21

Ben Chilwell

BIOGRAFI

Ben Chilwell menjadi pemain the Blues pada 26 Agustus 2020 ketika bek kiri itu menandatangani kontrak berdurasi lima tahun. Pemain internasional Inggris bergabung dengan kami dari Leicester City, klub tempat dia memulai karier profesionalnya.

Pada saat kedatangannya di Stamford Bridge, Chilwell dianggap sebagai salah satu full-back paling mapan dan menjanjikan di Premier League, telah membuat lebih dari 120 penampilan untuk Leicester City sejak debutnya sebagai pemain berusia 18 tahun pada bulan Oktober. 2015.

Seorang pemain internasional Inggris yang gemar melakukan serangan dari posisi bek kiri, ia berkontribusi dengan assist dan sesekali mencetak gol. Chilwell juga mahir di sisi pertahanan permainan dan merupakan tokoh kunci dalam barisan belakang Leicester yang semakin tangguh.

Di musim 2019/20 di King Power Stadium, ia tampil pada 33 kesempatan untuk tim arahan Brendan Rodgers, mencetak tiga gol saat the Foxes finis di urutan kelima.

Dia adalah full-back modern dalam segala hal, menggabungkan hal atletis dan energi di sayap dengan teknik yang sangat baik dan kemampuan untuk kembali melakukan recover bola dengan kecepatan dalam transisi pertahanan.

Seiring perkembangan peran bek sayap dalam beberapa tahun terakhir, Chilwell telah muncul sebagai pemain yang dapat berkontribusi di setiap area lapangan. Kaki kirinya memberikan keseimbangan bagi tim dan hasratnya untuk menyerang difasilitasi dengan yakin dalam penguasaan bola dan dapat diandalkan dengan umpan ke dalam kotak atau umpan penetrasi ke depan.

Peningkatan Chilwell dalam output serangan terbukti dengan peningkatan jumlah kontribusi gol dalam tiga kampanye terakhir Premier  League di Leicester, dari dua pada 2017/18 menjadi enam pada 2019/20.
Secara defensif, Chilwell adalah pemain sabar dalam melakukan tekel, sering memanfaatkan pemahaman taktis dan pemosisian tubuh untuk mengawasi pemain sayap lawan dan membatasi keefektifan pergerakan mereka. Dia bagus saat melawan satu lawan satu dan memiliki kecepatan yang berguna untuk melakukan recover bola saat terjebak di lini pertahanan lawan ketika lawan melancarkan serangan balik. Dengan tinggi 5 kaki 10 inci, dia bukan yang tertinggi tetapi bisa bersaing dengan baik di duel udara.

Chilwell mewakili Inggris di setiap kelompok umur dari U-18 sebelum melakukan debut seniornya untuk tim Gareth Southgate dalam pertandingan persahabatan yang diadakan di Leicester melawan Swiss pada September 2018.

Dia masuk ke starting eleven timnas sebulan kemudian dalam hasil imbang tanpa gol di Kroasia pada ajang UEFA Nations League dan sudah mengantongi total 11 caps untuk the Three Lions hingga saat ini.

 

Chilwell lahir di Milton Keynes pada Desember 1996 dan awalnya bermain untuk Rushden & Diamonds sampai usia 12 tahun sebelum bergabung dengan Leicester Youth Programme. Dia berkembang dengan pesat melalui sepakbola jenjang kelompok usia, meskipun tidak selalu nyaman, dan sempat mengaku bahwa dia takut dilepas oleh klub pada usia 15 tahun menyusul musim yang sulit saat itu.

Namun, sang bek sukses bertahan di klub dan langsung menarik perhatian dengan penampilan di tim junior dan U-21. Dia bermain melawan Chelsea di kelompok usia tersebut dalam banyak kesempatan, melawan pemain kami seperti Ruben Loftus-Cheek, Fikayo Tomori dan Tammy Abraham dalam bentrokan antara kedua belah pihak.

Debut tim pertamanya untuk The Foxes terjadi dalam pertandingan Piala Liga di Hull City, dengan Claudio Ranieri yang memainkannya sejak awal, dan menyusul kemudian dua penampilan Piala FA berikutnya pada musim itu. Ia juga sempat menjalani masa pinjaman singkat di Huddersfield Town, di mana ia membuat delapan penampilan di kompetisi Championship.

Musim 2015/16 itu berakhir dengan cara yang luar biasa di King Power Stadium ketika Leicester melakukan hal yang tidak terpikirkan dan dinobatkan sebagai juara Premier League, meskipun baru pada musim berikutnya Chilwell melakukan debut liga melawan Everton pada Boxing Day, lima hari setelah ulang tahunnya yang ke-20.

Dia tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya pada 2016/17 saat Leicester memuncaki grup mereka sebelum tersingkir di perempat final oleh Atletico Madrid. Gol senior pertamanya datang ke gawang Tottenham di pertandingan terakhir musim tersebut.

Musim terobosan sang bek datang pada tahun berikutnya saat ia membuat 32 penampilan, meskipun ia diusir dari lapangan saat berkunjung ke Stamford Bridge pada Januari 2018 dengan hasil imbang 0-0 setelah mendapat dua kartu kuning saat itu.

Namun demikian, posisi Chilwell semakin berkembang saat ia membuktikan dirinya sebagai bek kiri pilihan pertama Leicester sebelum melakukan debut internasionalnya pada awal musim 2018/19.

Dia tampil di semua laga kecuali dua laga Premier League musim itu dan sekali lagi menjadi pemain reguler selama musim 2019/20 yang terputus karena jeda pandemi, mencetak gol pertama dalam rekor kemenangan 9-0 The Fox di Southampton pada bulan Oktober dan cetak gol penyeimbang yang brilian dalam game pertama mereka pasca restart kompetisi melawan Watford. Chilwell juga mencetak gol melawan Chelsea pada awal Februari dalam hasil imbang 2-2 antara kedua belah pihak saat itu.