Mason Mount menjadi pemain pengganti di babak kedua saat Inggris melaju dari babak 16 besar Piala Dunia yang sekaligus mengeliminasi Edouard Mendy dan Kalidou Koulibaly.

Conor Gallagher tetap menjadi cadangan tak terpakai sementara Raheem Sterling absen karena alasan keluarga.

Skor akhir dalam pertandingan kedua fase gugur hari Minggu adalah Inggris 3 Senegal 0 dengan gol-gol yang dicetak oleh Jordan Henderson, Harry Kane dan Bukayo Saka.

Dua gol pertama terjadi di babak pertama di mana Senegal memiliki peluang yang sangat bagus untuk memimpin sebelum tertinggal tetapi tidak dimaksimalkan dengan baik. Dengan Inggris lebih klinis dengan peluang mereka, mengakhiri harapan Senegal untuk menyamai rekor mereka sendiri melaju sejauh yang pernah dicapai wakil Afrika di perempat-final Piala Dunia.

Sebaliknya Inggris yang sekarang akan melawan Prancis pada hari Sabtu setelah kemenangan 3-1 Les Bleus atas Polandia pada pertandingan sebelumnya di hari yang sama.


Sebelum susunan tim diumumkan jelang kick-off, tim nasional Inggris merilis kabar bahwa Sterling tidak tersedia untuk laga ini karena harus berurusan dengan masalah keluarga.

Sementara Mendy dan Koulibaly memulai pertandingan untuk juara Afrika, Mount dan Gallagher kembali ditempatkan di bangku cadangan Inggris dengan Gareth Southgate hanya membuat satu perubahan dari tim yang mengalahkan Wales di pertandingan grup terakhir mereka. Saka menggantikan Marcus Rashford.

Senegal kehilangan gelandang Everton Idrissa Gana Gueye yang diskors. Sadio Mane tentu saja sudah absen sebelum turnamen karena cedera.


Di awal pertandingan ada momen-momen yang menegangkan bagi pertahanan kedua tim saat ditekan. Mendy mendapat sentuhan lemah pada umpan silang Inggris pada awal periode permainan yang bagus oleh Three Lions, tetapi kemudian di pertengahan babak datanglah kekhawatiran besar bagi pasukan Southgate.

Umpan Harry Maguire dipotong dan meski pun dari umpan silang tembakan awal diblokir oleh John Stones, bola tetap menjadi peluang jarak dekat bagi Ismaila Sarr, namun eksekusi pemain Watford itu melambung di atas mistar.

Kemudian dibutuhkan penyelamatan yang sangat bagus oleh Jordan Pickford untuk menjaga agar Lions of Teranga tidak memimpin, ancaman datang dari kesalahan Saka di area permainan timnya sendiri. Tembakan kencang dari Boulaye Dia yang ditahan Pickford dengan lengan yang kuat.

Sebaliknya, Inggris yang mampu ungguk dua gol sebelum jeda. Untuk gol pertama, Jude Bellingham bergerak maju ke kiri dan saat ia melakukan umpan silang rendah, Henderson menyapu bola ke gawang.

Kane kemudian menebar ancaman milik Inggris dan Koulibaly memotong percobaan umpan silang, namun di akhir babak pertama Kane mampu membobol gawang Senegal setelah gerakan penetrasi dari area sendiri yang melibatkan Bellingham dan Phil Foden.


Mendy menahan tembakan Kane tidak lama setelah Senegal melakukan tiga pergantian selepas turun minum, tetapi tak lama kemudian Saka membuat skor menjadi 3-0 dari jarak dekat setelah Foden merebut bola.

Mount masuk dengan waktu tersisa seperempat jam untuk penampilan ketiganya di Piala Dunia ini.


Selepas mengemas gol ketiga, Inggris tampak lebih tenang dan percaya diri, menyimpan tenaga untuk tantangan besar lawan juara bertahan Piala Dunia yang sudah menunggu mereka. Senegal melewatkan momentum mereka dari peluang-peluang di babak pertama ketika saat itu Inggris sedang goyah.