3

Marcos Alonso

BIOGRAFI

Marcos Alonso bergabung dengan Chelsea pada 31 Agustus 2016.

Bek kiri Spanyol berusia 25 tahun ini adalah bek pertama yang direkrut oleh Antonio Conte. Ia menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Pra-Chelsea

Alonso lahir di Madrid dan merupakan anak dan cucu dari mantan pemain Tim Nasional Spanyol. Dia adalah seorang pemain junior dan Tim B untuk Real Madrid, sebelum mencatatkan satu penampilan di tim utama di bawah kepelatihan Manuel Pellegrini pada bulan April 2010 sebagai pemain pengganti saat mengalahkan Racing Santander.

Musim panas itu ia bergabung dengan Bolton Wanderers saat masih berusia 19 tahun dan merupakan rekan setim dari Gary Cahill selama satu setengah tahun sebelum pemain Tim Nasional Inggris itu pindah ke Chelsea.

Alonso tinggal di barat laut Inggris selama tiga musim, dua musim di antaranya di Premier League, dan membukukan 46 penampilan, mencetak lima gol.

Setelah setengah musim di Fiorentina, ia direkrut dengan status pinjaman untuk paruh kedua musim 2013/14 oleh manajer Sunderland Gustavo Poyet, yang memainkan pemain Spanyol itu di final Piala Liga melawan Manchester City. Alonso juga bermain dalam kemenangan Sunderland di Stamford Bridge yang mengakhiri catatan tak terkalahkan Jose Mourinho dalam 77 pertandingan liga di stadion kami. Tendangan volinya menyamakan skor untuk tim tamu di bulan April itu.

Alonso kemudian kembali ke Fiorentina di mana ia membuktikan dirinya sebagai sebagai pemain reguler tim dan bermain di posisi bek kiri, bek sayap atau di formasi tiga bek. Dia meninggalkan La Viola dengan 85 penampilan dan lima gol.

Ia melakukan debutnya di Chelsea di ajang League Cup ketika menang di Leicester pada September 2016, dan mengukuhkan dirinya di pemain tetap di posisi bek sayap kiri ketika Conte memainkan formasi 3-4-3. Tim melalui Oktober dengan kemenangan 100 persen di liga tanpa kebobolan yang bertahan hingga musim dingin. Ia menjadi pemain pertama dalam sejarah sepakbola Inggris yang memenangi 14 start pertamanya untuk satu klub, dan sejak itu selalu tampil dan baru mengalami kekalahan ketika bertandang ke White Hart Lane di awal 2017.

Alonso mencetak gol pertamanya untuk Chelsea di tengah apiknya penampilan tim pada Bonfire Night (5 November) 2016 ketika Everton ditekuk 5-0. Ia mencetak dua gol saat menang di Leicester pada Januari 2017 dan membuka skor penting lewat tandukan dalam kemenangan krusial atas Arsenal di kandang sebulan kemudian (foto di bawah).

Permainan pemain Spanyol ini semakin apik dan meyakinkan ketika gelar juara liga semakin dekat dengan the Blues, dan ia juga menunjukkan kemampuannya dalam memberikan ancaman lewat kaki kirinya ketika mencetak gol di Bournemouth April lalu disamping beberapa percobaan lain yang membentur tiang gawang. Salah satu dari anggota juara baru kami ini menutup musim dengan status tak tergantikan di tim utama dan berhasil mengoleksi enam gol serta penampilan impresif saat mengawal lini pertahanan.

2017/18

Ia mengawali musim keduanya di London barat dengan kejutan, dengan mencetak kedua gol dalam kemenangan atas Tottenham di Wembley yang terkenal itu, dan hingga laga pertama di tahun 2018, ia sudah mengoleksi enam gol di liga, yang sebagian besar diciptakan secara spektakuler.

Dia menutup musim itu dengan status sebagai pencetak gol terbanyak kedua kami, dengan delapan gol, yang sekaligus merupakan pencapaian terbaiknya dalam semusim, dan mengoleksi medali FA Cup pertamanya selepas menaklukkan Man United. Dia nyaris menambah gol kami, yang sebelumnya diciptakan oleh Eden Hazard dari titik putih, namun sepakannya masih bisa dimentahkan David de Gea.

Marcos Alonso melakukan start ke-50-nya untuk the Blues saat mengalahkan tim tamu Manchester United pada November 2017.

photo of Catatan Bersejarah Catatan Bersejarah

2018/19

Gol pertama Alonso di musim ini sangat krusial, berupa gol kemenangan atas tim tamu Arsenal. Dia kemudian menyempurnakan penampilan ke-100-nya untuk Chelsea dengan meraih kemenangan atas Brighton sebelum Natal.

Bersaing memperebutkan posisi bek kiri dengan Emerson Palmieri, Alonso total masih tampil sebanyak 39 kali. Dari empat gol yang dibuatnya, dua gol terakhir sangat penting: gol kemenangan di menit-menit akhir atas Slavia Prague di leg pertama perempat final Liga Europa; dan gol penyeimbang atas rival empat besar Manchester United di Old Trafford. Hasil tersebut punya andil dalam mengamankan posisi tiga besar di liga.

2019/20

Pemain nomor tiga kami tampil total sebanyak 29 kali dalam musim perdana Frank Lampard sebagai pelatih, dengan Cesar Azpilicueta dan Emerson berbagi tugas bek kiri dengannya, meskipun hobinya dalam mencetak gol-gol penting tetap ada.

Adalah tendangan Alonso dari tepi kotak penalti yang memastikan tiga poin penting di kandang melawan Newcastle pada bulan Oktober sebelum pemain Spanyol itu melanjutkan kebiasaan praktisnya dalam mencetak gol melawan rival London utara kami ketika dia mencetak apa yang terbukti menjadi pemenang dalam 2-1. kemenangan atas Tottenham asuhan Jose Mourinho di Stamford Bridge pada Februari.

Seminggu kemudian, dua golnya di Pantai Selatan memberi kami satu poin di Bournemouth dan memberinya penghargaan karena telah mencetak lebih banyak gol daripada bek lainnya di Liga Premier sejak kedatangannya di Chelsea.

Karier bersama tim nasional

Setelah mewakili Spanyol di level yunior, Alonso dipanggil ke tim senior untuk pertama kalinya pada Maret 2018 dan melakukan debutnya saat menang 6-1 atas Argentina dalam sebuah laga persahabatan. Ia menggantikan Jordi Alba di menit-menit akhir pertandingan.Dia jadi starter untuk kali pertama bagi Spanyol di laga kompetitif saat mengalahkan Inggris di Wembley pada September 2018 di ajang UEFA Nations League.