10

Christian Pulisic

BIOGRAFI

Pulisic resmi menjadi anggota skuat Chelsea per awal musim 2019/20, sesuai kesepakatan transfer permanennya dari Borussia Dortmund yang tercapai pada Januari 2019. Selebihnya, dia dipinjamkan kembali ke klub Jerman tersebut.

Ia menandatangani kontrak berdurasi lima setengah tahun, dan jadi pemain Amerika ketiga dalam sejarah kami, menyusul rekannya di tim nasional, Matt Miazga, dan Roy Wegerle.

Pulisic, yang cepat, lincah, dan mampu bermain sama baik dengan kedua kakinya, sejatinya adalah seorang pemain sayap kanan namun juga mampu bermain si sisi kiri atau di belakang striker.

Pulisic melakukand debutnya di Chelsea saat diturunkan sebagai pemain pengganti dalam laga kontra Manchester United yang berakhir dengan kekalahan. Beberapa hari kemudian, dia dimainkan sejak menit pertama ketika kami takluk dari Liverpool lewat adu penalti di Piala Super. Selain menyuplai gol pembuka untuk Olivier Giroud, sepakannya sempat dianulir karena offside.

Dia selalu tampil sebagai starter di tiga laga berikutnya di liga dan kemudian cukup lama kehilangan tempatnya di tim. Setelah jeda internasional bulan Okteober, dia melepas umpan penentu dalam kemenangan sulit atas Newcastle dan Ajax, keduanya setelah diturunkan dari bangku cadangan. Penampilan apiknya itu diganjar dengan dipilih sebagai starter di markas Burnley di laga berikutnya di liga dan menjawab kepercayaan itu dengan menorehkan hat-trick sempurna.

2019/20

Pulisic melakukan debutnya di Chelsea sebagai pemain pengganti saat kalah dari Manchester United, dan starter pertamanya menyusul beberapa hari kemudian saat kami dikalahkan oleh Liverpool melalui babak adu penalti di Piala Super. Dia menjadi otak dari gol pembuka Olivier Giroud dan golnya sendiri dianulir karena offside.

Dia memulai tiga pertandingan liga berikutnya sebelum kehilangan tempatnya di tim utama untuk sementara waktu. Setelah jeda internasional bulan Oktober, ia memberikan umpan-umpan krusial dalam kemenangan dramatis atas Newcastle dan Ajax yang dia masuk dari bangku cadangan. Karena penampilannya itu, dia diberikan kesempatan untuk menjadi pemain utama ketika melawan Burnley dalam pertandingan liga kami berikutnya dan meresponsnya dengan mencetak hat-trick yang sempurna.

Penuh percaya diri dan tajam, kepiawaian Pulisic untuk mencetak gol atau menciptakan gol tidak menunjukkan tanda-tanda menurun, karena ia menunjukkan naluri predator untuk mencetak gol dalam kemenangan atas Watford dan Crystal Palace. Keterampilan dribblingnya juga memberi kami penalti dalam pertandingan luar biasa yang berakhir 4-4 melawan Ajax dan gol pertamanya di Liga Champions untuk klub membantu mengamankan hasil imbang penting di Valencia.

Dia telah menjadi pemain reguler di starting line-up pada akhir 2019, tetapi karena cedera dan berhentinya sepak bola selama pandemi Covid-19 membuat dia tidak dari Tahun Baru hingga pertandingan pertama setelah sepakbola kembali bergulir pada pertengahan Juni. Penampilannya pantas untuk ditunggu, saat ia membuka skor di dua pertandingan pertama kami, menang atas Aston Villa dan Manchester City.

Dia menyelesaikan musim pertamanya di Inggris sebagai salah satu pemain terbaik Chelsea dan Liga Premier, menggarisbawahi ketika dia menjadi orang Amerika pertama yang mencetak gol di final Piala FA saat dia kembali mencetak gol pertama dalam pertandingan itu, melawan Arsenal di Wembley. Namun, cedera mengakhiri pertandingannya lebih awal dan kami berjuang untuk mempertahankan serangan tajam saat dia absen, akan tetapi kami gagal menyelesaikan musim dengan trofi.

Sebelum di Chelsea

Lahir di Hershey, Pennsylvania, dia adalah putra dari dua mantan pesepakbola, dan menghabiskan waktu di Inggris sebagai ketika masih anak-anak, di mana dia bermain bersamaa tim dari Northamptonshire, Brackley Town sebelum kembali ke Amerika Serikat.

Dengan sejumlah klub Eropa memantau perkembangannya, Pulisic bergabung dengan Dortmund saat berusia 16 tahun pada awal 2015, dia dengan cepat naik dari jajaran pemain akademi untuk melakukan debut seniornya setahun kemudian.

Penuh percaya diri dan tajam, Pulisic punya kemampuan untuk mencetak gol atau mengkreasikan gol yang tiada hentinya, juga insting predator yang diperlihatkannya saat mengalahkan Watford dan Crystal Palace. Kemampuan dribelnya juga membuahkan penalti untuk kami dalam laga epik kontra Ajax yang berkesudahan sama kuat 4-4. Pemuda kelahiran Hershey, Pennsylvania, ini adalah putra dari sepasang pesepak bola. Ia pernah tinggal di Inggris semasa kecil, bermain untuk klub Northamptonshire, Brackley Town sebelum kemudian pindah ke Amerika.

Dimonitor oleh banyak klub Eropa, Pulisic akhirnya bergabung dengan Dortmund saat masih berusia 16 tahun pada awal 2015 dan dengan cepat lulus dari berbagai kelompok usia di akademi hingga melakukan debutnya di tim senior setahun kemudian.Di paruh pertama musim kompetisi di Bundesliga, ia tampil sembilan kali dan mencetak dua gol. Ia pun dipercaya menjadi pemain reguler di tim arahan Thomas Tuchel di musim 2016/17, dan tampil lebih dari 60 kali lagi di liga selama dua tahun berikutnya.

Sejumlah cedera minor membuat Pulisic jarang tampil di musim 2018/19, namun gol-golnya, antara lain gol kemenangan ke gawang tim tuan rumah Club Brugge di Liga Champions dan satu gol lagi di laga kandang terakhirnya untuk Dortmund membantu klub tersebut untuk bersaing memperebutkan gelar juara Bundesliga hingga hari terakhir, meski akhirnya gagal menjadi yang terbaik.

Pulisic, pemain internasional AS yang juga memegang paspor Kroasia, terpilih sebagai Player of the Year di negaranya pada 2017, dan jadi bintang bagi negaranya di Gold Cup pada musim panas 2019, tak lama sebelum bergabung dengan skuat Chelsea. Langkah AS terhenti di final setelah ditaklukkan Meksiko. Pulisic sendiri terpilih sebagai Young Player of the Tournament.