6

Danny Drinkwater

BIOGRAPHY

Di hari terakhir bursa transfer pemain, Danny Drinkwater resmi jadi pemain Chelsea setelah menyelesaikan proses transfernya dari Leicester City dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Gelandang berusia 27 tahun ini jadi rekrutan kelima bagi tim senior kami di musim panas ini menyusul Willy Caballero, Antonio Rudiger, Tiemoue Bakayoko dan Alvaro Morata yang sudah lebih dulu datang serta Davide Zappacosta yang juga direkrut pada hari ini.

Drinkwater, gelandang yang ulet ini dapat mempengaruhi permainan baik saat bertahan maupun menyerang, akan bertemu kembali dengan N'Golo Kante di Stamford Bridge, rekannya di lini tengah yang pernah bahu-membahu bersamanya dalam membantu Leicester meraih gelar juara liga musim 2015/16.

Pemain yang merupakan jebolan akademi Manchester United ini pernah dipinjamkan ke Huddersfield, Cardiff, Watford dan Barnsley sebelum akhirnya bergabung dengan Leicester pada 2012, yang saat itu masih bermain di divisi Championship.

Drinkwater adalah sosok kunci bagi timnya dan masuk dalam PFA Championship Team of the Season musim 2013/14 ketika the Foxes kembali ke divisi utama, dan terus menjadi pemain utama ketika mereka mempertahankan posisi mereka di divisi utama berkat laju mengagumkan mereka jelang akhir musim 2014/15. 

Namun, baru pada musim berikutnyalah namanya mencuat, ketika di bawah arahan mantan manajer Chelsea Claudio Ranieri. Ia tampil sebanyak 35 kali di liga, yang tak ada satu pun orang yang memprediksikannya, satu dari dua golnya dicetak lewat sepakan jarak jauh ke gawang Chelsea dalam laga yang berakhir imbang 1-1 di hari terakhir kompetisi. Pada Maret, ia tampil perdana untuk timnas Inggris, dan hingga saat ini sudah mengoleksi tiga caps. 

Drinkwater on his England debut

Adalah gol penyeimbang yang dicetak Eden Hazard bagi the Blues saat melawan Tottenham yang memastikan kesuksesan Leicester dalam meraih gelar juara, meski kemudian ia harus kecewa lantaran tidak dipilih oleh Roy Hodgson untuk tampil di Euro 2016. Meski demikian, tahun itu merupakan tahun yang berkesan bagi Drinkwater. 

Kepergian Kante pada musim panas itu berdampak pada perjalanan Leicester untuk menjaga permainan mereka dalam perjalanan mempertahankan gelar juara. Drinkwater terus menjadi bagian integral dari tim yang akhirnya finis di peringkat 12 musim lalu. Ia tampil sebanyak 29 kali di liga dan 10 kali di Liga Champions saat membantu mereka maju hingga babak perempat final. Ia juga mencetak Goal of the Season Leicester lewat sebuah tendangan setengah voli ketika melawan Liverpool. 

Cedera betis menunda debut Drinkwater untuk Chelsea, yang akhirnya terwujud ketika ia menjadi starter saat mengalahkan Everton di ajang Carabao Cup pada akhir Oktober.

Danny jumps in an aerial challenge during his first Chelsea game

Ia kemudian tampil sebagai pemain pengganti berturut-turut usai jadi starter dalam laga imbang di Anfield dan menang atas Everton. Di laga terakhir tahun 2017, ia mencetak  sebuah gol indah dari jarak jauh kala menggulung Stoke 5-0. Gol itu merupakan gol perdananya untuk Chelsea.