29

Fikayo Tomori

BIOGRAFI

Fikayo Tomori bergabung dengan klub di kelompok usia Under-8 dan tak tergantikan di jantung pertahanan atau bek kanan di berbagai kelompok usia. Ia melakukan debutnya di tim muda saat masih berada di Under-16 sebelum akhirnya menjadi pemain regular bagi pasukan Joe Edwards di musim pertamanya sebagai pelajar.

Ia bermain di setiap pertandingan di Under-18 yang berhasil mempertahankan gelar Youth Cup dan tampil di delapan dari sepuluh laga UEFA Youth League yang mereka menangi di Swiss. Berkat penampilannya yang bagus, ia berkesempatan untuk melakukan debutnya di tim Under-21 dan tampil sebanyak enam kali bagi pasukan Adi Viveash hingga akhir musim.

Ia adalah pemain regular di tim Under-21 di musim 2015/16 dan semakin mengembangkan kemampuan mencetak golnya, dengan mencetak gol di final Youth Cup dan UEFA Youth League. Fikayo melakukan debutnya di tim utama sebagai pemain pengganti di laga terakhir saat melawan Leicester City dan terpilih sebagai Academy Player of the Year di acara penghargaan tahunan klub.

Fikayo Tomori mendapat kontrak baru pada Agustus 2016, yang mengikatnya hingga akhir musim 2019/20, sebelum akhirnya melakukan debutnya untuk timnas Inggris Under-20 sebulan kemudian. Setelah membela skuat binaan di paruh pertama musim 2016/17, pada Januari diumumkan bahwa ia akan menghabiskan paruh kedua musim dengan dipinjamkan ke Brighton yang tengah bagus-bagusnya di divisi Championship.

Tomori melakukan debutnya saat menghadapi Lincoln di kompetisi FA Cup dan bangkit setelah mencetak gol bunuh diri hingga kemudian tampil lebih sering lagi di sepanjang bulan Februari dan Maret, di antaranya di laga-laga besar melawan Reading, Newcastle dan Leeds. Hingga musim berakhir, ia tampil sebanyak tiga kali sebagai starter dan tujuh kali sebagai pengganti di semua kompetisi. Klub yang dibelanya sukses promosi ke Premier League dengan status sebagai juara dua divisi Championship.

Musim panas 2017 banyak memberi kesuksesan baginya, ketika ia tampil di jantung pertahanan bersama koleganya di Chelsea, Jake Clarke-Salter, dan Tomori juga menjadi pemain utama bagi timnas Inggris yang menjuarai Piala Dunia Under-20 yang digelar di Korea Selatan. Meski terlibat dalam gol bunuh diri jarak jauh di awal turnamen, kepercayaan dirinya tidak goyah dan berhasil membantu terciptanya clean sheets di perempat final kala berhadapan dengan Meksiko dan Venezuela di final.

Tomori masuk menggantikan Victor Moses di laga pertama tur Asia 2017 kami dan mengisi pos bek sayap kanan. Ia dibawa sebagai pemain cadangan di awal musim sebelum kemudian, di hari terakhir bursa transfer, dipinjam Hull selama semusim penuh. Ia tampil sebanyak 26 kali bagi Humberside dan bermain di semua posisi di skema empat bek yang kerap diisi bersama sesama pemain Chelsea Ola, Aina dan Michael Hector.

Pada Agustus 2018 ia kembali ke divisi Championship bersama Derby County, yang ditukangi oleh Frank Lampard dan Jody Morris hingga akhir musim kompetisi. Itu terbukti menjadi tahun yang sangat positif untuknya. Tomori masuk dalam tim utama, tampil 55 kali dan bahkan mencetak dua gol saat the Rams melaju ke final play-off Championship di Wembley. Dia juga terpilih sebagai Player of the Year Derby.

Di musim panas 2019, dia membela Inggris di Piala Eropa Under-21 dan di bawah arahan Lampard dan Morris, dia dipromosikan sebagai bagian dari tim senior Chelsea. Setelah tampil saat timnya kalah di ajang Piala Super yang digelar di Istanbul, ia tampil 90 menit penuh saat the Blues bermain imbang 2-2 dengan Sheffield United di Stamford Bridge, dan tampil sangat tenang sepanjang pertandingan. 

Tomori kembali bermain di posisinya dalam laga tandang ke markas Wolves dan memanaskan suasana ketika mencetak gol pembuka, yang sekaligus menjadi gol perdananya untuk . Bola jatuh ke kakinya, yang berdiri 30 yard di depan gawang, dan disepaknya dengan kuat dan terukur. Bola pun masuk ke sudut kiri atas gawang dan membuka jalan kami untuk meraih kemenangan impresif dengan skor 5-2. 

Kehadirannya di tim dan penampilan apiknya terus berlanjut hingga akhirnya dipanggil ke tim nasional senior Inggris pada Oktober. Sementara, di level klub, the Blues menang enam kali beruntun di liga, yang terbantu oleh kerja apik di jantung pertahanan yang dibangun oleh Tomori dan Kurt Zouma.