Pemain Chelsea, Christian Pulisic melakukan debutnya di Piala Dunia dan memberikan assist brilian dalam pertandingan yang ketat dan tangkas untuk AS melawan Wales di Ar Rayyan.

Inggris memulai pertandingan lebih awal dalam Grup B di Doha dengan kemenangan besar 6-2 atas Iran, yang berarti kedua pihak tahu bahwa kemenangan akan membuat mereka menjadi yang teratas di grup menuju rangkaian laga pada hari Jumat.

Pulisic, yang mencatatkan penampilan ke-53 untuk negaranya pada usia 24 tahun, mempertahankan posisi kiri , mengalahkan pemain Bournemouth Chris Mepham dalam banyak kesempatan.


AS memecah kebuntuan pada menit ke-36, saat penyerang Chelsea itu mencoba berakselerasi untuk mengirim umpan ke pemain Lille Timothy Weah, yang menyelesaikannya dengan tenang. Itu adalah gol Piala Dunia pertama AS sejak 2014.

Pulisic terus menjadi duri di sisi pertahanan Welsh dan bek kanan Mepham akhirnya mendapat kartu kuning dari wasit Qatar karena menarik kembali pemain sayap The Blues, setelah dua kali menarik bajunya.

Sebenarnya, Wales tampil buruk di 45 menit pertama tetapi berhasil keluar di babak kedua, berkembang ke dalam permainan saat panas mulai melemahkan kaki tim Gregg Berhalter.

Gareth Bale mencetak gol ke-41 untuk Wales dari titik penalti hanya delapan menit menuju laga usai, setelah dirinya Wales dilanggar di dalam kotak. Bale melesakkan bola ke arah kiri pemain Arsenal Matt Turner dan menyamakan skor.

Ethan Ampadu telah menjadi pemain reguler sejak melakukan debutnya di Wales pada 2017 dan mencatatkan penampilan ke-38 di Qatar. Dia memulai pertandingan pertama di turnamen internasional besar keduanya di lini tengah, bersama Aaron Ramsey.

Di menit akhir, Ampadu, yang sedang dipinjamkan ke klub Serie A Spezia, melakukan tekel keras untuk merebut kembali penguasaan bola bagi timnya, sebuah momen yang menjadi simbol pertaruhan bagi negara Anda.

Dia kemudian mengalami cedera, yang tampaknya merupakan cedera benturan bukan otot. Dia diganti saat waktu mendekati tengah malam di Qatar. Itu adalah poin Piala Dunia pertama Wales sejak 1958.

Sebelumnya pada hari Senin, Senegal dan Belanda saling berhadapan di Doha, dengan tim Afrika dipimpin oleh bek Chelsea Kalidou Koulibaly. Dia dan Edouard Mendy bermain selama 90 menit penuh di Stadion Al Thumama di ibu kota Qatar.

Senegal, tim Afrika dengan peringkat tertinggi di peringkat FIFA, memulai pertandingan dengan percaya diri tinggi setelah kemenangan perdananya di Piala Afrika awal tahun ini.

Itu adalah awal yang lambat di Doha dan meskipun tidak ada pemain bintang Sadio Mane, pemain sayap Watford Ismaila Sarr bergerak maju untuk memberikan ancaman, menambah kualitas serangan dari sayap kiri.

Belanda, yang mengenakan warna jingga terkenal mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki, kurang greget di sepertiga akhir, tetapi berhasil membuat terobosan dengan tembakan tepat sasaran pertama mereka.

Cody Gakpo menjadi pelompat tertinggi saat umpan silang diayunkan dari kiri, mengalahkan Edou Mendy dengan sundulannya dan melesat ke gawang. Itu adalah gol keempat pemain PSV itu dalam penampilan kesepuluhnya.

Davy Klaassen kemudian membukukan gol kedua untuk tim Louis van Gaal, pada menit kedelapan waktu tambahan, mencetak gol setelah Mendy menghentikan tembakan awal.

Itu berarti Senegal tetap pada poin nol setelah pertandingan putaran pertama Grup A. Mereka menghadapi Qatar berikutnya, pada hari Jumat.

Pemain Amerika Serikat, Pulisic, menghadapi Inggris pada hari Jumat, sementara Wales melawan Iran.