Chelsea Women lolos ke fase gugur Liga Champions musim ini dengan menyisakan satu pertandingan di babak grup.

Pasukan Emma Hayes tiba di Albania dengan mengetahui bahwa hasil imbang sudah cukup untuk melaju ke perempat-final tetapi mereka lolos dengan kemenangan yang meyakinkan. Kapten malam itu, Sophie Ingle membawa tim memimpin dengan golnya, diikuti oleh penyelesaian babak pertama dari Fran Kirby.

Di babak kedua Chelsea terus menyerang, tetapi kombinasi dari beberapa peluang yang gagal, pertahanan rapat lawan, dan penampilan penjaga gawang yang kompeten membuat kami tidak bisa menambah keunggulan hingga lima menit terakhir.

Kemudian dua pemain pengganti menambah gol ketiga dan keempat - Katerina Svitkova menyundul bola sebelum Maren Mjelde mencetak gol penalti.


Zecira Musovic tak banyak beraksi di gawang the Blues, karena praktis malam itu cukup tenang bagi Vllaznia dan mereka mempertahankan rekor tidak mencetak gol di kampanye Liga Champions ini.

The Blues dipastikan sebagai juara Grup A jika Paris Saint-Germain tidak mengalahkan Real Madrid di ibu kota Prancis pada pertandingan nanti hari ini.

Namun kami harus menunggu hingga 10 Februari untuk menemukan lawan kami di fase gugur delapan besar. Undian akan dilaksanakan di Swiss.

Starting XI

Ada enam perubahan dari kemenangan lawan Reading di WSL pada akhir pekan, dengan Musovic dipilih sebagai penjaga gawang dan duo bek yang berbeda di tengah - Aniek Nouwen dan Kadeisha Buchanan. Guro Reiten dan Jessie Fleming juga kembali, dan Sam Kerr dipilih untuk memimpin lini depan.

Unggul dua gol

Meski pun hanya satu poin yang dibutuhkan dari pertandingan ini untuk menyegel salah satu tiket lolos, begitu gol awal dicetak, sepertinya The Blues tidak akan merebut tiga angka.

Setelah mengalahkan juara Albania 8-0 di Kingsmeadow pada bulan Oktober, Emma Hayes mengharapkan Vllaznia menjadi lawan yang gigih di kandang mereka sendiri, jadi ia pasti senang melihat timnya menemukan jalan sejak awal menghadapi tim yang defensif.

Ingle melakukan umpan silang sejak awal dan Nouwen, dari belakang, melakukan umpan melebar. Niamh Charles kemudian mencoba mencari Kerr dengan umpan yang membelah pertahanan tetapi tidak cukup mendekati sasaran.



Namun di malam hujan tak butuh waktu lama untuk menyurutkan harapan Vllaznia untuk mengambil sesuatu dari pertandingan ini. Sebuah umpan silang rendah dari kiri dari Reiten dibelokkan ke jalur Ingle yang dari dalam area penalti, ditempatkan dengan ahli ke pojok bawah. Kedua gol pemain internasional Wales musim ini terjadi di Liga Champions.

Sebuah drive miring oleh Reiten berujung melebar saat Chelsea mencari gol kedua, yang ditemukan pada menit ke-20.

Seperti melawan Reading untuk gol pertama pada hari Minggu, tendangan bebas yang diambil dengan cepat oleh Jelena Cankovic berbuah petaka bagi lawan, memberi Kirby peluang yang tidak akan pernah dilewatkan oleh seorang finisher dengan kualitasnya.



Selama sisa babak, ada banyak operan satu dan dua sentuhan yang menarik dengan tempo yang indah, dengan The Blues mengalihkan bola ke kedua sayap untuk meregangkan pertahanan tim Albania. Namun dari situasi bola mati, yang ditembakkan dari kiri oleh Eve Perisset, kami nyaris menambah keunggulan dua gol sebelum jeda. Kaylin Williams-Mosier tampil dengan baik untuk mencegahnya.

Gol ketiga dan keempat butuh waktu

Cankovic membuka peluang bagi Kerr di awal babak kedua, dengan umpan silang ke tiang jauh, tetapi sundulan pencetak gol terbanyak kami melebar. Vllaznia kemudian berhasil melakukan blok ketika Kerr melakukan umpan silang lainnya.

Ketika sebuah bola masuk dari sayap kiri yang berlawanan dari Charles, Jessie Fleming yang berusaha menyambut bola tidak bisa mengarahkan sundulannya tepat ke sasaran.

Upaya Kerr untuk mencetak gol berlanjut, tapi dinyatakan off-side setelah menceploskan bola dari umpan pemain pengganti Svitkova. Di akhir pertandingan, Kerr dengan terampil memanfaatkan ruang untuk melakukan tembakan, tetapi sudut yang sangat sempit menyulitkannya dan bola meluncur di depan gawang. Setelah mencetak empat gol dalam pertandingan kandang melawan tim ini, untuk hari bukanlah malamnya di depan gawang.


Gol ketiga datang menjelang pertandingan berakhir ketika the Blues akhirnya memaksimalkan peluang dari banyaknya umpan silang. Cankovic mendapatkan assist keduanya malam itu ketika Svitkova menyundul umpan silangnya ke tiang dekat.

Ketika Sara Maliqi dari Vllaznia tak sengaja melakukan handball di menit terakhir, kemenangan diakhiri dengan pemandangan menyenangkan dari Mjelde, membuat penampilan ketiganya di musim yang terhambat cedera, dengan percaya diri mengonversi penalti.

Apa selanjutnya?

Tinggal satu pertandingan lagi di tahun 2022 dan pertandingan lainnya akan diselenggarakan di Stamford Bridge. Babak penyisihan grup Liga Champions diakhiri dengan menjamu Paris St-Germain pada Kamis 22 Desember, kick-off pukul 20.00.

Chelsea
Musovic, Perisset, Buchanan (Mjelde 65), Nouwen, Charles (Carter 75), Ingle (c) (James 65), Cankovic, Kirby (Rytting Kaneryd 75), Fleming, Reiten (Svitkova 65), Kerr.

Cadangan Berger, Orman, Bright, Eriksson, Cuthbert, England.

Gol Ingle 12, Kirby 20, Svitkova 87, Mjelde pen 90+3


Vllaznia
Williams-Mosier; Popovic, Gjergji, Maliqi, Gjini, Ramadani (Vuksani 89), Franja (c), Doci, Shala (Borci h-t), Cavanaugh (Kodra 81), Lufo.

Cadangan Raxhimi, Rexhepi, Curraj, Davidson, Berisha, Piranji, Bashka, Panayiotou, Saranovic.

Kartu kuning Gjergji 22, Popovic 44

Wasit Karoline Wacker dari Jerman.