14

Tiemoué Bakayoko

BIOGRAPHY

Pada 15 Juli 2017, Tiemoue Bakayoko resmi menjadi pemain Chelsea setelah menyelesaikan kepindahannya dari Monaco dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Bakayoko, 22, adalah seorang gelandang tengah yang tinggi, kuat dan cepat, yang berperan penting bagi kesuksesan Monaco di di Ligue 1 musim lalu, serta laju impresif mereka hingga semifinal Liga Champions.

Pemain internasional Perancis ini digadang-gadang sebagai salah satu gelandang tengah muda terbaik di sepakbola Eropa saat ini.

Saat menguasai bola, Bakayoko biasanya akan memindahkan bola dengan cepat dan sederhana namun juga mampu bermain lebih eksplosif jika dibutuhkan, dan sangat bagus dalam duel satu lawan satu.  Di musim 2016/17, ia berada di peringkat 15 di Ligue 1 untuk kategori take-on sukses, yang menegaskan kemampuan dribelnya yang apik.

Ketika bermain sebagai salah satu dari dua gelandang tengah di Monaco, dia menjadi bintang kala timnya secara mengejutkan berhasil mengalahkan Paris St-Germain dalam memperebutkan gelar juara dan maju hingga babak empat besar Liga Champions, setelah sebelumnya menyingkirkan Manchester City dan Borussia Dortmund. Bakayoko mencetak gol kemenangan dalam laga ketat kontra tim Premier League yang berlangsung dalam dua leg. .

Bakayoko, kelahiran Paris, adalah lulusan Akademi Rennes di barat laut Perancis dan melakukan debutnya di tim senior pada Agustus 2013, seminggu setelah ulang tahun ke-19nya. Pada musim panas tahun berikutnya, dia bergabung dengan Monaco dan tampil hampir sebanyak 100 kali selama tiga tahun membela klub itu dan mengoleksi lima gol.

Di level internasional, Bakayoko tergabung dalam tim yunior Perancis yang finis sebagai juara dua Toulon Tournament 2014.

Ia melakukan debutnya di timnas senior ketika Perancis berhadapan dengan Spanyol pada Maret 2017, tampil bersama alongside N'Golo Kante, berhadapan dengan Pedro dan Alvaro Morata.

photo of Catatan bersejarah Catatan bersejarah

Setelah pulih dari cedera yang dialaminya di tengah pramusim 2017, Bakayoko melakukan debutnya untuk Chelsea dengan bermain sejak menit awal ketika mengalahkan Spurs di Wembley. Gol pertamanya tercipta ke gawang klub asal Azerbaijan, Qarabag, di Liga Champions yang dimainkan di Stamford Bridge. Gol perdananya di Premier League dibukukannya di Crystal Palace pada Oktober 2017, namun sayangnya, laga itu berakhir dengan kekalahan.

Gol tandukan Tiemoue Bakayoko melawan Crystal Palace

Di musim pertamanya di Chelsea, pemain Perancis ini terus dimainkan oleh Antonio Conte di lini tengah namun sempat diusir keluar lapangan setelah menerima dua kartu kuning di babak pertama kala tim kalah di Watford pada Februari.

Cedera memaksanya menepi selama lima pekan dan setelah itu ia kembali bermain sebagai pengganti saat mengalahkan tim tamu Crystal Palace.