1

Kepa Arrizabalaga

BIOGRAFI

Kepa Arrizabalaga didatangkan dari Athletic Bilbao pada 8 Agustus 2018.

Kiper internasional Spanyol berusia 23 tahun ini didatangkan menjelang bergulirnya Premier League musim 2018/19 dan menandatangani kontrak berdurasi tujuh tahun di Stamford Bridge. Dia tampil 54 kali di semua kompetisi, 36 di antaranya di Premier League. Cepat beradaptasi dengan kerasnya sepak bola Inggris, secara total, dia telah membukukan 23 clean sheet. 

Berkat penampilan apik Kepa untuk the Blues, dia juga mendapat panggilan untuk membela tim nasional Spanyol, negara tempat dia lahir pada Oktober 1994. 

Kepa, yang cepat dan lincah, memiliki refleks yang fantastis dan kemampuannya yang serba bisa telah ia asah sejak mulai menjadi kiper utama Athletic Bilbao dua tahun lalu. Kepa, penghalau tembakan lawan yang andal, percaya diri saat menguasai bola dengan kakinya dan mampu memainkan bola dari belakang, bahkan ketika berada dalam tekanan lawan.

2018/19

Kepa melakukan debutnya hanya beberapa hari setelah meneken kontrak di laga pertama kami musim itu, melawan Huddersfield pada Agustus 2018 yang berakhir dengan kemenangan. Kiper ini tampil mengesankan dan berhasil membukukan clean sheet dalam kemenangan 3-0 itu.Dia tak tergantikan di Premier League di paruh pertama musim 2018/19 dan berhasil mencatatkan sembilan clean sheet.

Seusai Natal, kami tampil di final Carabao Cup. Kepa menjadi bintang dalam adu penalti melawan Tottenham di semifinal, kegemilangan yang diulanginya di tahap yang sama saat melawan Eintracht Frankfurt di Liga Europa dengan sukses menepis dua tendangan penalti yang akhirnya membawa kami ke Baku.

Penampilan impresif Kepa menjelang akhir musim kompetisi membantu tim finis di peringkat ketiga Premier League.

2019/20

Kedatangan Frank Lampard pada musim panas 2019 tidak menghilangkan posisi Kepa sebagai kiper nomor satu kami dan dia memulai 24 pertandingan Liga Premier pertama di bawah bos baru. Namun, jumlah gol yang kebobolan oleh tim sepanjang musim menarik perhatian dan, di musim semi, pemain Spanyol itu absen lima pertandingan berturut-turut karena performa Willy Caballero membuatnya dicadangkan.

Namun Kepa berada dalam kondisi terbaiknya dalam kemenangan Piala FA kami atas Liverpool pada awal Maret, pertandingan terakhir kami sebelum jeda sepak bola yang belum pernah terjadi sebelumnya, menghasilkan satu penyelamatan tiga kali lipat untuk menjaga The Reds dalam kemenangan 2-0 di Stamford Bridge. Dia mempertahankan clean sheet lagi lima hari kemudian dalam kemenangan liga kandang atas Everton dan mempertahankan tempat awalnya ketika musim dimulai kembali pada bulan Juni tetapi absen di tiga pertandingan terakhir kampanye, termasuk final Piala FA.

Pre-Chelsea

Lahir di Ondarroa, kota di tepi laut Basque, Kepa bergabung dengan akademi Athletic di usia sembilan tahun dan setelah menimba pengalaman di klub feeder mereka, Basconia, yang berlaga di kasta keempat ia mulai tampil reguler bagi tim B Bilbao dan mendapat pengakuan internasional di level yunior berkat kualitas permainannya.

Pada Januari 2015, Kepa dipinjamkan ke SD Ponferradina, klub yang berlaga di divisi dua sepakbola Spanyol dan melakoni debutnya melawan Racing Santander. Dia mulai tampil reguler, membukukan tujuh clean sheet dalam prosesnya meski kalah di playoff dengan selisih satu poin.

Ia kembali menjadi pilihan utama di klub peminjamnya, Real Valladolid, yang juga berkompetisi di kasta kedua, di musim berikutnya. Pada musim 2016/17, ia kembali ke Bilbao.Meski tidak langsung menjadi kiper pilihan pertama, ia berhasil tampil untuk pertama kalinya dalam laga tandang ke markas Deportivo La Coruna, dan mencatatkan clean sheet saat membantu timnya menang 1-0. Ia kemudian tampil lebih dari 20 kali di musim tersebut dan dipanggil untuk memperkuat tim nasional Spanyol di European Under-21 Championship.

Musim lalu, berkat penampilannya yang impresif dan konsisten, Kepa mendapat pujian dari dalam dan luar klub. Dari tiga tendangan penalti yang dihadapi, dua di antaranya berhasil dia gagalkan. Selain itu, dia juga mencatatkan penyelamatan terbanyak ketiga di divisi utama liga Spanyol serta paling banyak melakukan umpan panjang – 368 – di banding kiper-kiper lainnya di La Liga.

Tim Nasional

Berkat penampilan impresifnya di level klub, dia berhasil melakukan debut untuk tim nasional senior Spanyol, saat menang 5-0 atas Kosta Rika November lalu. Dia juga masuk dalam daftar 23 pemain Spanyol yang berlaga di Piala Dunia di Rusia, dan pada 2019 jadi kiper reguler bagi negaranya.

Setelah clean sheet dalam penampilan perdananya di kualifikasi Piala Eropa pada Maret 2019 dalam kemenangan 2-0 atas Malta, Kepa tampil di kedua pertandingan internasional bulan Juni itu dan bergantian menjadi kiper utama Spanyol dengan David de Gea sejak itu.