Hakim Ziyech bergabung dengan sekelompok pemain Chelsea terpilih dalam adu penalti Piala Dunia ketika membantu Maroko mengalahkan Spanyol pekan ini untuk mengamankan tempat di perempat final turnamen empat tahunan itu untuk pertama kalinya.

Pemain berusia 29 tahun itu menunjukkan ketenangan yang luar biasa untuk melepaskan tendangan penalti kedua timnya yang melewati Unai Simon saat Singa Atlas mengejutkan mantan juara itu. Mereka menjadi tim Afrika keempat yang mencapai delapan besar Piala Dunia setelah Kamerun (1990), Senegal (2002) dan Ghana (2010).

Pertandingan hari Selasa di Education City Stadium adalah yang ke-32 dalam sejarah kompetisi di mana adu penalti dilakukan untuk menyelesaikan pertandingan babak sistem gugur, tetapi menjadi yang ketiga dengan menampilkan pemain Chelsea dalam daftar penendang penalti saat ini.


Meskipun adu penalti rutin terjadi di Piala Dunia sejak pertama kali antara Jerman Barat dan Prancis di semifinal 1982, baru pada tahun 2006 salah satu pemain the Blues kami mendapat kesempatan di turnamen tersebut.

Meskipun mencetak gol penyeimbang di perpanjangan waktu dan melakukan konversi dalam adu penalti, Frank Lampard tidak mampu mencegah Inggris menderita kekalahan yang memilukan dari tuan rumah Portugal di perempat final Euro 2004.

The Three Lions memiliki peluang besar untuk membalas dendam ketika kedua tim bertemu lagi di Gelsenkirchen dua tahun kemudian dengan pertandingan sekali lagi melalui adu penalti setelah 120 menit tanpa gol.

Malang bagi Lampard, dia tidak bisa menaklukkan kiper Portugal Ricardo di Jerman dan dengan Steven Gerrard dan Jamie Carragher juga gagal mengeksekusi, Inggris tersingkir lagi di babak delapan besar setelah kalah adu penalti 3-1.

Delapan tahun kemudian, dua pemain the Blues mengalami peruntungan yang campur aduk ketika mereka dipanggil oleh tuan rumah Brasil dalam adu penalti di babak 16 besar melawan Cile di Belo Horizonte.

Setelah membuka skor untuk Selecao dalam pertandingan yang berakhir imbang 1-1, David Luiz memulai dengan catatan positif dalam adu penalti ketika dia mengirim Claudio Bravo ke arah yang salah dengan penalti pertama timnya.

Namun, sepakan Willian melebar saat kedua tim menyia-nyiakan lima dari 10 peluang dalam adu penalti. Tiga dari kegagalan tersebut dilakukan oleh Cile dengan upaya terakhir Gonzalo Jara membentur tiang gawang yang mengirim Brasil lolos ke perempat final.

Watch the clash between Brazil and Chile in 2004.


Sementara Lampard, David Luiz, Willian, dan Ziyech adalah satu-satunya pemain Chelsea hingga saat ini yang berpartisipasi dalam adu penalti Piala Dunia, pemain the Blues lainnya telah tampil di kompetisi internasional utama.

Selain Lampard, John Terry juga mengonversi penalti untuk Inggris saat kalah dari Portugal pada 2004, tetapi Ashley Cole gagal mencetak gol melawan Italia di Euro 2012 saat The Three Lions tersingkir di perempat final.

Euro tahun lalu tercermin saat Jorginho dua kali ditugaskan oleh Italia untuk adu penalti. Gelandang The Blues mengonversi gol kemenangan Azzurri melawan Spanyol di semifinal, tetapi ia tidak dapat mengulangi prestasi tersebut di final melawan Inggris karena upayanya dihentikan oleh Jordan Pickford. Namun, Bukayo Saka juga membuang kesempatan bagi Inggris berikutnya dan itu membuat trofi diserahkan ke Italia.


Final Piala Afrika biasanya melalui adu penalti dengan legenda the Blues Didier Drogba dua kali kehilangan gelar kontinental saat timnya kalah adu penalti dari Mesir pada 2006 dan Zambia pada 2012.

Namun, Edouard Mendy adalah pahlawan Senegal ketika mereka memenangkan gelar kontinental pertama mereka awal tahun ini saat penjaga gawang Chelsea itu menggagalkan Mohanad Lasheen dari Mesir untuk mengamankan kemenangan adu penalti negaranya, seminggu sebelum dia mengalami kegembiraan lebih lanjut di Abu Dhabi saat Chelsea mengalahkan Palmeiras untuk menjadi dinobatkan sebagai juara Piala Dunia Antarklub.