Chelsea Women akan memulai tahun 2023 sebagai pemimpin klasemen Women’s Super League.

Itu berkat kemenangan di pertandingan liga terakhir kami sebelum Natal dan Tahun Baru, tetapi tidak semuanya berjalan mulus. Setelah tampil mendominasi di babak pertama yang menghasilkan banyak gol, The Blues dikejutkan di babak kedua dengan dua gol cepat dari Reading yang menipiskan keunggulan kami.

Fran Kirby mencetak gol melawan mantan klubnya untuk membuka skor dan ketika The Blues dengan kejam mengekspos Reading, Jelena Cankovic pada start pertamanya untuk Chelsea mencetak dua gol pertamanya untuk mengirim timnya ke ruang ganti dengan keunggulan 3-0 di babak pertama.


Tetapi pada malam musim dingin, lawan kami dari Berkshire mencetak dua gol mereka ketika memasuki satu jam permainan karena ada kerapuhan di lini belakang yang jarang terlihat untuk waktu singkat.

Untungnya Reading tidak mencetak gol lagi. Dimenangkan dengan susah payah pada akhirnya, ini adalah kemenangan liga kesembilan berturut-turut untuk tim Emma Hayes yang memimpin klasemen WSL dengan keunggulan tiga poin, meski pun memainkan satu pertandingan lebih banyak dari Gunners di posisi kedua. Man United kini tertinggal lima poin lagi.

Starting XI

Setelah hasil imbang di Liga Champions di Spanyol pada Kamis, Emma Hayes membuat enam perubahan. Bethany England diberikan peran sebagai penyerang tengah sementara Fran Kirby dan Niamh Charles, yang masuk pada babak pertama melawan Real Madrid, berada di starting line-up kali ini. Charles bermain sebagai bek kiri dengan Magda Eriksson sebagai salah satu bek tengah. Eve Perisset kembali bermain di sisi kanan dan Johanna Rytting Kaneryd serta Jelena Cankovic dimainkan untuk menempati peran sebagai gelandang serang.


Menyusul hasil imbang 1-1 Man United dalam pertandingan derby mereka di Man City dan kemenangan 4-1 Arsenal di Aston Villa pada hari sebelumnya, Chelsea dan Reading adalah tim terakhir yang beraksi pada hari Minggu. Hasil The Gunners membuat tekanan terus berlanjut ke permainan kami.

Salju lembut di malam yang membekukan menyambut tim saat mereka keluar dari lorong stadion, tetapi The Blues melakukan yang terbaik untuk menghangatkan para pendukung yang bersemangat di Kingsmeadow dengan penampilan babak pertama yang dimulai dengan apik dan tak berhenti selama sisa 45 menit pembukaan laga tersebut.

Blues super waspada

Kiper Reading, Jacqueline Burns di awal membuat penyelamatan pada umpang silang ketika Cankovic berhasil mengubah bola liar ke arah gawang, itu berhasil dijauhkan dari garis gawang. Tidak ada gol saat itu tetapi itu adalah tanda dari apa yang akan terjadi.

Gol pertama datang dari pemikiran tajam Cankovic yang melakukan tendangan bebas cepat untuk memberi Johanna Rytting Kaneryd kesempatan sempurna untuk memilih Kirby yang tidak terkawal di depan gawang. Super Fran tidak melewatkan kesempatan dari situasi itu. Unggul 1-0 dengan hanya seperempat jam permainan berjalan.


Gol cepat kedua tercipta dari proses serangan yang menjanjikan segera menyusul. Eve Perisset tidak menemui umpan silang sebaik yang ia inginkan di depan gawang. Kami harus menunggu sedikit lebih lama untuk membuat the Blues menjadi 2-0, tapi tidak terlalu lama!

Lagi-lagi para pemain Chelsea terlalu tajam untuk pertahanan Reading. Rytting Kaneryd mengambil bola lepas sejenak dan melepaskan tembakan kuat ke tiang jauh, dan saat Gemma Evans dari Royals ragu-ragu, Cankovic mengambil kesempatan untuk mencetak gol sebelum setengah jam berjalan.

Gol kedua gelandang Serbia malam itu terjadi kurang dari lima menit kemudian ketika ia menyambut umpan silang Erin Cuthbert dari kanan dengan sundulan ke bawah yang tidak memberi peluang bagi Burns.


Sebelum jeda, Cuthbert menebar ancaman dengan tembakan dari luar kotak. Mengingat itu adalah Erin, ada banyak harapan bahwa jaring akan bergoyang, tetapi kali ini bola melengkung melebar.

Reading mengejar

Tembakan Sophie Ingle di awal babak kedua dan upaya Cuthbert dibelokkan melebar oleh kepala mantan bek Chelsea Deanna Cooper. Cankovic kemudian nyaris mencetak hat-trick saat Reading kembali menangani bola lain dengan tidak meyakinkan.

Tapi kemudian giliran Chelsea yang terjebak dalam penguasaan bola di belakang dan ketika Sanne Troelsgaard melepaskan tembakan di atas rumput es, itu melewati bawah tubuh Ann-Katrin Berger. Kemudian semenit kemudian Chelsea 3 Reading 2, dengan tembakan dari Amalie Eikeland masuk ke dalam gawang setelah kerja bagus dari Emma Harries di sisi kanan Royals.

Dari yang awalnya sudah diamankan, pertandingan tiba-tiba menegangkan.



Millie Bright berlari ke depan dengan serangan balik melakukan yang terbaik untuk memilih pemain pengganti Sam Kerr untuk kans yang bisa menjadi gol keempat yang meredakan ketegangan, namun umpan silangnya berada di luar jangkauan pemain Australia itu.

Kemudian Kerr dan Kirby tampaknya akan menemukan peluang lain meski pun pada akhirnya kombinasi mereka dihentikan karena off-side. Tidak ada gol tambahan tercipta di sisa waktu permainan.

Apa selanjutnya?

Dua pertandingan grup Liga Champions akan melengkapi jadwal 2022, dengan tiket lolos ke fase gugur masih harus diamankan. Yang pertama adalah tandang ke Albania pada hari Jumat ketika akan ada kick-off pukul 17.45 (waktu Inggris) melawan Vllaznia. Kemudian pada Kamis 22 Desember kami menjamu PSG di Stamford Bridge.

Chelsea Berger; Perisset, Bright, Eriksson (c) Charles (Carter 66); Ingle, Cuthbert; Rytting Kaneryd (Reiten 81), Cankovic (Fleming 70), Kirby; England (Kerr 70).

Cadangan Musovic, Abdullina, Buchanan, Nouwen, James,

Gol Kirby 16, Cankovic 29, 33

Kartu kuning

Reading Burns; Bryson (Mukandi 66), Cooper, Evans, Woodham; Vanhaevermaet; Eikeland, Primmer (Rowe 58); Troelsgaard; Harries (c), Wade (Wellings 76).

Cadangan Moloney, Poulter, Dowie, Hendrix, Caldwell, Jane,

Gol Troelsgaard 60, Eikeland 62

Kartu kuning Cooper 49, Bryson 64

Penonton 1,184