Chelsea Women mengakhiri tahun 2022 dengan gemilang, mengalahkan Paris Saint-Germain secara mengesankan di Stamford Bridge untuk mengamankan posisi teratas di grup Liga Champions kami dan menjadikannya satu tahun kalender tanpa terkalahkan di kandang sendiri.

Tiga gol yang berharga di malam besar Eropa di Bridge menandai penampilan yang menarik di SW6. Sam Kerr mencetak gol ke sudut atas dari jarak jauh untuk memberi kami keunggulan dalam 45 menit pertama yang berlangsung ketat.

Dua gol brilian lainnya menyusul sebelum memasuki pertengahan babak kedua. Keduanya diciptakan dengan penuh percaya diri oleh Lauren James, gol Liga Champions pertama dalam kariernya, tetapi sebagian besar pujian harus diberikan kepada Kerr dan Fran Kirby yang tak kalah hebatnya dalam proses serangan.

Lebih dari 10.000 penggemar di Bridge pulang ke rumah dengan gembira karena telah disuguhi kue Natal di pertandingan terakhir kami di tahun 2022, tahun lainnya di mana Chelsea Women membuat langkah besar di dalam dan di luar lapangan.

Emma Hayes melakukan empat perubahan pada susunan tim utama dari kemenangan 4-0 sebelumnya di Vllaznia pada hari Jumat. Kapten Magda Eriksson kembali ke pertahanan dan ia didampingi oleh Millie Bright. Eve Perisset dan Aniek Nouwen di bangku cadangan.

Jelena Cankovic dan Jessie Fleming, yang bermain 90 menit di Albania, juga berada di bangku cadangan, sementara Erin Cuthbert dan James tampil sejak awal dalam skema tim yang menyerang, yang juga menyertakan Kirby, Guro Reiten dan Kerr.

PSG memulai laga dengan Ramona Bachmann di bangku cadangan, dan mantan pemain Blues lainnya, Jackie Groenen, absen karena sakit.

The Blues mengawali laga di Stamford Bridge dengan Kirby beroperasi di dekat Kerr, dan James serta Reiten berada di sisi lebar lapangan.

Tim tamu kami, Paris mampu bertahan dengan baik, dan di menit keempat tendangan jarak jauh Sandy Baltimore sedikit meleset. Ia membuat Zecira Musovic bergerak ke kiri, tapi pemain Swedia itu lebih nyaman ketika menyelamatkan tembakan dari Mengwen Li tak lama sesudahnya.

Selamat dari ancaman

Pergerakan pertama Chelsea cukup menjanjikan. Diawali oleh Kerr, kami mengalihkan bola dari kanan ke kiri dan ke kanan lagi dengan cepat, meski sayangnya Niamh Charles tidak bisa memerima bola dengan baik saat mengontrol umpan Reiten.

Kami selamat dari ancaman nyata pada menit ke-14 ketika Kadidiatou Diani, pencetak gol ke gawang kami pada 2019, dengan ambisius mencoba peruntungannya dari jarak 40 yard, bola membentur mistar gawang, tampak Musovic cukup kaget.

James tampak hidup dengan sepasang usaha di kedua sisi lapangan ketika laga memasuki setengah jam. Yang pertama, tendangan voli dari umpan silang Kirby, mengenai bek Paris dan membentur jaring samping; yang kedua, dengan kaki kirinya dari tepi kotak, juga terkena sedikit sentuhan saat melewati Sarah Bouhaddi.

Chelsea unggul

Adalah James vs Bouhaddi di menit ke-34, dan lagi-lagi kiper PSG-lah yang keluar sebagai pemenang, menghasilkan penyelamatan mendatar yang menakjubkan di sebelah kanannya untuk menepis sepakan ke gawang penyerang kami yang mengenai tiang gawang. James mengungguli Elisa De Almeida dalam proses lajunya ke gawang.

Kami tidak perlu menunggu lama untuk memimpin! Kerr memaksimalkan salah kontrol lawan namun masih banyak yang harus dilakukan. Ia melakukan tusukan ke sisi kiri dan dari jarak 20 yard melepaskan tembakan manis yang sukar dijangkau oleh Bouhaddi dan masuk ke sudut kanan atas. Keunggulan untuk Chelsea!

Separuh babak diakhiri dengan the Blues memimpin 1-0 dan masih 45 menit lagi untuk mengamankan posisi teratas.

Buah serangan brilian

Hasil itu berubah menjadi formalitas 10 menit memasuki babak kedua yang didominasi the Blues. Bouhaddi mencoba untuk bermain dari belakang, tapi James berusaha untuk mencegat umpannya, mengarahkannya ke jalur Kirby, yang dengan cepat memindahkannya ke depan ke Kerr. Dengan membelakangi gawang, pemain Australia itu memaksimalkan bola dari James, dan penyelesaian akhirnya tepat sasaran, melewati Bouhaddi dan langsung memicu selebrasi liar di depan Shed.

Seperti deja vu tujuh menit kemudian saat James membuat skor menjadi 3-0 setelah pergerakan apik Chelsea lainnya. Kerr turun jauh untuk menarik bek tengah lawan keluar dari posisinya, Eriksson melepaskan umpan ke Reiten yang tidak ragu-ragu meneruskan bola, dengan tajam membebaskan Kirby. Super Fran yang luar biasa tahu persis apa yang ingin ia lakukan dan tak butuh waktu lama memberi umpan kepada James yang menyapu bola untuk mencetak gol lain pada malam itu. Ia kemudian langsung digantikan oleh Johanna Rytting Kaneryd dan mendapat tepuk tangan meriah di Stamford Bridge.

Selain dari tembakan Magnaba Folquet yang meluncur di luar tiang gawang, the Blues terlihat lebih berpeluang untuk menambah gol keempat. Kirby sekali lagi menjadi pemberi umpan, kepada Bethany England yang melepaskan tembakan melewati Bouhaddi dan, yang sayangnya melebar kena tiang jauh. Tiang yang sama juga menggagalkan upaya pemain pengganti lainnya, Aniek Nouwen, di menit akhir, sebelum the Blues menutup pertandingan, dan tahun ini, dengan cemerlang.

Undian untuk perempat-final Liga Champions akan diadakan pada 10 Februari. Sebelum itu akan ada agenda di kancah domestik, dengan Hayes dan pasukannya selanjutnya beraksi di markas Arsenal pada 15 Januari. Sebelum itu, ada perayaan Selamat Natal dan Tahun Baru!

Chelsea (4-2-3-1): Musovic; Charles (Perisset 78), Buchanan, Bright, Eriksson (c); Cuthbert (Fleming 74), Ingle; James (Rytting Kaneryd 63), Kirby, Reiten (Cankovic 73); Kerr (England 73).
Cadangan Berger, Orman, Nouwen, Carter, Svitkova, Mjelde, Abdullina,
Gol Kerr 42, James 55, 62

PSG (4-3-3): Bouhaddi; Li, Ilestedt, De Almeida, Karchaoui; Fazer (Hamraoui h/t), Jean-Francois, Geyero (c), Martens (Bachmann h/t), Diani (Ngueleu 79), Baltimore (Folquet 59).
Cadangan Williams, Picaud, Simon, Thorvaldsdottir, Yang.

Wasit Iuliana Demetrescu from Romania
Penonton 10,129