Chelsea Women kalah lewat drama adu penalti menyusul hasil imbang 2-2 melawan Lyon di laga pembuka International Champions Cup Wanita.

Suhu meningkat di Portland, Oregon kala the Blues turun ke lapangan semalam untuk pentas kedua kalinya di WICC. Ini adalah pertandingan pra-musim kedua Chelsea setelah pertandingan tertutup melawan tim papan atas Norweiga, Arna-Bjornar.

Magda Eriksson memimpin tim di Providence Park dengan pemain baru The Blues dan mantan bek Lyon, Kadeisha Buchanan tampil starter dalam line-up sementara tiga pemain baru di musim panas lainnya berada di bangku cadangan.

Chelsea memiliki awal yang dominan dan berhasil memimpin pada menit kedelapan melalui Sam Kerr, yang memanfaatkan penempatan apik dari Erin Cuthbert dengan sempurna sebelum melepaskan bola melewati kiper.

Pasukan Emma Hayes terus menekan dengan upaya dari Pernille Harder yang masih melebar.

Tekanan kuat terus diberikan oleh The Blues dengan dua sepak pojok yang diberikan Lyon dalam hitungan menit. Guro Reiten mengambil dua sepak pojok itu dengan upaya keduanya memilih Kerr, yang sayangnya tidak mengarahkan sundulannya ke sudut bawah.

Tiga menit tambahan waktu diberikan di babak pertama dengan Cuthbert menerima kartu kuning karena pelanggarannya di menit akhir sebelum peluit ditiup di pengujung babak pertama.

Kami menggandakan keunggulan pada menit ke-50 ketika Lauren James menerima bola di kotak penalti dari Kerr, sebelum dengan tegas sepakannya melengkung ke pojok kiri atas.

Gol ketiga hampir datang hanya tujuh menit berselang, dengan Kerr melepaskan diri untuk bekerja sama dengan Harder yang berada di posisi sempurna di depan gawang tetapi tidak dapat membuahkan hasil lantaran sepakannya masih melebar.

Menyusul tiga pemain pengganti dari Lyon, Hayes membuat perubahan sebanyak empat substitusi untuk The Blues dengan 30 menit tersisa. Johanna Rytting Kaneryd, Millie Bright, Eve Perisset, dan Sophie Ingle semuanya ikut beraksi.

Pasukan Hayes terus mendorong lebih banyak, dengan dua upaya lebih lanjut datang secara berurutan tepat setelah menit ke-70. Pertama, Cuthbert melewati tiga bek Lyon di dalam kotak untuk mendapatkan tembakan tepat sasaran yang dapat diselamatkan, sebelum tendangan bebas Perisset diteruskan oleh Buchanan di tiang belakang.

Perubahan di menit-menit terakhir dilakukan di kedua sisi dengan Bethany England dan Jess Carter turun ke lapangan. Momentum mulai bergeser di kuarter terakhir untuk Lyon menyusul perubahan yang terjadi, dengan Linsey Horan mencetak gol di menit ke-76 dengan tendangan bebas yang mengesankan. Sebuah gol penyama kedudukan telat datang kemudian di menit ke-88 dari Signe Bruun, yang mengatur laga harus dilalui dengan adu penalti.

Penalti

Perisset menjadi penendang pertama – tembakannya masuk lurus ke tengah 0-1

Horan penendang pertama untuk Lyon – tembakannya melebar di sisi kiri tiang gawang 0-1

Cuthbert berikutnya – gagal lantaran sepakannya melambung tinggi 0-1

Malard penendang berikutnya – sepakannya masuk di sisi kiri bawah 1-1

Nouwen untuk Chelsea – secara percaya diri tembakannya masuk di kanan bawah 1-2

Bruun berikutnya untuk Lyon – sepakannya masuk di sisi kiri gawang 2-2

Wakil kapten Bright selanjutnya – tembakan kuatnya mampu ditahan Endler, skor tetap 2-2

Cayman - sepakannya mengarah ke pojok kanan atas, tak mampu dijangkau Musovic's 3-2

Buchanan selanjutnya – tendangan kerasnya memaksa hasil sama kuat 3-3

Benyahia mengonversi penalti penentu dengan Lyon maju ke final di mana mereka akan menghadapi Monterrey pada ahri Sabtu, yang mengalahkan Portland Thorns 3-2 - juga melalui adu penalti.

Selanjutnya the Blues akan bertanding melawan juara bertahan WICC, Portland Thorns pada hari Sabtu dalam laga terakhir turnamen kami.

Chelsea (4-1-4-1): Musovic, Charles (Carter 73), Eriksson (cap) (Bright 59), Buchanan, Mjelde (Perisset 59), Cuthbert, Harder (Nouwen 88), Fleming (Ingle 59), Reiten (Svitkova 88), James (Rytting Kaneryd 59), Kerr (England 73).

Olympique Lyonnais (3-3-1-3): Endler, Cayman, Mbock (Marques 60), Henry (Jaurena 25), Morroni, Damaris (Benyahia 60), Horan, Dabritz (Van de Donk 46), Cascarino (Bruun 46), Le Sommer.D (Bahlouli 63), Bacha (Malard 46).

Wasit Natalie Simon
Penonton 10,779