23

Billy Gilmour

BIOGRAFI

Billy Gilmour adalah seorang geladang yang bergabung dengan Akademi di musim panas 2017 dari Glasgow Rangers, tempatnya berlatih sejak usia delapan tahun.

Dia seorang pemain berteknik dengan kemampuan membaca permainan dan kesadaran untuk mengkreasikan banyak gol dan peluang bagi rekan-rekannya.

Akademi Chelsea

Musim pertamanya berjalan dengan baik dan mampu jadi bagian integral di lini tengah tim Jody Morris di tahun yang bergelimang trofi. Dia mencetak gol pertama bagi tim yunior dalam penampilan debutnya, saat mengalahkan Arsenal pada September, sebelum kemudian mengukuhkan diri jadi anggota starting 11 reguler di FA Youth Cup. Dia tampil di setiap laga dan bahkan mencetak gol di final yang digelar di Emirates Stadium.

Musim yang luar biasa itu disempurnakan dengan pemanggilan ke tim nasional Skotlandia Under-21 untuk Toulon Tournamen – meski masih berusia 16 tahun – dan gelandang ini sukses menggondol gelar Young Player of the Tournament, seiring dengan kesuksesannya membantu Skotlandia finis di peringkat tiga. Pada Juli 2018, Gilmour menandatangani kontrak profesional pertamanya di Chelsea dan mendapat perpanjangan pada September tahun berikutnya sehingga kontraknya baru akan berakhir pada musim 2022/23.

2019/20

Gilmour melakukan debut di tim senior sekaligus Premier League pada 31 Agustus 2019, saat melawan Sheffield United di Stamford Bridge dan tak sampai sebulan kemudian sudah melakukan debut penuhnya kala menggulung Grimsby Town dengan skor 7-1 di Carabao Cup. Berkat penampilan apiknya, dia mendapat banyak pujian termasuk dari kepala pelatih Frank Lampard.

 

Di awal Februari 2020, Gilmour dipromosikan menjadi anggota skuat tim utama. diikuti dengan mantra biasa di antara pemain pengganti kami.

Namun, pada bulan berikutnya dia mengumumkan kedatangannya di panggung besar, dalam dua pertandingan di Bridge melawan tim Merseyside. Dengan absennya beberapa pemain senior karena cedera atau skorsing, membawa Gilmour menjadi starter untuk pertama kali di Piala FA dan Liga Premier, keduanya merupakan kemenangan yang tak terlupakan, dan gelandang itu menerima penghargaan Man of the Match di masing-masingnya.

Tidak ada tanda-tanda gugup saat ia menampilkan dua penampilan yang matang, meski masih beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-19, memainkan peran sentral saat kami menyingkirkan pemimpin Liga Premier Liverpool dari Piala FA 2-0 dan kemudian mencatat rekor kami. kemenangan liga terbesar musim ini, 4-0 melawan Everton di pertandingan terakhir kami sebelum musim dihentikan.

Dia tetap menjadi bagian dari skuad pertandingan setelah para pemain yang lebih berpengalaman itu kembali, membuat empat penampilan lebih lanjut sebelum musimnya diakhiri lebih awal karena cedera yang diderita dalam kemenangan 3-2 kami atas Crystal Palace. Itu adalah pertandingan ke-11nya musim ini dalam musim 2020/21 yang menjanjikan bagi remaja tersebut.

Tim Nasional

Musim yang luar biasa di Chelsea dihargai dengan panggilan ke skuad Skotlandia U-21 untuk Turnamen Toulon - meskipun ia masih berusia 16 tahun - dan gelandang membawa pulang penghargaan Pemain Muda Turnamen saat Skotlandia finis di urutan ketiga tempat.