Christian Pulisic dan AS tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah kalah 3-1 dari Belanda di Khalifa International Stadium.

Hasilnya bisa berbeda jika Pulisic mencetak gol saat laga baru berjalan dua menit. Itu adalah peluang pertama di babak pertama, dengan penyerang Chelsea itu mendapat bola dari kapten Tyler Adams, tetapi tembakan kaki kirinya berhasil diselamatkan oleh tulang kering kiper Belanda.

Pulisic mungkin akan berpikir ia harusnya bisa mencetak gol namun sebenarnya yang terjadi adalah penyelamatan yang fantastis dari penjaga gawang Heerenveen. Amerika Serikat dibuat menyesali kegagalan itu delapan menit kemudian, saat striker Barcelona Memphis Depay mencetak gol dari jarak 12 yard.

Proses golnya indah untuk Belanda, dengan umpan satu sentuhan dari area mereka membuahkan peluang sederhana bagi sang striker untuk mencetak gol. Ada 20 operan Belanda sebelum bola menuju ke gawang rekor operan terbanyak untuk gol Belanda di Piala Dunia (sejak 1966).

Daley Blind, mantan pemain Manchester United seperti Depay, menggandakan keunggulan Belanda di akhir babak pertama.

Itu adalah gol yang sama baiknya dengan yang pertama, percobaan tepat sasaran kedua Belanda, karena bola dimainkan diagonal melintas pertahanan AS dan sang bek dengan bebas melepaskan tembakan ke gawang.

Tim Ream seharusnya mencetak gol dari sepak pojok beberapa saat setelah babak kedua dimulai, bisa menjadi gol penting dari penampilannya yang ke-50 untuk AS. Pulisic kemudian melakukan percobaan keduanya tepat sasaran dengan upaya melengkung beberapa saat kemudian, meski tembakannya lurus ke arah Andries Noppert.

Pasukan Gregg Berhalter berkembang dalam permainan dan jauh lebih baik setelah jeda di Al Rayyan, dan Pulisic yang memberikan assist penting untuk menipiskan ketinggalan AS saat laga tersisa 15 menit. Ia melepaskan umpan silang rendah yang disambut dengan tendangan tumit sang striker.

Itu menumbuhkan kepercayaan diri AS. Tapi Belanda dengan cepat mengembalikan keunggulan dua gol mereka saat laga sisa 10 menit. Umpan silang yang dilepaskan Blind disambut di tiang jauh oleh Denzel Dumfries, yang tidak terkawal, dan dapat memilih sudut bawah dengan mudah.

Gol itu tercipta karena AS lengah dan jelas merugikan, yang sebelumnya mendapat angin untuk bisa menyamakan kedudukan. Tahun ini menjadi turnameh yang hebat bagi AS, mencapai babak 16 besar seperti yang mereka lakukan pada 2010 dan 2014.

Amerika Serikat menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026 dengan Kanada dan Meksiko.