001, penjaga gawang The Blues tidak melakukan debut internasional penuh hingga Maret 2018 ketika ia tampil dalam pertandingan persahabatan melawan Italia di Manchester pada usia 36 tahun.


Tiga bulan setelahnya, dia dipaksa masuk sebagai starter di Rusia setelah Sergio Romero absen dari Piala Dunia karena cedera lutut, dan menjadi penjaga gawang saat timnya bermain imbang 1-1 melawan Islandia pada usia 36 tahun dan sembilan bulan.

Sayangnya, sebuah kesalahan dalam pertandingan Argentina berikutnya membuat Kroasia unggul dalam kekalahan 3-0 yang menjadi penampilan terakhir dari lima pertandingan internasional senior Caballero untuk negaranya.

Sebelum penampilan Thiago Silva melawan Serbia, pemain outfield Chelsea tertua yang tampil di Piala Dunia adalah Frank Lampard yang menjadi kapten Inggris saat bermain imbang 0-0 melawan Kosta Rika pada 24 Juni 2014, empat hari setelah ulang tahunnya yang ke-36.


Pemain Chelsea paling senior kedua yang membela negaranya di Qatar adalah Cesar Azpilicueta. Pada usia 33 tahun, bek Spanyol ini seumuran dengan bintang Prancis Marcel Desailly (2002) dan Claude Makelele (2006), dan striker Kamerun Samuel Eto'o ketika mereka membuat penampilan Piala Dunia terakhir mereka.

Saat ini Makelele menjadi pemain the Blues tertua yang tampil di final Piala Dunia setelah menjadi starter dalam kekalahan adu penalti dari Italia di Berlin, sementara rekan senegaranya Olivier Giroud adalah pemain paling senior dari klub yang memenangkan kompetisi setelah menjadi starter di 4- 2 kemenangan atas Kroasia di Moskow pada 2018 pada usia 31 tahun.


Didier Drogba adalah pencetak gol tertua kami di turnamen ini setelah mencetak gol saat Pantai Gading kalah 3-1 dari Brasil di Afrika Selatan pada 2010 dalam usia 32 tahun.

Di sisi lain, pemain termuda Chelsea dalam sejarah kompetisi ini adalah Celestine Babayaro yang menuju dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-20 ketika ia menjadi starter sebagai bek kiri untuk Nigeria dalam kemenangan mengejutkan 3-2 atas Spanyol pada 1998.