22

Hakim Ziyech

BIOGRAFI

Hakim Ziyech merampungkan kepindahannya ke Chelsea dari Ajax pada Juli 2020, memenuhi syarat untuk bisa bermain untuk klub sedari awal musim musim 2020/21. Dia sebelumnya setuju untuk bergabung dengan Chelsea dengan kontrak lima tahun pada Februari silam, menjadikannya pemain internasional Maroko pertama di klub ini.

Gelandang serang yang mempunyai kaki kiri yang dominan ini menarik perhatian dengan penampilannya yang kerap melakukan gerak memotong dari sayap kanan di Ajax, tetapi juga dapat beroperasi sebagai pemain sayap yang lebih tradisional di kiri atau ditempatkan di tengah tepat di belakang striker.

Lahir di Belanda, Ziyech memulai karirnya di Eredivisie bersama Heerenveen, melakukan debut seniornya pada Agustus 2012 dan masuk ke tim utama secara reguler pada musim berikutnya.

Setelah kepindahannya ke Twente pada 2014, potensinya sebagai talenta kelas dunia menjadi sangat jelas, ia mencatatkan angka-angka yang mengesankan selama dua tahun bersama klub. Dia mencetak 15 gol dan membuat 17 assist di musim pertamanya, sebelum melangkah lebih jauh dengan 17 gol liga di musim keduanya.

Itu mendorong Ajax untuk membawa Ziyech ke Amsterdam dan dia membantu tim muda yang sedang berkembang untuk mencapai final Liga Europa di musim pertamanya di sana. Dia juga memainkan peran penting dalam kesuksesan Ajax di musim berikutnya, ketika mereka mencapai semifinal Liga Champions, mencetak gol pertamanya di kompetisi tersebut saat mereka mengalahkan Real Madrid di babak 8 besar. Musim 2018/19 juga menghadirkan trofi pertama dalam karir Ziyech, saat tim Amsterdam memenangkan double winners dengan juara liga dan piala Belanda.

Dengan beberapa pemain hengkang setelah kesuksesan itu, musim lalu Ziyech bersama Ajax bisa dibilang menjadi yang terbesar, karena ia menjadi salah satu pemain kunci juara Eredivisie. Penggemar Chelsea juga bisa melihat bakatnya dari dekat pada 2019/20, ketika kami menghadapi wakil Belanda tersebut di fase grup Liga Champions, ketika Ziyech mencetak tiga gol mereka dalam hasil imbang 4-4 ​​di Stamford Bridge.