Mateo Kovacic berada dalam performa terbaiknya untuk Kroasia dalam kemenangan 4-1 mereka atas Kanada pada hari Minggu, hasil yang membuat Vatreni berada di posisi terdepan untuk lolos dari Grup F.

Kroasia harus bangkit dari ketinggalan setelah kebobolan saat laga baru berjalan dua menit, tetapi sejak mereka menyamakan kedudukan, dengan keterlibatan Kovacic dalam gol, tampak hanya akan ada satu pemenang. Mereka unggul 2-1 pada babak pertama dan memastikan kemenangan mengesankan dengan dua gol lagi di babak kedua.

Kovacic, bermain dalam tiga gelandang di lini tengah Kroasia, mencatatkan penampilan ke-86 di Stadion Internasional Khalifa di Al Rayyan, dan ia digantikan pada menit yang sama setelah mendominasi pertarungan lini tengah dengan penampilan serba bisa yang luar biasa.


Kanada pantas mendapatkan gol pembuka mereka melawan Belgia, tetapi setelah melepaskan tembakan kosong di pertandingan itu, mereka hanya perlu menunggu 68 detik untuk mencetak gol. Alphonso Davies menyundul umpan silang dari Tajon Buchanan untuk mencetak gol pertama negaranya di Piala Dunia, yang tercepat di turnamen ini.

Di pertengahan babak pertama, Kovacic mencoba berinisiatif dengan menggiring bola dari dalam. Dia membidik Marko Livaja tapi tembakannya kurang bertenaga, tembakan pertama Kroasia. Gol kedua mereka dari Andrej Kramaric tak lama kemudian tetapi bendera offside menggagalkan Kroasia menyamakan kedudukan.


Pada menit ke-34, Kovacic kembali menampilkan kreativitas terbaiknya, menerima umpan dari Luka Modric dan melepaskan umpan ke Livaja, yang tembakannya berhasil diselamatkan dengan baik. Namun, tekanan Kroasia segera membuahkan hasil.

Kovacic kembali terlibat, berputar untuk menciptakan ruang untuk memberikan umpan tajam ke depan kepada Ivan Perisic, yang kemudian menemukan Kramaric. Mantan penyerang Leicester, sekarang di Hoffenheim, melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok bawah gawang.

Kroasia membalikkan keadaan beberapa menit sebelum paruh waktu, Livaja menyelesaikannya dengan baik dari tepi kotak saat runner-up 2018 menampilkan yang terbaik dari umpan dan tekanan mereka.


Kovacic adalah pemain terbaik mereka, menyelesaikan semua 30 operan yang dia mainkan, menciptakan peluang dan memenangkan empat tekel, lebih banyak dari siapa pun di lapangan.

Kramaric memiliki peluang bagus untuk menambah keunggulan Kroasia 10 menit memasuki babak kedua, tetapi tembakannya diselamatkan dengan baik oleh Milan Borjan di gawang Kanada. Namun, dia akan mendapatkan gol keduanya dan gol ketiga Kroasia di pertengahan babak kedua setelah memotong ke dalam dan menyelesaikannya dengan percaya diri.

Kovacic memulai serangan balik Kroasia lainnya dan tanpa pamrih memberikan peluang matang bagi Marcelo Brozovic, yang tembakannya diselamatkan oleh kaki Borjan.


Kovacic lantas digantikan saat waktu tersisa empat menit, gol Lovro Majer disaksikan dari bangku cadangan pada menit tambahan, dengan perhatian Kroasia sekarang beralih ke pertandingan grup terakhir mereka melawan Belgia pada hari Kamis. Terhindar dari kekalahan dalam pertandingan itu dan mereka akan menjadi salah satu tim di babak 16 besar; lebih baik dari Maroko dan mereka akan finis di puncak.