8

Ross Barkley

BIOGRAFI

Ross Barkley resmi menjadi pemain Chelsea setelah pindah ke Stamford Bridge dari Everton pada Januari 2018. Ia menandantangani kontrak berdurasi lima setengah tahun dan mengenakan kaus bernomor punggung 8.

Barkley datang dengan membawa segudang pengalaman dalam usia yang masih muda. Sudah tampil untuk Everton sebanyak 150 kali di Premier League, serta masuk dalam skuat Inggris yang berlaga di Piala Dunia dan Piala Eropa.

Dengan kemampuan serbabisanya, ia bisa bermain di belakang striker, gelandang bertahan atau bermain sedikit ke depan di lebar lapangan. Ia juga mampu memainkan bola dan menciptakan peluang. Itulah salah satu dari beberapa kelebihan yang ia miliki.

Barkley bergabung dengan Akademi Everton saat berusia 11 tahun dan lulus dari berbagai kelompok usia, menarik perhatian berkat kekuatan, gairah bermain dan tekniknya yang luar biasa.

Debutnya di Everton datang di hari pertama musim 2011/12 dan di awal-awal kariernya, ia juga sempat dipinjamkan ke Sheffield Wednesday dan Leeds United.

Barkley mencetak gol pertamanya untuk Everton di hari pertama musim 2013/14 dan setelah diberi peran kunci di lini tengah the Toffees. Berkat konsistensi dan kualitas yang dipertontonkannya, ia dipanggil untuk memperkuat skuat Inggris yang akan berlaga di Piala Dunia di Brasil musim panas tahun yang sama.

Musim 2015/16 adalah musim tersubur Barkley yaitu dengan koleksi 14 gol.

 

Ia mencatatkan gol pertamanya bagi Inggris saat menang 6-0 atas San Marino di laga kualifikasi Euro 2016 dan dibawa bersama skuat yang berlaga di putaran final.

photo of Catatan bersejarah Catatan bersejarah

Musim lalu, Barkley adalah pemain regular di lini tengah Everton dan jadi pemain Inggris pengkreasi peluang gol terbanyak bagi rekan setimnya, di ajang Premier League, selain mengemas enam gol atas namanya sendiri.

Setelah bergabung dengan Chelsea, Barkley melakukan debutnya dengan menggantikan Willian yang cedera di babak pertama saat menghadapi Arsenal di leg kedua semifinal League Cup. Gelandang itu kemudian diberi kesempatan menjadi starter untuk pertama kalinya saat menjamu Bournemouth. Setelah itu, cedera memaksanya absen hingga hampir tiga bulan lamanya, namun dia kembali tampil di skuat matchday sebelum musim berakhir dan tampil sangat menawan ketika bermain selama satu jam di laga terakhir di liga, di markas Newcastle. 

2018/19

Setelah melewati pramusim dengan apik, Barkley bermain sejak menit pertama di laga pertama kami, di markas Huddersfield yang berakhir dengan kemenangan, sebagai gelandang tengah kiri, bersama Jorginho di belakangnya dan N'Golo Kante di kanan.

Di awal musim, Barkley dan Mateo Kovacic bergantian dimainkan untuk mendukung Jorginho dan Kante. Eks gelandang Everton ini tampil impresif ketika diturunkan, performa yang membuatnya dipanggil memperkuat tim nasional Inggris.

Usai mencetak gol pertamanya untuk Chelsea dalam kemenangan 3-0 atas tim tuan rumah Southampton, setelah menyuplai bola yang dikonversi menjadi gol pembuka oleh Eden Hazard, Barkley sendiri yang menciptakan gol penyeimbang di menit-menit akhir untuk mengubah kedudukan menjadi 2-2 dengan Manchester United.

Sepekan kemudian, di Burnley, dia melepas sebuah umpan super yang dimaksimalkan oleh Alvaro Morata untuk memecah kebuntuan dan bahkan mencetak gol kedua dari empat gol yang kami ciptakan hari itu lewat tendangan keras kaki dari jauh.

Barkley terus tampil reguler di lini tengah dan membantu kami mencapai final Carabao Cup dan Liga Europa. Dia juga sukses menjalankan tugasnya dalam adu tos-tosan melawan Eintracht Frankfurt di semifinal Liga Europa. Meski tidak jadi starter di laga final di Baku, ia kemudian masuk menggantikan Kovacic dan berhasil mengamankan medali keduanya bersama Chelsea.


Karier Bersama Tim Nasional

Pernah membela Inggris di berbagai kelompok usia, pada 2013 Barkley mendapat kesempatan untuk melakoni penampilan pertamanya di tim senior ketika diturunkan melawan Moldova di laga kualifikasi Piala Dunia yang digelar di Wembley. Gelandang ini kemudian jadi bagian dari skuat yang berlaga di putaran final dan tampil sebagai pengganti di laga pertama Inggris, melawan Italia yang berakhir dengan kekalahan 2-1. Ia kemudian tampil 90 penuh ketika the Three Lions bermain imbang 0-0 dengan Kosta Rika di laga terakhir mereka di turnamen itu.

Barkley mencetak gol perdananya bagi timnas saat timnya menggulung San Marino 6-0 dalam laga kualifikasi Euro 2016. Meski masuk dalam skuat yang berkompetisi di putaran final, dia sama sekali tidak dimainkan.

Barkley tak masuk seleksi skuat untuk Piala Dunia 2018 namun penampilan impresifnya bersama klub di awal musim membuatnya dipanggil kembali ke timnas untuk UEFA Nations League dan bahkan kemudian selalu jadi starter di setiap laga, termasuk dalam kemenangan yang mengesankan saat bermain di Spanyol, untuk membantu Inggris memuncaki grup dan berhak lolos ke putaran final.