Chelsea Women mengalahkan Portland Thorns 1-0 untuk merebut tempat ketiga di Women's International Champions Cup.

The Blues baru saja kehilangan satu tempat di final menyusul kekalahan dari Lyon melalui adu penalti selepas hasil imbang 2-2 pada Rabu malam. Namun, pasukan Emma Hayes bertekad untuk mengakhiri tur AS kami dengan baik, dan mewujudkannya dengan mengalahkan tuan rumah Portland Thorns pada Sabtu malam.

Magdalena Eriksson memimpin tim sekali lagi di Providence Park, dengan lima perubahan yang dilakukan sejak pertengahan minggu dan tiga pemain baru kami di starting line-up.

Chelsea membuat awal yang positif di mana kami mengendalikan permainan. Baru tiga menit, Eriksson mengirimkan bola yang memukau ke Guro Reiten tetapi ia tidak cukup kuat untuk mengonversi bola, melepaskan tembakan ke arah kiper Thorns Abby Smith, yang gagal melakukan penyelamatan tetapi mampu melakukan pemulihan untuk menyapu peluang kedua.

Portland membalas dan setelah 12 menit Morgan Weaver mengirim umpan silang dari kanan ke Christine Sinclair, yang mampu mengambil waktu sejenak untuk melepaskan tendangan yang melebar. The Thorns terus menekan dan Erin Cuthbert mengambil bola di kotak tuan rumah sebelum memberikan umpan yang rapi kepada Pernille Harder, yang memiliki ruang kosong, membuat langkah ke depan dan menemukan posisi Reiten dengan presisi yang tepat. Ia dengan cepat mengelabuhi Sophie Ingle, melakukan tembakan kuat dari tepi kotak namun berhasil dimentahkan oleh Smith.

Dua pertiga babak pertama, tekanan berlanjut dengan sepasang peluang yang jatuh pada Sam Kerr. Smith bergegas maju untuk menyambut datangnya Kerr dan menghentikannya, sementara sang nomor 20 melepaskan eksekusi yang melebar sedikit dari sebelah kiri tiang gawang.

Serangkaian permainan cerdas membuat tekanan pada Thorns terus berlangsung hingga turun minum. Eve Perisset melangkah untuk mengambil tendangan bebas dengan mengarahkannya kepada Kerr yang berada di depannya, namun sang striker tidak cukup mampu menguasai bola.

Yazmeen Ryan dari Portland berusaha membangun serangan namun berhasil dihentikan oleh Cuthbert, meski membuatnya menerima kartu kuning. Sam Coffey melakukan tembakan untuk Portland tetapi bola memantul dengan baik ke Berger yang meredakan tekanan. Satu menit tambahan waktu di babak pertama dan kedua tim menutup paruh pertama dengan hasil imbang.

Tanpa perubahan di kedua sisi, tim tamu memasuki babak kedua dengan tempo yang mereka inginkan. Portland mulai menciptakan peluang dalam pergerakan serangan mereka, namun kesalahan mulai timbul dan Sinclair diperingatkan oleh wasit karena melanggar Millie Bright dan menerima kartu kuning.

Pada menit ke-54, sebuah tekel yang gagal menghasilkan peluang tembakan yang jelas bagi Thorns, tetapi penyelamatan besar dari Berger membuat skor tetap sama. Trio pemain pengganti dilakukan Portland dengan memasukkan mantan pemain depan Manchester City Janine Beckie ditambah Sophia Smith dan Rocky Rodriguez.

Chelsea akhirnya memecah kebuntuan berkat kerja bagus Harder di kotak penalti yang menyebabkan tembakannya diblok, namun ada Reiten yang mampu menyambar bola pantulan untuk menjadi gol. Momentum itu bertahan bagi the Blues dan umpan silang dari kanan Perisset menemukan Kerr, dengan upaya sundulannya yang keras membentur mistar dan memantul ke tangan Smith yang mampu meredakan ketegangan.

Pemain pengganti Sophia Smith terbukti menjadi ancaman nyata di lini depan, berhadapan satu lawan satu dengan Berger, namun sang kiper berdiri tegak untuk menggagalkan upaya Smith dengan penyelamatan kelas satu. Upaya yang dibelokkan mendarat ke Sinclair, yang usahanya sekali lagi mengarah ke Berger.

Dengan 15 menit tersisa, Hayes memasukkan pengganti, dengan Bethany England dan Niamh Charles dimainkannya dan kemudian Maren Mjelde, Lauren James dan Jess Carter.

James menjaga bola dengan baik untuk meredakan tekanan sementara trik pemain Inggris itu di tepi kotak memungkinkannya untuk melepaskan tembakan kaki kirinya meski diamankan kiper lawan. The Blues mampu mempertahankan skor, termasuk dalam tiga menit tambahan waktu, dengan Reiten dinobatkan sebagai Player of the Match.

Lyon akhirnya menjadi pemenang turnamen WICC, menang 4-0 atas Monterrey.

Selanjutnya, the Blues akan melakoni laga persahabatan terakhir pada pramusim ini di di Kingsmeadow, melawan Tottenham Hotspur pada Minggu 28 Agustus. Tiket dapat dibeli di sini.

Chelsea (4-1-4-1): Berger; Eriksson (c), Buchanan, Bright, Perisset (England 75); Ingle; Harder (Mjelde 81), Cuthbert, Reiten (Charles 75), Kaneryd (James 81); Kerr (Carter 90)

Portland Thorns (3-2-4-1): Smith; Klingenberg (McGrady 73), Sauerbrunn, Nally (Provenzano 73); Kuikka, Coffey; Sinclair (c) (Porter 78), Sugita (Rodriguez 62), Weaver, Ryan (Beckie 62); Betfort (Smith 62)

Wasit: Alyssa Nichols

Penonton: 11,447